6
gus haye @_haye_
Bahasanya banyak, bisa dibilang Organisasi Kriminal. Atau kartel, karena mereka asalnya tengkulak koka yg punya monopoli harga. Atau narco-traffickers, narcos - penyelundup narkotik. Bahasa hukum biasanya disebut "Criminal Enterprise".
Story Kisah Kematian Pablo Escobar, The King of Cocaine, Bunuh Diri atau Terbunuh? Pablo Escobar adalah legend di antara pengedar narkoba 2354 pv 4
gus haye @_haye_
Organisasi ini gak kecil. Kemarin banyak yg berusaha membandingkan dg yg di Indonesia. Well, mungkin gw gak tau banyak, tapi beda sekali skala kartel transnasional itu. Malam ini gw mau coba kasih skalanya, dan bagaimana organisasi seperti itu dikelola.
gus haye @_haye_
Dulu mungkin yg paling tenar jaman Pablo Escobar. Medellin Cartel dulu pernah menawarkan untuk melunasi seluruh Utang Luar Negeri Kolombia, dengan syarat konsekwensi hukum kriminal mereka dihapuskan. Tapi ga diterima tawarannya, justru El Patron dipidana.
gus haye @_haye_
Repotnya sama industri yg satu ini, datanya tidak mudah tersedia. Jadi suka beda beda tergantung baca dimana, itu pun biasanya estimasi dari jauh, karena penegak hukum cuma punya informasi yg terbatas.
gus haye @_haye_
Di Meksiko jumlah serapan tenaga kerja kartel sekitar 300-450 ribu orang. Gak semua juga enforcer/milisi, yg paling banyak biasanya di logistik dan produksi. Sinaloa Cartel sekitaran 50-70 ribu, sementara Los Zetas yg sekarang agak culun, 10 ribuan.
gus haye @_haye_
Pada puncak kekuasaannya, Guadalajara jualan sekitaran $5 milyar dolar per tahun. Angka jualan ini susah sekali bikin estimasinya karena volume grosir dagang cartel punya nilai berkali lipat saat jadi retail di jalan. Yg digunakan di sini jualannya si cartel.
gus haye @_haye_
Periode 2005-'16 lebih 600 pesawat milik Sinaloa Cartel disita Pemerintah. Kalau diasumsikan itu cuma sepertiga, armada mereka sekitar 2000-an pesawat, dari propeller sampai 747 smp pesawat kargo eks militer. Di Meksiko, Guatemala dan Costa Rica, Sinaloa punya 4500-an bandara.
gus haye @_haye_
Dari volume, Guadalajara dulu sekitaran 4 ton kokain per bulan. Sinaloa sekarang sekitaran 6 ton. Dari Kolombia ke Meksiko/Guatemala/Costa Rica dengan pesawat atau kapal, lalu diselundupkan ke Amerika dg segala cara. Chapo Guzman terkenal banget dg inovasinya bikin terowongan.
gus haye @_haye_
Akhir era '80an, rute penerbangan di Karibia praktis gak bisa lagi digunakan karena DEA dan otoritas Amerika punya radar dan patroli dimana mana. Dipaksa kreatif, mereka mulai bikin kapal segala jenis.
gus haye @_haye_
Ada masanya mereka pake fast boat, jaman Miami Vice, sampe George HW Bush waktu itu nyari vendornya dan beli boat yg sama utk patroli, supaya bisa kejar kejaran. Cartel juga bikin kapal selam khusus utk kargo kokain, bisa bawa 2-4 ton sekali jalan.
gus haye @_haye_
Lucunya dengan transportasi kokain ini juga karena kargonya luar biasa mahal dan marginnya sangat besar, transpo nya cuma perlu sekali jalan: cape cape bikin kapal selam, smp ditujuan setelah kargo diambil ya kapalnya ditenggelemin. Pesawat banyak dijatuhin aja di padang pasir.
gus haye @_haye_
Kalau komoditinya kokain, loe bisa pake 747 untuk sekali jalan trus dibuang, dan tetap untung. Sekarang yg paling sering mereka gunakan kapal besar, bisa punya kargo hingga 20 ton, berhenti di perairan internasional, lalu barangnya di drop dg pelampung dan GPS.
gus haye @_haye_
Di sidang Chapo kemarin diceritakan satu kargo 20 ton yg gegara kapten kapalnya beler berat, kapalnya ditenggelamkan bersama seluruh kargonya. Amado Fuentes pake helikopter dan penyelam nyari nyari satu tahun, dan ketemu, sebagian besar kargonya bisa diselamatkan.
gus haye @_haye_
Biaya terbesar pengeluaran kartel adalah iuran suap. Sekitar 30% biaya per tahun habis utk Suap. Amado Fuentes, 1997 bayar suap $800 juta. Dia kirim surat ke Presiden Meksiko dengan ancaman utk pindah keluar negeri: Amado bilang kl dia pindah negara ekonomi Meksiko akan kolaps.
gus haye @_haye_
Setelah Amado mati, total rekening dan asetnya yg disita pemerintah $10 milyar. Waktu '97 itu revenue Pemex, Pertaminanya Meksiko cuma $7 milyar, nilai ekspor narkotika Juarez Cartel sekitaran $25 milyar. El Señor de Los Cielos.
gus haye @_haye_
Pemex sekarang korporasi terbesar di Meksiko, 2017 revenue $73 milyar. Sepertiga APBN Meksiko dibayari Pemex. Los Zetas sekarang juga jual minyak bumi: Mereka bor pipa di wilayahnya, pake selang ke mobil tanker, diekspor. Estimasinya Pemex, $1 milyar/tahun diambil kartel.
gus haye @_haye_
Logistik untuk mengurus skala industri organisasi seperti ini juga tidak kecil. Kokain bukan produksi tanam seperti opium atau ganja: rantai produksinya lebih rumit dan perlu presisi tinggi.
gus haye @_haye_
Produksi kokain mulai dari petani koka di pegunungan Andes, mirip banget sama teh. Dipetik satu persatu daun muda, lalu dihancurkan dg bensin hingga jadi paste padat, seperti odol kering. Paste ini dibawa ke pengepul - dibeli Kartel dari petani.
gus haye @_haye_
Dalam bentuk paste ini kokain ga bisa dikonsumsi, beracun bagi manusia, jadi gada konsumsi kokain di wilayah produksinya juga. Adat tradisional mereka sejak dulu mengunyah daun koka, yg legal di Bolivia, Peru, Venezuela dll. Yang ilegal itu kokain - zat aktif derivasinya.
gus haye @_haye_
Pengepul Kartel punya pabrik pabrik kecil utk mengeringkan lagi paste ini, membuang racun bawaan dr proses sebelumnya dan dikeringkan. Dalam bentuk ini, bisa dikonsumsi,kadang muncul jadi problem di bbrp sentra produksi. Tapi pd skala kartel dg pabrik besar biasa gada sampah.
gus haye @_haye_
Dalam bentuk ini, produknya dibungkus kedap air dan udara per dua kilogram, trus dibawa ke sentra logistik kartel, biasa wilayah dekat pelabuhan atau bandara yg bisa digunakan.
gus haye @_haye_
Kiriman antara 2-10 ton kokain ini lalu dikirim ke Meksiko. Masing masing paket punya komposisi kimianya sendiri, selalu dicap dan ditandai kelompok produksinya. Satu kiriman bisa paketan milik beberapa anggota kartel.
gus haye @_haye_
Formula kimia utk setiap produksi bisa beda beda dan yg punya pasangan formulanya cuma tim logistik kartel yg menerima. Kalau misalnya diambil orang lain tapi mereka ga punya formulanya, proses purifikasi berikutnya bisa gagal dan kualitas kokainnya rusak.
gus haye @_haye_
Di Meksiko, tim logistik menerima kiriman koka dari Amerika Selatan, pesawat atau kapal. Lalu dibawa dengan truk ke gudang. Biasanya sangat rahasia dan sangat terbatas yg tau, kartel bisa punya stok banyak koka yg ditumpuk, bisa 60-100 ton.
Load Remaining (15)
Login and hide ads.