1
desti‚ú® @cutdamelon

@Luke5SOS followed 28/3/18ūüė≠ūüíĖ threads on pinned!

desti‚ú® @cutdamelon
Idealisme Munir dan Ironi Kematian di Pesawat Garuda A THREAD pic.twitter.com/DAhVsLYphA
Expand pic
desti‚ú® @cutdamelon
TADI THREAD NYA KEAPUS WOI GILAA UDAH SELESAI PADAHAL, but nobody can drag me down, so yeah gue ketik ulang :'(
desti‚ú® @cutdamelon
Munir Said Thalib, Seorang pria sederhana yang bersahaja. Ia adalah seorang tokoh, seorang pejuang sejati, seorang pembela HAM di indonesia. Pria kelahiran Malang, 8 Desember 1965 ini adalah seorang aktivis muslim ekstrem yang kemudian beralih menjadi seorang Munir yang- pic.twitter.com/OC6FfBsqbs
Expand pic
desti‚ú® @cutdamelon
-menjunjung tinggi toleransi, menghormati nilai-nilai kemanusiaan, anti kekerasan. Ia adalah seorang aktivis yang sangat aktif memperjuangkan hak-hak orang tertindas. Selama hidupnya ia selalu berkomitmen untuk selalu membela siapa saja yang haknya terdzalimi.
desti‚ú® @cutdamelon
Ketika ia mendapatkan hadiah ratusan juta rupiah sebagai penerima "The Right Livelihood Award" ia tidak menikmatinya sendiri, melainkan membagi dua dengan Kontras, dan sebagian lagi diserahkan kepada ibunda tercintanya. Di tengah maraknya pejabat berebut fasilitas, Munir malah-
desti‚ú® @cutdamelon
-tidak tergoda. Ia tetap menggunakan sepeda motor sebagai teman kerjanya. Seorang tokoh kelas dunia yang sangat bersahaja. pic.twitter.com/3ScctduRYy
Expand pic
desti‚ú® @cutdamelon
Munir tidak pernah takut memperjuangkan HAM. Ia melawan Komando Daerah Militer V Brawijaya untuk memperjuangkan kasus kematian Marsinah, aktivis buruh PT CPS Sidoarjo, Jawa Timur, yang diculik dan mati. Dia tewas mengenaskan dengan kemaluan ditembak. pic.twitter.com/tGyyShBe32
Expand pic
desti‚ú® @cutdamelon
Ia juga menyelidiki kasus hilangnya 24 aktivis dan mahasiswa di Jakarta pada masa reformasi 1997-1998. Sederet kasus pelanggaran HAM, seperti penembakan mahasiswa di Semanggi (1998-1999) hingga pelanggaran HAM masa referendum Timor Timur (1999) menjadi catatan sejarah Munir.
desti‚ú® @cutdamelon
Dan inilah kronologi kematian Munir :
desti‚ú® @cutdamelon
Tanggal 6 September 2004 , Munir diantar oleh rombongan keluarga ke bandara Soekarno-Hatta, kemudian lepas landas menuju Amsterdam untuk melanjutkan studi. Keberangkatan yang juga menjadi awal petaka kematian Munir tersebut dihiasi oleh kejadian-kejadian janggal di bandara.
desti‚ú® @cutdamelon
Menjelang Munir check in, kamera cctv mati dan tidak ada adegan yang bisa digambar. Anehnya, kamera cctv mati waktu itu mencapai 58 dari 60 kamera dan lainya sengaja dimatikan atau rekaman sengaja dihapus.
desti‚ú® @cutdamelon
Beberapa waktu sebelum keberangkatan Munir, Pollycarpus berkali-kali menelpon ke rumah apa Munir jadi berangkat naik Garuda? Dan ketika saya bilang jadi berangkat kemudian ia diam. Ujar Suciwati, Istri Mendiang Munir.
desti‚ú® @cutdamelon
Kecurigaan semakin terendus ketika pemimpin Kontras ini (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan) setelah berpisah dengan rombongan, bertemu dengan seorang pilot yang berjabat tangan dan mengenalkan diri.
desti‚ú® @cutdamelon
Setelah take off, penerbangan Garuda GA-974 meluncur ke udara menuju Amsterdam. Ditengah perjalanan seorang pramugari menawarkan sajian kepada Munir. Dia memesan mie goreng dan jus jeruk. Tak lama kemudian pesawat transit di Bandara Changi, Singapura.
desti‚ú® @cutdamelon
Seorang penumpang dengan pesawat yang sama, Ibu Drupadi mengatakan, ketika itu wajah munir sangat pucat. Itu kira-kira jam setengah dua belas malam. Sesungguhnya saya mau mendekat, tapi Munir sedang berbicara dengan dua orang penumpang yang mau ke Amsterdam.
desti‚ú® @cutdamelon
Pasca transit, pesawat kembali mengudara. Munir yang awalnya duduk di kelas bisnis kembali ke kelas ekonomi. Dia mulai mutah dan berkali-kali keluar masuk toilet. Seorang pramugari melaporkan pada kapten pesawat bahwa ada penumpang yang sedang kesakitan. Lalu kapten menanyakan-
desti‚ú® @cutdamelon
-apakah ada penumpang yang bisa bantu. Dan akhirnya ada seseorang yang mengaku dokter, memeriksa kondisi Munir dan menyuntikkan injeksi untuk menyembuhkannya. 3 jam sebelum sampai di Amsterdam, Munir menghembuskan nafas terakhirnya di dalam pesawat.
desti‚ú® @cutdamelon
-Ditambah lagi, racun arsenik itu akan tambah makin parah kalau diberi injeksi dokter ;-( pertanyaanya, kenapa munir dibunuh? oleh siapa?
desti‚ú® @cutdamelon
1. Ada dugaan Munir dibunuh karena memegang data penting seputar pelanggaran hak asasi manusia seperti pembantaian di Talang Sari, Lampung, pada 1989, penculikan aktivis 1998, referendum Timor Timur, hingga kampanye hitam pemilihan presiden 2004.
desti‚ú® @cutdamelon
Menurut mantan Deputi Bidang Perencanaan dan Pengendalian Operasi BIN, Budi Santoso, pernah ada rapat internal lembaganya membahas Munir. Direktur Imparsial itu disebut akan menjual negara dengan data-datanya, yang ia bawa ke Belanda untuk studi hukum di Utrecht Universiteit.
desti‚ú® @cutdamelon
‚ÄúHendropriyono meminta upaya Munir itu dicegah,‚ÄĚ kata Budi dalam kesaksianya yang direkam
desti‚ú® @cutdamelon
TAPI, A.M Hendropriyono, Kepala BIN 2001-2004, sdh menyangkal lembaga yang dipimpinnya mengincar Munir. ‚ÄúMunir bukan orang yang membahayakan,‚ÄĚ katanya. Hendro blg thn 2004 bahkan Munir sudah merapat ke kubu PDIP yang dipimpin Megawati Soekarnoputri, presiden yang dekat dengannya.
desti‚ú® @cutdamelon
Suciwati, istri Munir, juga menyangkal dugaan ini. Sebelum berangkat Suciwati memeriksa laptop yang dibawa suaminya. ‚ÄúKetika dikembalikan setelah meninggal, saya periksa isinya sama: tak ada data penting,‚ÄĚ katanya. ‚ÄúDokumen penting itu, ya, Munir sendiri. Dia dokumen hidup.‚ÄĚ pic.twitter.com/9MtVjgYcHp
Expand pic
desti‚ú® @cutdamelon
Suciwati tak percaya dugaan itu meski beberapa saat setelah kematian Munir, Deputi VII Bidang Teknologi dan Informasi BIN Bijah Subiyanto, memberitahu secara samar soal motif pembunuhan itu. ‚ÄúCoba periksa kasus2 besar yg ditangani almarhum sebelum pergi,‚ÄĚ katanya, mengutip Bijah.
Load Remaining (25)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.