0
Esjewe Perkotaan @Outstandjing
Di level rumah tangga sampai level propinsi, sikap terhadap sampah masih sama: "Nih sampah gue, bawa sana. Gue kasih duit." Dari rumah, ke tukang sampah, ke TPS, sampai ke TPA: sampah hanya berpindah dari satu tangan ke tangan lain yg lebih miskin. Terus menumpuk,
Pinot @pinotski
Sebuah thread tentang sesuatu yang selama ini kami abaikan di kampung halaman & baru kami sadari selama kami tinggal di NYC sini: sampah. Tiap warga tanggung jawab pada sampahnya. Semua sampah dipilah, dipisah sebelum ditaruh di depan rumah utk diangkut petugas sesuai jadwal. twitter.com/outstandjing/s…
Pinot @pinotski
Sampah plastik & kertas nyampur, ngga bakal diangkut petugas. Sukur2 cuma ditinggal gitu aja, kadang pintu ditempelin denda krn nyampur sampah sembarangan.
Pinot @pinotski
Awal2 pindah sini, kami belajar jadwal kapan sampah dapur dijemput, kapan sampah plastik, gelas, kertas diangkut. Sampah elektronik macam komputer harus dibalikin produsen. Kalo ngga ada fasilitas pengembalian, kita mesti nunggu jadwal khusus utk penjemputan e-waste.
Pinot @pinotski
Karena adanya aturan begitu, kami jadi belajar gimana berkegiatan di rumah terutama yg melahirkan sampah-sampah baru. Krucil juga belajar memilah mana sampah yg sesuai dng kegiatan tugas sekolah yg membutuhkan bahan khusus seperti eksperimen ilmiah.
Pinot @pinotski
Gimana dengan sofa, lemari, kursi atau perabotan? Kalau sesuai jadwal, langsung dibawa masuk ke mesin truk sampah yg keliling, diremet diancurin saat itu juga. Jaman di Kuwait, langsung diangkut ke truk dibawa ke pasar loak 😂
Pinot @pinotski
Truknya kayak gini. Mau sampah apa pun ‘dimakan’ oleh mesinnya. Jadi sampai di TPA udah dikompres & diproses sesuai jenis sampah. m.youtube.com/watch?v=eQe_hP…
B 217 AN @antonius_kris
@pinotski TKP kali di Jln Perancis, Dadap Tangerang, bertahun2 seperti ini tdk ada perhatian dari Pemdanya 😥 pic.twitter.com/VC0Yml7yMr
Expand pic
Dep @devixx_
@pinotski semua sampah disana wajib pake trash bag item ya papin? gak kyk disini pd hobi bgt pake kresek 😡 dan kalo udh dipilah kyk gini, berarti gaada dong yg namanya bau menyengat + tetesan air dr truk sampah ataupun di TPS/TPA sana (terutama kalo abis hujan) ya papin?
jumailiana iwan @Jumai_jade
@pinotski hiks ..jd tmbh sedih krn tetangga ku ada yg passion nya bakar sampah, diminta jgn bakar2 lg krn asepnya msk rmh ku n ojob ku asma, dii jwb; kita gak punya bak sampah! sambil melotot marah.. pak RT n RW gak brani tegur krn: mereka org lama 😭😭
wahyu herlambang @mbang7
@pinotski Disini sih tempat sampah udah dipisah, tapi pas dimasukin ke truk sampah masa dicampur jadi satu, kan sia sia :(
anugerah ⎊ @saljuapi
@mbang7 @pinotski bener banget, dulu pas balik dari jepang udah membawa attitude pemisahan sampah tapi kemudian jadi kesal karena tertampar realita di indo masih begini
∀ᗡ∀˥OƆ ∀NIԀ @koktailmanis
@pinotski di rumahku sampah dibagi 3 golongan: sampah organik, botol2 bekas dkk, dan plastik. mama pencetusnya, kalo salah buang sampah pasti diocehin😂
goodbey @nonnabey
@pinotski Kalo di rumah saya ada tukang barang bekas yg mau nerima botol2 bekas, gelas plastik air mineral dll. Jadi misahin sampah sayur dan sampah plastik ada faedahnya..
rosdiana rachma g @rosdianarg
@pinotski Mulai dari kesadaran buang sampah pada tempatnya sampai pemilahan sampah :')
puput risdanareni @risdanareni
@pinotski Di Belgia plastik sampah mahallllll pake banget jadi harus meminimalisir untuk menciptakan sampah, pokoknya urusan buang sampah nih complicated di sni 🙈🙈
kris moerwanto @krismoerwanto
@pinotski Utasan bagus. Perilaku, kebiasaan, pola menyampah, mencerminkan taraf keberadaban budaya suatu masyarakat - bangsa.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.