2
Amalia Paravoti @lovoti

Teach Yoga Education for Kids ✨Doing psy on children ✨Neuropsychology Research Asisstant

https://t.co/Kwnb28DMxD
Amalia Paravoti @lovoti
Memarahi dan meremehkan itu dua hal yang berbeda. A THREAD 🔥🔥🔥 pic.twitter.com/MkdBF5wVrf
Expand pic
Amalia Paravoti @lovoti
Aku mau cerita tentang salah satu murid yoga yg cukup bikin kepikiran berhari-hari. Bayangin aja, anak usia 10 thn bilang ke Ibunya kalo dia mau bunuh diri.
Amalia Paravoti @lovoti
Jadi, sebut saja namanya R. R ini pinter bgt. Hobinya baca buku. Baca buku bukan yg novel atau komik yaa tapi science/ensiklopedia. Cita-citanya pengen bikin robot.
Amalia Paravoti @lovoti
Walaupun pinter, tapi sayangnya tulisannya dia jelek. R bersekolah di sekolah elit yang notabene punya tuntutan akademik tinggi. Alhasil, dia selalu dimarahi gurunya. Habis dimarahin, gurunya selalu kasih dia tambahan pelajaran di akhir sesi sekolah.
Amalia Paravoti @lovoti
Mamanya R sering dipanggil ke sekolah karena tulisan jeleknya. Karena saking seringnya dimarahin, akhirnya anak ini dicap bodoh sama teman-temannya. Banyak temen yang ngga mau main sama dia. Tiap kerja kelompok R selalu tersingkir, gak dapet kelompok. R jadi benci sekolah.
Amalia Paravoti @lovoti
Dia manggil aku miss, sehari-hari di sekolah dia pake English curhat ke aku “ you know what miss, Gramedia is like paradise for me. But school is like hell for me. I hate the teacher. Don’t tell my mom.” Dia suka bgt ke gramedia guys. Wkwkwk
Amalia Paravoti @lovoti
Masalah diperparah sama sikap papanya yang gampang marah. Papa R suka pake kata-kata kasar dan suka ngancem “nyesel punya anak kyk kamu, kalo susah diatur tak masukin panti asuhan kamu mau?” Seketika aku sendiri ngeri dengernya.
Amalia Paravoti @lovoti
Anak yang udah lemah kepercayaan diri dan harga dirinya karena kemampuan menulis yang kurang, terus ditambah kata-kata yang kasar yang ia terima. Itu yang bikin dia stress sampe bilang mau bunuh diri aja.
Amalia Paravoti @lovoti
Lalu? Disini poinnya. Seperti judulnya, memarahi boleh,merendahkan tidak boleh. Memarahi bermaksud mengkoreksi dan memberikan saran supaya ia bisa menjadi lebih baik. Memarahi tanpa merendahkan, memarahi tanpa menganggap bahwa dirinya tidak mampu, bodoh, dan tidak berharga.
Amalia Paravoti @lovoti
Seandainya, gurunya tidak memarahi di depan teman-teman R. Dia tidak akan sakit hati dan kehilangan kepercayaan dirinya. Seandainya guru mencari tahu lebih dalam alasan ia selalu menulis dengan jelek. Mungkin ia tidak perlu setiap hari pelajaran tambahan menulis.
Amalia Paravoti @lovoti
Boleh marah, berikan kritik yang membangun, dan saat marah jauhkan dirinya dengan orang-orang disekitarnya. Misalnya, mau marahin kakak ya ajak ngobrol berdua aja tanpa dilihat adik, begitu juga sebaliknya.
Amalia Paravoti @lovoti
Klo sudah selesai memarahi dan berdiskusi jgn lupa katakan “mama sayang kakak, mama memarahin seperti ini bukan mama membenci kakak, tapi supaya kakak tahu mana yang baik dan buruk, mama sedih kalau kakak (ucapkan perilaku yg dikiritik), udah ya, sini mama cium dan peluk dulu”
Amalia Paravoti @lovoti
Cara memarahi, cara mengkritik wajib hukumnya utk diketahui untuk orangtua, dan juga kita semua. Marah ke pasangan dengan cara yg tepat juga bisa meringankan konflik yg terjadi. Sering kan masalah sbenernya sepele tp krn ngomongnya salah jd salah satu pihak jadi sakit hati.
Amalia Paravoti @lovoti
Untuk itu biasakan dari sekarang, jangan menunggu setelah menikah terus punya anak dulu. Sebelum terlambat, mari upgrade kemampuan kita dulu sebelum diturunkan ke anak.
Ilham Yamani @adendenmushi
@lovoti @jiemiardian saya bca dari berbagai artikel kalo tulisan jelek itu menandakan otaknya berpikir dengan cepat sehingga tangan tidak bisa mengimbangi kecepatan berpikir otak tersebut. Biasanya orang yang tulisannya kek ceker ayam tuh pinter pinter dalam dunia sains.
Bug @asrezaaaaa
@IlhamYmn @lovoti @jiemiardian saya kalau nulis bagus, mesti sering lupa materi apa yg sedang dipikirkan mas 😭
Amalia Paravoti @lovoti
@Bagasrzc @IlhamYmn @jiemiardian Yang penting semua materi ditulis semua dan bs kebaca lagi sm kita, udah gaperlu ribet2 tulisan rapi dan bagus😆
The girl with indomie brooch @arynpekik
@lovoti Aku pun dulu gitu, sempat dendam sama guru agama sma yg nilai ulangan hanya dari tulisan tangan. Sampai akhirnya guru mate aku ngeliat tulisan tangan aku & proses aku nulis kemudian ngomong "nggak apa2, saya ngerti otak kamu lebih cepat dari tangan". Peluk dik R. You're special.
Amalia Paravoti @lovoti
@arynpekik You’re soo special too mba💕 sending virtual hug
The girl with indomie brooch @arynpekik
@lovoti Salam ke dik R ya, mbak. Sampaikan apa yg guru mate aku sampaikan. Sampaikan kalau dia istimewa, dia spesial.
felo @fickseeling
@lovoti Mba Liaaaa tolong titip salam sayang dan peluk dari aku!! Titip bilang juga kalo aku percaya adek R nanti bisa jadi scientist yang hebat ❤ i'm waiting for your robot!!! 🤗❤
Amalia Paravoti @lovoti
@felissalobo Tentu, aku akan berikan pelukan dan salam hangat untuknya. Terima kasih

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.