4
teribel @nonvitaa
♒ S U G O R aka. S U S U G O R E N G ♒ 🔸a thread pic.twitter.com/3GWGxz0Sfk
Expand pic
teribel @nonvitaa
oke pertama gue minta maaf dulu kalo nanti thread ini bakal amburadul dan jele. bcs ini gue pertama kali bikin thread. yaudah lgsung aja beb🔽
teribel @nonvitaa
adonan susu goreng: 🔸susu full cream 300ml 🔸tepung maizena 70gr 🔸gula pasir sesuai selera 🔸air secukupnya 🔸keju (ini optional ya) pic.twitter.com/JwqLQpJPvb
Expand pic
teribel @nonvitaa
cara bikin: 1. campur tepung maizena dgn air secukupnya, aduk rata. sisihkan 2. siapkan panci lalu masukkan susu cair+gula pasir sesuai selera. saranku mending gulanya jgn terlalu banyak. nanti eneg 3. masak adonan susu dgn api kecil! lalu aduk trus sampe gula pasirnya larut
teribel @nonvitaa
4. nah kalo gulanya dah larut, masukkan larutan maizena yg tadi. aduk trus jgn sampe di tinggal ya. dan inget apinya tetep kecil, jgn digedein 5. aduk trus sampe adonan mengental pic.twitter.com/XduOvMXHjo
teribel @nonvitaa
6. kalo udah mengental. matikan kompor 7. nah ini optional sih, aku tambahin parutan keju. soalnya aku takut eneg kalo cuma plain rasa susu doang😂😂 kalau kalian mau tambah bubuk coklat, chocochips dll boleh bgt. sesuaikan selera aja hehe pic.twitter.com/sy04VLUbLO
Expand pic
teribel @nonvitaa
8. oke lanjut. siapkan wadah untuk cetakan. pastikan wadahnya udah di olesi minyak/mentega biar nanti adonannya ga lengket dan gampang dikeluarin. lalu tuang adonan. ratakan 9. masukkan ke freezer -/+ 2-3jam. makin lama makin bagus biar adonan set dan ga (letoy)😂😂 pic.twitter.com/FCDOCNluRL
Expand pic
teribel @nonvitaa
sambil nunggu adonan mengeras. kita lanjut bikin adonan kulitnya adonan kulit: 🔸80gr tepung terigu 🔸30gr tepung maizena 🔸gula pasir (sesuai selera) 🔸air secukupnya 🔸baking powder 1/2sendok pic.twitter.com/L6AIJcrQWw
Expand pic
teribel @nonvitaa
cara bikin adonan kulit: 1. campur semua bahan jadi satu. waktu ngecampurin bahannya, masukkan air sedikit demi sedikit ya. ini penting bgt sih ⚠adonan kulitnya harus kental jgn terlalu encer❗ nanti ku jelaskan knp harus kental, gaboleh terlalu encer
teribel @nonvitaa
lanjut ke adonan susunya. kalo dirasa adonannya udah mengeras, keluarkan dari freezer. 10. taburi alas buat motong adonan dgn tepung maizena. jgn lupa jg lumuri pisau buat motong dgn minyak biar ga lengket dan ga bikin ancur 11. setelah dipotong, lumuri lagi dgn tepung maizena pic.twitter.com/O2rQ0yhO5o
Expand pic
Expand pic
teribel @nonvitaa
12. masukkan potongan adonan susu ke adonan kulit yg tadi kita buat. lumuri sampe semuanya ketutup ya 13. sambil melumuri adonan susu, panaskan minyak dengan api kecil untuk menggoreng 14. next ke tahap yg perlu kehati-hatian😂😂
teribel @nonvitaa
15. goreng adonan satu persatu hingga kekuningan. angkat, lalu tiriskan. ⚠inget ya, satu2/dua2 aja goreng adonannya biar ga saling nempel. tp tenang aja kok sugornya tuh cpt bgt matengnya, ga sampe semenit.
teribel @nonvitaa
16. udah deh. sajikan sesuai selera kalian kalau aku, itu aku kasih susu bubuk mil0 sama selai tiramisu (ga kelihatan tp di gambar) heheh selamat mencobaaa💛💛
teribel @nonvitaa
🔅tips🔅 1. diatas kan aku sempet bilang knp adonan kulitnya harus kentel? nah itu biar adonan susunya terlumuri sempurna jadi pas di goreng, sugornya ga lumer dan ancur. 2. pas goreng pake api kecil aja dan sering bolak-balik. sugornya tuh cpt bgt mateng soalnya
teribel @nonvitaa
+tambahan kalau waktu ngegoreng adonan, dia lengket di wajannya. coba tambahkan mentega di adonan kulitnya
teribel @nonvitaa
@kalolagibosen bisa kok. baking powdernya gunanya biar dia bikin ngembang aja buat adonan kulitnya

Comment

Login and hide ads.