1
Potret Lawas @potretlawas
Sultan Agung Hanyakrakusuma menyerang dan menghabisi orang² Surabaya. Imam Bonjol memimpin pembantaian kaum adat Pagaruyung dan Batak. Bom Usman dan Harun di Singapura membunuh 3 warga sipil. Kita harus membiasakan diri dg hal² gelap macam itu. Senarainya jelas panjang sekali.
Kiki @rd_mayangsari
@potretlawas Ahhhhh, akhirnya ada yg membahas peliknya masalah ini. Kmrn sempat membahas ttg seorang pahlawan lokal, dr satu buku, digambarkan dia pahlawan krn melawan belanda. Di buku yg lain, dia hanya mengincar kekuasaan & melawan pemerintah setempat (orang Jawa jg, bkn belanda).
Potret Lawas @potretlawas
Ada orang mengkaji masa lalu untuk belajar adil. Biasanya mencari kepelbagaian perspektif. Ada pula yang mengulik masa lalu semata karena keperluan pribadi, kelompok, dsb. Umumnya yang dicari kesimpulan. Semua berkumpul di balasan twit ini twitter.com/potretlawas/st…
saudaranya @saudaranya_nih
@potretlawas Menambahkan, Sultan Hamid II yang membuat lambang Garuda juga terlibat makar dalam tragedi APRA yang memakan korban 100 orang. Tetapi apakah sejarah kelam dari pahlawan itu perlu dimasukkan ke pelajaran sekolah. . .
Dian Cahyana Putra @dianceps
@saudaranya_nih @potretlawas IMO, sejarah kelam harus diajarkan jg sih. Agar sudut pandang yg kt pakai jd lebih banyak, agar lebih adil dalam melihat sesuatu.
SH @greensatria82
@potretlawas Orang China di bagan siapi api Provinsi Riau pernah mencoba memberontak untuk lepas dari NKRI dibantu kapitan China tapi berhasil di gagalkan oleh TNI. Kita harus membiasakan diri dg hal² gelap macam itu. Senarainya jelas panjang sekali.
saudaranya @saudaranya_nih
@dianceps @potretlawas Tapi apakah jd membunuh karakter pahlawannya / sisi heroiknya ya?
Dian Cahyana Putra @dianceps
@saudaranya_nih @potretlawas Apakah ketika ia seorang pahlawan, ia bebas dr ego, keburukan, dsb.? Justru dengan memaparkan sisi kelamnya, kt bisa melihat sang pahlawan sbg manusia sewajarnya, yg punya ego, syahwat, dll. Tidak mengangkat ia dalam kultus yg merusak nalar. Ini pendapat saya sih Thanks
saudaranya @saudaranya_nih
@dianceps @potretlawas Iya bener juga mengangkat sisi humanisnya pahlawan, tetapi mungkin gak semua kisah cocok untuk diceritakan sekolah dasar/menengah. Mungkin pd tingkat mahasiswa penalarannya udah lebih cocok ya. 🙏
marty muhamaddin @MMuhamaddin
@greensatria82 Orang2 Islam di Jawa Barat pernah memberontak, mendirikan Darul Islam, negara Islam Indonesia. Mereka membakar kampung, pasar, bersembunyu di hutan2. Kita harus membiasakan diri dg hal² gelap macam itu. Senarainya jelas panjang sekali.
Dian Cahyana Putra @dianceps
@saudaranya_nih @potretlawas Kalau dasar mgkin ga cocok, tp mungkin tingkat SMA harusnya udh mulai dipaparkan sih, biar jd lebih dewasa jg. Anda sendiri bisa melihat reply dr twit @potretlawas ini, bagaimana keberagaman pendapat netizen wkwk.
saudaranya @saudaranya_nih
@dianceps @potretlawas Hahaha udah pada tua aja banyak yg ngamuk ya 😅 Umur ga mempengaruhi nalar ternyata 🤣😂🤣
. @NoMoreSocMed__
@rd_mayangsari @potretlawas Pahlawan lokal provinsi saya jg bgtu. Krn melawan belanda jd pahlawan. pdhal ada versi sejarah lain dia diperangi belanda krn jd bajak laut yg korbannya masyarakat pribumi lain. Hukumnya memang sudah bgtu. Dua sisi mata uang. Terrorist for some people, Freedom Fighters for others
Bastard Machine @WishnuUtomo
@potretlawas Dari SD-SMA disuapi sejarah heroisme pemimpin2 suku/etnisnya yang digelari "pahlawan nasional" –padahal konsep nation Ina baru terbentuk pertengahan abad 20, begitu dikasih fakta sejarah yang selama ini ga pernah dibuka di sekolah2, pada kaget. Buka terus min!
Potret Lawas @potretlawas
Kalau mau baca, lancung Sultan Agung di Surabaya umum disebut dalam banyak pengantar sejarah. Pigeaud, de Graaf, Ricklefs, sampai Sartono Kartodirdjo. Surabaya mengingat invasi militernya. Juga perintahnya membendung Brantas yang memantik kekeringan, kelaparan dan wabah penyakit.
SH @greensatria82
@potretlawas Raja siak sultan syarif qasim memberikan kerajaan nya di riau untuk Indonesia dan hak minyak kpd NKRi . permaisuri jualan baju di Jakarta dan istana terbengkalai sampai rumput menutupi istana. Kita harus membiasakan diri dg hal² gelap macam itu. Senarainya jelas panjang sekali.
Potret Lawas @potretlawas
Jejak kelam Imam Bonjol dan kaum Padri pun sudah ditelusuri sejumlah sarjana Batak. Antara yang paling detil adalah disertasi Jansen Pardede di universitas Mainz. Pun penting dibaca kajian Dobbin: Islamic Revivalism in a Changing Peasant Economy, Central Sumatra.
Hilman Taufiq @hilmantq
@potretlawas Sejarah memiliki 2 sisi. Sebagai data & narasi. Saat dilihat sebagai data, sejarah tidak mengenal benar-salah. Saat dilihat sebagai narasi, sejarah tidak mengenal nyata-fiksi.
meh @ppffffttt
@potretlawas kynya flowermu trutama sy bcaanya blom smpai ksana mas, bcanya pling masih harpot, lotr, ergon dkk, ato mngkin malah ada yg tereliye dkk tlong klo ad ksmpetan djabarkan lagi crtanya, mtursuwun
Bima W. @bimaofficial
@potretlawas Trunojoyo dihukum mati dengan ditusuk bagian jantungnya berkali-kali menggunakan keris oleh para Sentono Dalem Mataram Pleret. Jantungnya lalu diambil dan para Sentono Dalem memakan jantung itu. Lokasi eksekusi dinamakan Sela Pamecat, sekarang berada di Kasunanan Surakarta.
no one you follow @jsamodra
@potretlawas Ayahanda Calon Presiden RI pada Pemilu 2019 melakukan pemberontakan PRRI/Permesta pada 1958 yang menyebabkan keluarga Djojohadikusumo kabur dan hidup di luar negeri. Kita harus membiasakan diri dg hal-hal gelap macam itu. Senarainya jelas panjang sekali.
#MakeManah @rzk1989
@potretlawas di buku bandung awal revolusi puj diceritakan ada konflik internal antara pejuang sunda & non sunda, mereka pun berperang antar sesama pejuang
#MakeManah @rzk1989
@MMuhamaddin @greensatria82 di buku Bandung Awal Revolusi jg diceritakan pada masa revolusi pejuang dr suku sunda & non sunda jg saling berperang, tp tdk pernah di catat dlm sejarah.
Load Remaining (9)
Login and hide ads.