3
#TakeOver# @GheMaX
AS Bangun Pangkalan Laut di Papua Nugini, Sindikasi Perang Pasifik vs Cina ?
#TakeOver# @GheMaX
Amerika Serikat mengumumkan kerja sama dengan Australia untuk membangun pangkalan angkatan laut di Papua Nugini.
#TakeOver# @GheMaX
Kerjasama AS-Australia ini dipicu oleh langkah China Tiongkok yang membangun fasilitas dermaga bersama negara Vanuatu, dibangun oleh Shanghai Construction Group .
#TakeOver# @GheMaX
Fasilitas ini akan memungkinkan kapal-kapal militer China mendapatkan akses bersandar di dermaga yang masuk kawasan Pasifik tersebut, yang hanya berjarak kurang dari 2.000 km dengan wilayah Australia. liputan6.com/global/read/34…
URL liputan6.com 37 Ahli Pertahanan: Pangkalan Militer China di Vanuatu Adalah Mimpi Buruk bagi Australia Rumor wacana pembangunan pangkalan militer China di Vanuatu berembus. Australia diingatkan untuk mewaspadai hal ini.
#TakeOver# @GheMaX
China telah memberikan "pinjaman dan hibah" senilai US$ 243 Juta untuk pembangunan infrastruktur darat dan dermaga di Vanuatu. Jebakan buat Vanuatu.
#TakeOver# @GheMaX
Di sisi lain dalam waktu yang bersamaan, China sedang melakukan cara kebut cepat demi terwujudnya One Belt One Road (OBOR) di kawasan Asia.
#TakeOver# @GheMaX
Indonesia termasuk negara yang kebagian proyek kebut cepat demi kepentingan China ini.
#TakeOver# @GheMaX
Iya ada jalan tol, pelabuhan kereta api, dan berbagai sektor infrastruktur transportasi perhubungan yang sebagian besar difasilitasi oleh utang dari negeri China, agar OBOR segera terwujud. Jebakan buat Indonesia. twitter.com/GheMaX/status/…
#TakeOver# @GheMaX
Peningkatan kehadiran China di kawasan Asia Pasifik ini adalah demi memenuhi keinginan besar negeri China untuk menguasai koridor ekonomi: membawa barang, orang, dan data dari dan ke seluruh kawasan Asia, Pasifik, Afrika, dan Eropa.
#TakeOver# @GheMaX
Bujukan China kepada beberapa negara di Asia dan Afrika dengan cara memberikan kemudahan pinjaman (utang) terbukti telah berhasil menjebak dan menjerat beberapa negara seperti Pakistan, Srilanka, Zimbabwe, dan Nigeria.
#TakeOver# @GheMaX
Vinsensio M.A. Dugis dari Departemen Hubungan Internasional, FISIP Universitas Airlangga - Surabaya mengatakan bahwa perhatian China yang mulai mengarah ke Pasifik terlihat sangat meningkat dan intensif.
#TakeOver# @GheMaX
Bantuan ekonomi China sangat agresif kepada negara-negara yang menjalin hubungan diplomatik dengannya.
#TakeOver# @GheMaX
China yang tercatat sebagai pendonor peringkat ke-tiga setelah Australia dan AS,juga menawarkan berbagai paket bantuan keuangan
#TakeOver# @GheMaX
yang bertujuan untuk memperkuat perdagangan, pembangunan infrastruktur, peningkatan kemampuan pemerintahan dan militer, serta pengembangan sumberdaya alam, kepada negara-negara kecil di Pasifik.
#TakeOver# @GheMaX
Indonesia juga merupakan salah satu yang mendapat pinjaman untuk mengambil alih freeport yang saat ini dipegang PT Inalum (luhut poenya).
#TakeOver# @GheMaX
Pinjaman tersebut merupakan gabungan dari 11 bank untuk Indonesia (yakin sih bank china) dengan dalih tidak ada jaminan. cnnindonesia.com/ekonomi/201807…
URL ekonomi 807 Inalum Andalkan Utang dari 11 Bank Beli Saham Freeport Inalum mengandalkan pinjaman 11 bank untuk membeli saham Freeport Indonesia. Saat ini, penawaran yang masuk bahkan melampaui nilai divestasi US$3,85 miliar.
#TakeOver# @GheMaX
Amerika jelas lah marah karena China sudah mulai menganggu bisnis paling menguntungkan mereka di Indonesia.
#TakeOver# @GheMaX
Belum lagi bantuan-bantuan hutang lain yang sekarang Indonesia juga merupakan penikmat utang dari China selama rezim Jokowi.
#TakeOver# @GheMaX
Bantuan ekonomi dengan "syarat lunak" adalah daya tarik bagi negara-negara Pasifik Selatan yang pada umumnya berpenghasilan di bawah rata-rata. Mereka tidak sadar bahwa itulah jebakan ala batman China.
#TakeOver# @GheMaX
Amerika tidak hanya diam, negara paman sam tersebut juga mulai bergerak dengan melakukan sanksi ke China karena membeli senjata ke Rusia internasional.kompas.com/read/2018/09/2…
URL KOMPAS.com 176 AS Jatuhkan Sanksi kepada China karena China Beli Senjata Rusia - Kompas.com Rusia menegaskan sanksi tersebut tak akan menghalangi proses jual beli senjata yang telah disepakati.
#TakeOver# @GheMaX
Belum lagi perang dagang antara Amerika vs China dimana Amerika mulai memberlakukan bea masuk ke produk Cina bernilai hampir Rp3.000 triliun bbc.com/indonesia/duni…
Load Remaining (13)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.