Rekam Jejak Erwin Aksa, Calon Kuat Wagub DKI, Keponakan JK yang Pernah Pinjami Anies Helikopter untuk Datang ke Balaikota Temui Ahok

Nama Erwin Aksa didorong menjadi orang nomor dua di Jakarta mendampingi Gubernur Anies Rasyid Baswedan.
wagubdki sandi Rekam Jejak Anies Baswedan Famous People Profil JK erwinaksa
3141 View 2 comments
3
Login and hide ads.

Posisi Wakil Gubernur DKI yang ditinggalkan Sandiaga Salahudin Uno belum terisi. Partai Gerindra dan PKS DKI pada Senin (3/12/2018) menunda pembahasan untuk menentukan posisi Wagub DKI.

Di tengah tak kunjung ada nama Cawagub DKI pengganti Sandiaga, nama Erwin Aksa didorong menjadi orang nomor dua di Jakarta mendampingi Gubernur Anies Rasyid Baswedan. Peneliti dari Suropati Syndicate, Abdul Haji Talaohu, menyebut figur Erwin Aksa adalah sosok yang tepat menjadi pengganti Sandiaga Uno.

"Erwin Aksa memenuhi kriteria ideal sebagai pengisi kursi Wagub DKI yang kosong ditinggal Sandi. Terlebih, jika dilihat latar belakangnya, Bang Erwin punya kemiripan dengan Sandi," kata Abdul Haji Talaohu, yang biasa disapa Ajis, kepada wartawan Jumat, (6/12).

Menurut dia, kolaborasi pasangan Anies-Erwin akan menjadi pakem yang kurang-lebih menggambarkan warna pasangan Anies-Sandi. Di samping usia Erwin yang masih muda, ia adalah pengusaha profesional. Kriteria ini, menurut Ajis, cocok dengan status Jakarta, yang tidak hanya menjadi pusat pemerintahan, tapi juga pusat bisnis.

Nama Erwin dinilai juga bisa menjadi penengah saat Gerindra dan PKS tak juga mencapai kata sepakat soal nama Cawagub DKI. Kekuatan Erwin Aksa juga terletak pada usia dia yang relatif muda yang diharapkan dapat lebih enerjik dan aktif di dalam mengurus Ibu Kota.

URL detiknews 743 Jadi Jalan Tengah Gerindra-PKS, Erwin Aksa Didorong Jadi Wagub DKI Nama Erwin dinilai juga bisa menjadi penengah saat Gerindra dan PKS tak juga mencapai kata sepakat soal nama cawagub DKI.
#01IndonesiaMaju @vaiyo
Wah bohirnya gabener mau ikutan masuk gelanggang? Bisa2 ke balai kota tiap hari naik heli dong berdua, seperti waktu baru terpilih dulu? Sebegitu tak punya kader baguskah @Gerindra & @PKSejahtera shg kedua penguasa DKI bukan orang dari mereka? m.detik.com/news/berita/d-…

Biodata Erwin Aksa

Erwin Aksa lahir di Ujung Pandang pada 7 Desember 1975. Ia memulai pendidikannya di Sekolah Dasar Pembangunan III, Makassar pada tahun 1981-1987. Lalu, melanjutkan Sekolah Menengah Pertama Islam Athirah, Makassar pada tahun 1987-1990. Setelah itu, Erwin pun melanjutkan sekolahnya di Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Bandung pada tahun 1990-1993. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya ke Amerika Serikat dengan mengambil jurusan ekonomi di University of Pittsburgh, Pennsylvania.

Erwin memulai kariernya di perusahaan keluarga sebagai executive director & deputy VPD PT Semen Bosowa Maros pada 1997. Di tahun 2005, secara perlahan tapi pasti, jabatan dan kariernya naik sebagai direktur utama PT Bosowa Energi. Hingga pada perkembangan selanjutnya, jabatannya terus menjulang. Erwin dipercaya untuk menjabat sebagai president director Bosowa Corporation.

Dari istri tercintanya, Andi Fatmawati Manggabarani, Erwin Aksa memilik anak-anak bernama Trinisha Erwin Aksa, Shayla Erwin Aksa, dan Muhammad Yusuf Erwin Aksa.

tuti @tutihand
USA (1993-1997) profil erwin aksa * Jabatan: CEO Bosowa Corporation (1997-sekarang) * Organisasi: Ketua Umu… (cont) http://deck.ly/~7NJMI
Munir @TragediMunir
Erwin Aksa itu pengusaha besar bertangan dingin. Jago membangun ekonomi. Pas ! twitter.com/aristoteles_id…

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2008-2011

Erwin Aksa terpilih menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk periode 2008-2011, menggantikan Sandiaga S Uno yang menduduki posisi tersebut sejak 2005-2008.

URL erwin-aksa.blogspot.com Erwin Aksa Pimpin HIPMI Periode 2008-2011 Minggu, 20/07/2008 18:08 WIB Alih Istik Wahyuni - detikFinance Jakarta - Erwin Aksa akhirnya terpilih menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pus...
Arman Amir @ArmanAmir15
Bersama ketum kadin indonesia Bpk Rosan dan Bpk Erwin Aksa mantan ketum BPP Hipmi pic.twitter.com/az5KO4RMGA
 Expand pic
HIPMI @BPPHIPMI
Ketum Hipmi Erwin Aksa :Hipmi siap membantu Bank Indonesia merintis pemeringkatan UKM yg dijadikan referensi profil resiko penyaluran kredit
#2019GantiMobilBaru @JusmanDalle
Saya tertarik dgn foto Erwin Aksa. Politisi Golkar, timses Anies-Sandi di Pilkada DKI. Sama seperti bang Sandi, pernah jadi Ketum HIPMI. Beliau ponakan Pak JK. Benang merah yg menjawab mengapa Pak JK menolak sbg timses Jokowi-Maruf. news.detik.com/berita/d-41610…

Sempat mencalonkan jadi Ketua Umum PSSI

Erwin Aksa secara resmi mengundurkan diri dari pencalonan Ketua Umum (Ketum) PSSI beberapa saat sebelum pemilihan pada Kongres Biasa di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (10/11). Pengunduran diri disampaikan kepada forum yang dipimpin oleh Ketua Komite Pemilihan, Agum Gumelar.

"Saya ingin melihat PSSI maju dan melihat sepakbola kembali ke masa kejayaan," ujar Erwin Aksa.

"Saya juga menaruh harapan kepada pemimpin baru untuk menjalankan amanah. Saya mendukung Moeldoko untuk menjadi ketua umum PSSI," tambahnya.

URL erwin-aksa.blogspot.com Erwin Aksa Pimpin HIPMI Periode 2008-2011 Minggu, 20/07/2008 18:08 WIB Alih Istik Wahyuni - detikFinance Jakarta - Erwin Aksa akhirnya terpilih menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pus...
Football Channel ID @FCHIndonesia
Jelang Kongres PSSI, PSM Makassar tegaskan dukungannya kepada Erwin Aksa bit.ly/2e8LpCu #FCHIndonesia pic.twitter.com/UXX9kBXvxZ
 Expand pic
188BET Indonesia @188BETINDONESIA
Drama lain dari Kongres PSSI hari ini adalah mundurnya salah satu calon ketua umum, Erwin Aksa.
ghojeng @ghoziyansyah
@HadiPur92430395 @ADIPP31 @RedGank_PSM @PSM_Makassar Tahu gak Napa Erwin Aksa mengalah dan gak ikut pemilihan ketua PSSI .ah sudahlah anda yang lebih paham soalnya anda lebih tahu orang dalam hahahaha dasar mental irlander

Antara Erwin Aksa, JK, dan Anies-Sandi

T M Fatahillah R @twit_farid
@danubudi54 Kemarin dukung anies - sandi kalau komsisten berarti dukung #SandiCawapresGue
Digga Arfiansyah @arfiandi94
@danubudi54 Saya taunya Pak Erwin masih keluarga Pak JK. Beliau org Golkar sekaligus pengusaha. Bener?
Danu Budiyono @danubudi54
@arfiandi94 Benar, beliau keponakannya. Lihat di susunan pengurus DPP Golkar, beliau orng penting dsana.
Sierly Soe @cupca_sweet
@detikcom Sudah terbongkar siapa pengusung2 anies, erwin aksa dr grup Bosowa keponakan nya jusuf kalla, pantas JK diam2 jg dukung anies

Peran Erwin Aksa di Balik Kemenangan Anies-Sandi

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto secara khusus memperkenalkan pengusaha Erwin Aksa saat merayakan 'kemenangan' Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di kediaman pribadi Prabowo, Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Dalam kesempatan itu, Prabowo menyebut keponakan Wakil Presiden Jusuf Kalla itu memiliki andil besar dalam mengantarkan kemenangan Anies-Sandi.

Sosok Erwin Aksa sebenarnya bukan sosok baru bagi pasangan Anies-Sandi. Saat Gerindra dan PKS masih dalam proses PDKT dengan Anies, Erwin Aksalah yang menjadi jembatan. Beberapa pekan jelang pendaftaran paslon di Pilgub DKI Jakarta pada 21 September 2016, saat itu, Gerindra belum memutuskan untuk mengusung Anies Baswedan.

Namun, nama Anies Baswedan sudah mencuat untuk menjadi salah satu calon gubernur DKI Jakarta. Erwin Aksa kemudian diutus untuk mendekati Anies.
Suatu malam, Erwin menyambangi Anies yang tengah terbaring lemah di Rumah Sakit Mayapada karena terkena demam berdarah. Dalam pertemuan itu Erwin menyampaikan kepada Anies bahwa sejumlah tokoh nasional ingin agar ia maju sebagai cagub DKI Jakarta.

Erwin menyampaikan bahwa setidaknya Gerindra dan PKS menjadi dua partai yang ingin agar Anies maju. Sebagian faksi di Partai Golkar seperti kubu Aburizal Bakrie dan Jusuf Kalla juga ingin agar Anies maju.
Keinginan tersebut tak langsung disetujui oleh Anies. Ia meminta waktu untuk berpikir. Lagipula, saat itu Anies tengah terbaring di rumah sakit.

Sejak Anies memutuskan untuk maju, Erwin yang merupakan Ketua Bidang Perdagangan dan Industri Partai Golkar ini aktif mendukung Anies dalam pemenangan. Ia beberapa kali ikut dalam kampanye Anies-Sandi. Erwin juga bukan orang baru bagi Sandiaga Uno. Sebagai sesama pengusaha, keduanya memang sudah lama berhubungan.

Campur tangan Erwin berbuah hasil. Jika saat itu Anies menolak mempertimbangkan tawaran Erwin, mungkin ia tak akan pernah menjadi gubernur DKI Jakarta.

Load Remaining (9)

Comment

nahia @nahia58525855 10 days ago
Kabareskrim Akan Periksa Agus Rahardjo Ketua KPK Dalam Kasus E-KTP Sumber : https://www.agusrahardjo.com
Intan Lilla Airin @AirinLilla 9 days ago
PARAH !! Ketua KPK Agus Rahardjo Diduga Pernah Bercinta dengan Airin Rachmi Sumber : https://www.agusrahardjo.com/2018/12/parah-ketua-kpk-agus-rahardjo-diduga.html
Login and hide ads.