0
Ryu Hasan @ryuhasan
Tema Hari AIDS Sedunia 2018 adalah “kenali statusmu” (know your status) dengan 2 sasaran: Pertama, mendorong semua untuk tahu status infeksi HIV mereka melalui pemeriksaan di laboratorium klinik, sehingga dapat langsung mengakses layanan pencegahan, pengobatan dan perawatan HIV twitter.com/who/status/106…
Ryu Hasan @ryuhasan
Sasaran kedua: mendesak pembuat kebijakan kesehatan untuk membentuk agenda “sehat untuk semua” (health for all) tentang HIV, tuberkulosis (TB), hepatitis dan penyakit tidak menular yang terkait.
Ryu Hasan @ryuhasan
HARI AIDS Sedunia 2018 diadakan kemaren, 1 Desember. Ini kesempatan bagi semua bedes di seluruh dunia untuk bersatu dalam perang melawan HIV, menunjukkan dukungan bagi yang hidup dengan HIV, dan mengenang mereka yang telah meninggal karena penyakit AIDS.
Ryu Hasan @ryuhasan
Dicanangkan pada tahun 1988, Hari AIDS Sedunia adalah hari kesehatan global yang pertama. Agenda memerangi infeksi memang bisa dikatakan dimenangkan oleh bedes sapiens, saat ini. Tapi perlu dorongan untuk tetap mempertahankan korban sekecil mungkin. Jangan lengah
Ryu Hasan @ryuhasan
Ada berita kabar menggembirakan terkait HIV AIDS Yaitu temuan uji klinis NAMSAL (New Antiretroviral and Monitoring Strategies in HIV-infected in Low-income Countries), yg menggunakan obat baru DOLUTEGRAVIR, yg baru saja dilaporkan tanggal 14 November 2018.
Ryu Hasan @ryuhasan
Uji klinis menunjukkan pengobatan berbasis DOLUTEGRAVIR tidak kalah dg EFAVIRENS. Dlm konteks pengobatan khusus untuk yg hidup dengan HIV di negara berkembang peneliti percaya bahwa pengobatan lini pertama dg dolutegravir adalah alternatif yang baik untuk pengganti efavirenz.
Ryu Hasan @ryuhasan
Rekomendasi WHO terbaru yg diterbitkan tanggalJuli 2018, penggunaan dolutegravir (DTG), sbg alternatif pengobatan dg efavirenz 400 mg (EFV400). DTG dianggap pilihan pengobatan valid, sbg obat lini pertama untuk penyandang HIV di negara berpenghasilan rendah dan menengah.
Ryu Hasan @ryuhasan
Hari AIDS Sedunia yg diperingati setiap 1 Desember dimaksudkan menumbuhkan kesadaran thd dampak buruk virus HIV yg sdh ada seluruh dunia Memang tidak mudah, meskipun sekedar mengajak bedes2 sadar untuk memeriksakan dirinya guna mengetahui status infeksinya
Ryu Hasan @ryuhasan
Hal ini sangat berhubungan dg stigma terhadap AIDS yg sudah terlanjur menyebar di seluruh dunia dlm berbagai bentuk, termasuk pengucilan, diskriminasi penolakan dan penghindaran terhadap mereka yg terinfeksi HIV
Ryu Hasan @ryuhasan
Sebenarnya, virus HIV ini ya bolah boleh saja ada dalam tubuh kita sepanjang tidak mengganggu. Seperti kuman/bakteri atau virus lain yg memang ada di tubuh kita berdampingan dg sel2 kita sendiri , sepanjang tdk merugikan ya nggak papa.
Ryu Hasan @ryuhasan
Dalam keadaan sehat pun, dlm tubuh kita ada milyaran bakteri dan virus, istilah "sehat" artinya bakteri dan virus itu tidak mengganggu Bahkan kuman2 tertentu malah membantu kita dalam proses pencernakan makanan dan pembentukan vitamin2 tertentu Tanpa mereka ya mati juga kita.
Ryu Hasan @ryuhasan
Jadi, bakteri atau virus apapun sepanjang tidak mengganggu kesehatan ya nggak papa menclok dan ngendon di tubuh kita. Termasuk HIV ini. Tapi memang ada bakteri atau virus tertentu yg "berpotensi" menimbulkan gangguan dan sebaiknya kalau bisa ya kita hindari.
Ryu Hasan @ryuhasan
Pengetahuan ilmiah perihal virus HIV sekarang ini sdh jauh berbeda dibanding 3 dekade yg lalu, sayangnya pengetahuan ini (seperti biasanya) tidak merata. Dan berbicara seputar HIV/AIDS, hingga saat ini masih saja stigma buruk dialamatkan pada penyandang virus ini.
Ryu Hasan @ryuhasan
Stigma thd HIV/AIDS sebenarnya tdk terlepas dari sulitnya melepas stigma buruk yg dialamatkan kpd penyandang LGBT, sejarah berawal dari sini Bermula dari masmedia amrik 1981 yg scr ngawur membuat istilah "4H disease" semua pasien adalah Org Haiti, Homoseks, Hemofili dan Heroin!
Ryu Hasan @ryuhasan
Pemberitaan di mass medis amrik saat itu dikarenakan pada mulanya US CDC masih belum mempunyai nama utk sindroma yg mereka temukan Mereka hanya merujuk fenomena kelainan gelenjar betah bening pada 4H tadi, Haiti-Hemofili-Homoseks-Heroin
Ryu Hasan @ryuhasan
Kasusnya pertama kali dilaporkan USCDC, 5 juni 1981, didapatkan pneumonia yg unik pada 5 orang pria homoseksual di Los Angeles. Dari pemeriksaan2 thd kelenjar getah bening penderita2 tadi, CDC menemukan sindroma ini disebabkan oleh virus, tapi mrk belum tahu virus apa.
Ryu Hasan @ryuhasan
Cilakaknya, tidak jelas siapa yang memulai, dari mass media juga saat itu muncul istilah Gay Related Imuno Deficiency (GRID) dari sini lah stigma kepada penderita HIV/ AIDS dimulai!
Ryu Hasan @ryuhasan
Setelah didapati bahwa ternyata penyakit ini tidak hanya terjadi pada komunitas homoseksual, pada September 1982 US Centre for Disease Control memakai nama AIDS Tapi sindroma ini sudah terlanjur diberi stigma oleh masyarakat bedes.
Ryu Hasan @ryuhasan
Dan seperti biasanya tradisi bedes, banyak mitos dan gosip yg muncul seputar HIV/AIDS ini yg semuanya makin memojokkan penyandangnya. Sebenarnya kita bisa hidup lebih sehat tanpa hoax dan mitos, tapi bagaimana lagi lha wong memang rata2 otak bedes sapiens nyaman dg mitos.
Ryu Hasan @ryuhasan
Tanpa obat2an antiretroviral, rata2 perkembangan dari mulai infeksi HIV menjadi AIDS adalah 9-10 tahun, dan harapan hidup rata2 setelah AIDS terjadi adalah 9,2 bln! Yg disebut dg AIDS adalah keadaan paling parah pada infeksi HIV.
Ryu Hasan @ryuhasan
Tapi dg antiretroviral seorang pemain basket profesional di amrik yg resmi mengaku terinfeksi HIV sejak 1991, sekarang hidup relatif sehat Boleh dibilang virus HIV skrg tdk perlu ditakuti (meski ttp hrs diwaspadai) dibandingkan virus Hepatitis C yg jauh lbh mematikan, misalnya.
Ryu Hasan @ryuhasan
Mari kita lawan dampak buruk dari virus HIV, dan bukan memusuhi penyandangnya. Selamat memperingati hari hari AIDS Sedunia.
Ryu Hasan @ryuhasan
Sapa bilang sehat itu mahal? kalo sehat ya nggak perlu mbayar rumah sakit Yang mahal itu justru kalo sakit

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.