Hypnowriting yang merusak Kewarasan Netizen

Untuk menyadari bahwa sebagian besar status atau posting di media-sosial menimbulkan kontroversi yang memang di-desain secara khusus untuk memicu percekcokan dan kegaduhan publik.
croc brain Neocortex kebal data hipotesaku hypnowriting hoax segregasi sosial
178 View 0 comments
2
Login and hide ads.
Ad Agung @AdAtwitt
Sore, tweeps.. nemenin format "menerapkan nasionalisme di era digital" dalam #literasiKebangsaanUGM bolehlah share sedikit ttg #Hypnowriting yg pernah diangkat oleh Haryoko R. Wirjosoetomo. Ini jg pernah disharingkan di kantor @kemkominfo
Ad Agung @AdAtwitt
sebagian besar status atau posting di media sosial yg timbulkan kontroversi sengaja didesain scr khusus utk picu kegaduhan. Targetnya menciptakan Segregasi Sosial berdasarkan kelompok; membangun dan mengentalkan sikap ingroup-outgroup dlm masy. #Hypnowriting
Ad Agung @AdAtwitt
Tujuan akhir Segregasi Sosial dg teknik #hypnowriting adl menciptakan kelompok pendukung politik yang fanatik, pemarah dan "Kebal thd Data dan Fakta" yang disodorkan kepadanya. Biasanya, teknik ini kerap digunakan untuk keperluan wawancara investigasi.
Ad Agung @AdAtwitt
saat ini, kedua kubu politik yg sedang bersaing, baik kubu Pemerintah maupun Oposisi itulah yg menggunakan teknik #Hypnowriting. Mereka adl para Cyber Army; bisa relawan, bisa orang profesional, tentara-Cyber sewaan, maupun Cyber-Mercenaries.
Ad Agung @AdAtwitt
Yg mjd sasaran #Hypnowriting adl CROC BRAIN manusia, dimana Security/Insecurity Feeling berada. Kedua jenis perasaan tersebut adalah Basic Instinct, Landasan Survival Spirit Manusia, jelas pak Haryoko.
Ad Agung @AdAtwitt
Dengan mendesain narasi2 dan gambar2 yg disisipi Pesan Subliminal atau pesan Tersembunyi, #Hypnowriting diterapkan. Pesan tersembunyi itu berupa Pesan yang tidak akan ditangkap oleh Neo-Cortex di mana pikiran Kritis dan Logika berada, namun langsung menusuk ke Croc Brain.
Ad Agung @AdAtwitt
Pak Haryoko beri contoh trend isu yg gunakan #Hypnowriting saat ini, yakni hoax masuknya jutaan tenaga kerja China ke Indonesia. Akibatnya, Reaksi-Primitif akan langsung terpicu saat Croc Brain merasa terancam; Rasa takut kehilangan pekerjaan atau tidak kebagian lapangan kerja.
Ad Agung @AdAtwitt
Dengan #Hypnowriting hampir semua orang tidak menyadari bahwa reaksi primitif Croc Brain TIDAK DAPAT DIHADAPI DENGAN DATA. Setumpuk data yg ditampilkan dg infografis menarik sekalipun tidak lantas menjadi eye-catching, apalagi "brain-catching".
Ad Agung @AdAtwitt
Berbagai data yg lahir dr lembaga2 survei/riset/think-tank yg kredibel dan profesional sekalipun akan diabaikan.. Karena, DATA, hanya bisa dicerna oleh otak modern, Neo Cortex, bukan oleh Croc Brain. Di sinilah #Hypnowriting berkonsekuensi pd fenomena: publik yg "kebal data"
Ad Agung @AdAtwitt
#Hypnowriting bersama hujan hoax dan kebohongan (meski kemudian pun diakui oleh pembuatnya) makin kuat membentuk publik yg kebal-data dan kian apatis. Pemilik data dan fakta pun patah hati. Publik telah tergiring pada keyakinan baru yg berkembang: semua data tidak bisa dipercaya.
Ad Agung @AdAtwitt
Lantas, bgmn hadapi reaksi primitif Croc Brain dlm pusaran literasi digital yg dimanfaatkan habis2an oleh politik praktis (terutama politik-identitas) jelang Pemilu 2019 ini? Dlm teori #Hypnowriting nya, Pak Haryoko ternyata anjurkan: sajikan saja terus Data, gak masalah!
Ad Agung @AdAtwitt
Spt yg dilakukan para periset dan analis yg rajin memviralkan kajian #hipotesaku utk melawan #Hypnowriting, lewat lakon bung Hipo & non Tesa: @hipotesaku tetap pelihara kewarasan dan membaginya pd publik yg masih mengedepankan Neo Cortex utk berpikir jernih bg Bangsa n Tanah Air.
Ad Agung @AdAtwitt
#kabarinegeri Dalam menelisik fakta dan data di Post-Truth Era, @hipotesaku terus meyakini: orang-orang pintar yg sudah terganggu kewarasannya oleh #Hypnowriting niscaya akan "kembali ke jalan yg benar" dan kembali mengedepankan nalar (neo cortex) demi kemajuan #Terbaik2018 pic.twitter.com/7zZRhOolwR
 Expand pic
Ad Agung @AdAtwitt
Kumpulan #comicstrip dan #meme yg disajikan @hipotesaku ini adalah format subliminal data yg disajikan scr kreatif lewat tagar #hipotesaku Bisa jadi contoh! #AyoIndonesia #kabarinegeri Kita Bisa, tidak hanya #RecehkanTwitter! twitter.com/hipotesaku/sta…
Login and hide ads.