Pembunuh Udin Masih berkeliaran! Kebusukan Orba dan Pembunuhan Wartawan Udin

kisah udin sangat terkenal sampai sekarang, belum diketahui dengan pasti siapa pembunuh yang sebenarnya
HISTORY Pembunuhan wartawan udin
0
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Kebusukan & kekejaman Orba punya daftar yg panjang banget! Salah satunya ya yg bakal gua bahas kali ini Buat milenial pasti jarang yg tau dgn nama Fuad Muhammad Syafruddin atau yg biasa dipanggil Udin. Udin berprofesi sbg wartawan saat dia dibunuh. Ya, dia dibunuh gara2 berita. pic.twitter.com/hSrHzLydlh
 Expand pic
 Expand pic
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Mungkin wartawan emang salah satu profesi yg paling berisiko di zaman Orba. Yaiyalah, tugas mereka mengkritik kebijakan pemerintah yg dinilai gak sesuai. Di zaman orba dulu, wartawan & media gak bisa leluasa ngeberitain kebenaran. Yah, you know lah... pic.twitter.com/LfyJoWNPoE
 Expand pic
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Gak cuma dibredel, para wartawan zaman orba dulu juga sering berhadapan dgn maut. Salah satunya Alm. Udin ini. Udin dibunuh di usia yg baru 32 tahun. Saat itu dia adl salah satu wartawan surat kabar harian asal Yogyakarta, Bernas pic.twitter.com/MtgyDtBuH0
 Expand pic
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Seperti lazimnya wartawan yg kritis, Udin emang sering bgt bikin kuping pemerintahan orba panas. Waktu itu tahun 1996, Udin bertugas mengikuti agenda liputan pemilihan Bupati Bantul untuk masa jabatan 1996-2001. Saat mengikuti peliputan2 tsb, Udin banyak menemukan kejanggalan..
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Waktu itu ada 3 calon yg maju untuk jadi calon Bupati Bantul, dan ketiganya berlatarbelakang sama, MILITER. Sounds familiar? Salah satu calon yg paling adalah si petahana, Sri Roso Sudarmo pic.twitter.com/CjKGQwysFm
 Expand pic
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Seharusnya saat itu Sri Roso bakal dipindahtugaskan ke daerah lain, menurut info dari Danrem 072/Pamungkas, Kolonel (Inf.) Abdul Rahman Gaffar. Ini yg bikin insting wartawan Udin mencium ketidakberesan. Pasti ada apa-apanya. Pasti ada udang di balik batu.
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Kecurigaan Udin akhirnya memuncak, apalagi pemerintahan Sri Roso waktu itu dinilai gak punya kompetensi & sarat dgn praktik KKN.
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Investigasinya yg paling gempar & menampar muka Orba yaitu saat Udin membeberkan surat kaleng yg isinya ngebahas kalo ada seorang calon bupati yg diduga kuat bakal memberikan dana Rp 1M kpd Yayasan Dharmais. Fyi, Yayasan Dharmais itu punya Soeharto.
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Ini dibuktikan dgn ditemukannya “surat pernyataan” bersegel yg ditulis dan dibubuhi tandatangan Sri Roso. Isi surat tsb menjelaskan bahwa Sri Roso setuju “membantu” pendanaan Yayasan Dharmais apabila terpilih sebagai Bupati Bantul periode 1996-2001 Wartawan harusnya kaya gini!!
Marsinah Milenial @AQUBINAL
"Kalau memang ada kesalahan, ya, harus diberitakan sesuai fakta, memang begitu kerjanya wartawan", kata Udin. Dia tau dia bakalan dicari gara2 beritanya itu, tapi dia ttp berpendirian sama ideologinya Salut! kalo semua wartawan kaya Udin, pasti gak bakalan ada wartawan bodrek!
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Akhirnya beneran, setelah beberapa hari ngerasa diikutin ke mana pun dia pergi, tanggal 13 Agustus 1996 dia udah ditunggu sama orang yg gak dikenal di depan rumahnya
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Baru turun dari Honda Tiger 2000 warna merah marun miliknya, Udin langsung dijegat dan dipukuli. Kepalanya dihantam & perutnya disodok pake besi Ngeri banget kalo berurusan sama militer mah...
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Gak ngelawan, akhirnya Udin terluka parah & gak sadarkan diri. Dia dibawa ke RSU Jebugan Bantul terus akhirnya dipindah ke RS Bethesda Yogyakarta untuk perawatan intensif.
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Tapi Tuhan berkehendak lain. 3 hari dirawat intensif di RS Bethesda Yogyakarta, Udin meninggal dunia.
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Akhirnya Polisi mengusut kasus pembunuhan Udin, tapi menemui jalan buntu. Rekan2 satu profesi Udin akhirnya membuat tim investigasi pencari fakta. Dari beberapa penyelidikan, tim menyimpulkan kalo tewasnya Udin tak terlepas dari berita2 yg dia tulis
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Menurut kesimpulan tim, beberapa berita yg dibuat Udin memancing kemarahan penguasa. Dalang di balik pembunuhan Udin mengerucut pada satu nama. Siapa lagi kalo bukan Sri Roso.
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Sri Roso membela diri. 7 hari setelah kematian Udin, Sri Roso gelar konferensi pers & bersumpah gak terlibat atas kematian tsb. Pihak kepolisian juga mendukung kesaksian Sri Roso, bahkan Kapolres Bantul, Letkol Pol Ade Subardan berjanji akan menemukan si pembunuh dlm 3 hari
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Polisi akhirnya berhasil menangkap "pelaku" pembunuh Udin yg bernama Dwi Sumaji alias Iwik. Dia bekerja sebagai sopir di perusahaan iklan. Tapi Iwik bukanlah pembunuh asli Udin. Dia "dikerjain" dan di persidangan tgl 5 Agustus 1997, Iwik dipaksa ngaku kalo dia ngebunuh Udin.
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Brengsek bgt ya Orba itu? Terus, kalian mau balik ke Orba? Cih!
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Iwik terpaksa ngaku karena diancam & di bawah pengaruh alkohol yg disuplai Serma Pol Edy Wuryanto alias Franki, Kanitserse Polres Bantul. Kenapa Iwik dijadiin tumbal? Ya buat ngelindungi kepentingan bisnis, politik, & nama baik Sri Roso. Hebat ya Orba?
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Akhirnya pd November 1997, pengadilan memvonis bebas Iwik. Majelis hakim berpendapat kalo gak ada bukti yg menguatkan bahwa Iwik adl pelaku pembunuhan Udin.
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Iwik bukan yg pertama jadi pengalihan isu pembunuhan Udin. Sebelumnya juga ada pengakuan Tri Sumaryani yg bilang diiming2i uang oleh “oknum tertentu” kalo bersedia ngomong ke publik & persidangan kalo dia berselingkuh dgn Udin. Busuk bener ya kelakuan orang2 itu?
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Terus juga sempet ada barang bukti yg sengaja diilangin. Pokoknya kasus ini cukup pelik. Yg perlu anak milenial ketahui, sampe sekarang pelaku pembunuh Udin masih berkeliaran di sekitar kita.
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Semua kultwit gue ini bersumber dari artikel @TirtoID yg berjudul Pembunuhan Wartawan Udin adalah Bukti Keberingasan Orde Baru tir.to/n/dal6
Marsinah Milenial @AQUBINAL
Tenang! Pembunuh Udin masih berkeliaran!
Login and hide ads.