Jonan Janji Divestasi Freeport Tuntas Akhir 2018

Pemerintah menjamin divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia bakal segera diselesaikan sebelum tahun 2018 berakhir.
Indonesia Jokowi jonan berita breakingnews freeport Politik
0

Koran Sulindo – Pemerintah menjamin divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia bakal segera diselesaikan sebelum tahun 2018 berakhir.

Penegasan tersebut disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan. Menurutnya finalisasi tersebut sesuai dengan perintah Presiden Joko Widodo.

Ia menyebut salah satu syarat harus segera dirampungkan terlebih dahulu adalah persoalan lingkungan hidup. “Kita mencoba selesaikan secepat-cepatnya,” kata Jonan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (29/11/2018) siang.

Menurut Johan di Kementerian Keuangan tak ada masalah dan hanya butuh beberapa penyesuaian administrasi saja.

“Tinggal secara korporasi Inalum harus menyelesaikan proses akuisisinya itu yang paling besar memang pembayaran dan izin-izin,” kata Jonan.

Sementara itu, menurut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menjelaskan syarat lingkungan hidup yang menjadi syarat itu sudah hampir tuntas.

Kementerian LHK tinggal mendapatkan izin pinjam pakai kawasan hutan kawasan tambang dari Pemerintah Provinsi Papua. Menurut Siti Nurbaya, begitu izin pinjam pakai terbit secara otomatis syarat lingkungan hidup tak lagi menjadi persoalan.

Izin akan terbit dalam beberapa hari ke depan jika seluruh proses dan syarat itu rampung awal Desember 2018 Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) bisa diterbitkan akhir Desember 2018.

“Syarat yang di KLHK, izin lingkungan, itu sudah selesai. Tinggal nunggu Pak Gubernur Papua saja. Tapi Pak Gubernur sih sudah sign oke,” kata Siti.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa sejumlah tahapan kesepakatan divestasi saham perusahaan tambang itu sudah dilaksanakan.

“Di antaranya bulan September 2018 lalu itu telah ditandatangani investment agreement, sales and purchased agreement dan subscription agreement,” kata Jokowi dalam rapat terbatas tersebut.

Baca Selengkapnya : https://koransulindo.com/jonan-janji-divestasi-freeport-tunta-akhir-2018/

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.