Secuil Informasi SisiLain Pemberitaan Kasus Tragis Penyiksaan Arie Hanggara Yang Tewas Di Tangan Orang Tuanya Sendiri

Sebuah sisi lain dari kisah Arie Hanggara
1
Story Sebelum Meninggal Ditampar Berkali2, Kepala Dibenturkan ke Dinding, dan Dikurung di Kama.. Arie adalah kisah pilu anak yang tewas dianiaya orangtuanya, 2852 pv
A | L @valhallaen

ARIE HANGGARA Sejarah Kelam Penyiksaan Anak di Indonesia -THREAD- pic.twitter.com/Np5XEsveLv

22/11/2018 16:56:42 WIB
Expand pic
A | L @valhallaen

Kisah nyata ini sempat membuat masyarakat tercengang. Terlebih saat peristiwa pilu tersebut difilmkan hingga mendapatkan jumlah penonton terbanyak di medio 1986.

22/11/2018 16:56:44 WIB
A | L @valhallaen

Arie Hanggara lahir di Bogor, Jawa Barat, pada 21 Desember 1977 dan meninggal di Jakarta pada 8 November 1984 pada usia 7 tahun. Arie adalah kisah pilu anak yang tewas dianiaya orangtuanya, Machtino bin Eddiwan alias Tino dan ibu tirinya Santi binti Cece.

22/11/2018 16:56:45 WIB
A | L @valhallaen

Arie lahir dari pasangan Dahlia Nasution & Machtino sbg anak kedua dari tiga bersaudara. Semula mereka hidup berkecukupan karena sang ayah memiliki perusahaan. Namun karena selingkuh dgn karyawannya yg bernama Santi akhirnya perusahaannya bangkrut & rumahtangganya pun berakhir.

22/11/2018 16:56:47 WIB
A | L @valhallaen

Dahlia akhirnya kembali ke Depok & Tino menitipkan anak-anaknya ke sang nenek. Tak lama, Tino kembali mengambil anak-anaknya & hidup bersama istri barunya Santi di sebuah rumah kontrakan kecil di Mampang, JakSel. Tino dan Santi serta 3 anak Tino yaitu Anggi, Arie, dan Andi.

22/11/2018 16:56:47 WIB
A | L @valhallaen

Majalah Tempo bahkan, menurunkan laporan khusus untuk membahas masalah ini. Kasus kekerasan terhadap anak pada masa tersebut bukan hal baru, tapi kasus Arie Hanggara mencuat karena mengusik hati manusia: kok tega “membunuh” anak?

22/11/2018 16:56:46 WIB
A | L @valhallaen

Selama berminggu-minggu kemudian, kisah tragis ini menjadi berita utama di koran-koran. Sejak itu, nama Arie lekat di ingatan publik sebagai korban kekejaman orangtua.

22/11/2018 16:56:57 WIB
A | L @valhallaen

Rekonstruksi pembunuhan harus diulang beberapa kali karena massa selalu berjejal, tak hanya menonton, tapi gemas ingin menghakimi Machtino dan Santi.

22/11/2018 17:17:12 WIB
A | L @valhallaen

TAMBAHAN Dokumentasi Majalah Tempo saat persidangan kasus Arie Hanggara dgn terdakwa Machtino dan Santi pic.twitter.com/0msw9mBrEI

22/11/2018 18:18:00 WIB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
A | L @valhallaen

TAMBAHAN Program MetroTV yg berjudul Melawan Lupa edisi 7 Juni 2014 pernah membahas terkait kasus Arie Hanggara dan kondisi keluarganya saat ini. youtu.be/spsCGlycYX8

22/11/2018 18:27:52 WIB
Expand pic
A | L @valhallaen

TAMBAHAN Bagi teman-teman yg tertarik untuk melihat filmnya silahkan cek link di bawah. youtu.be/tPzdg7MdpZo

23/11/2018 07:46:42 WIB
Expand pic
A | L @valhallaen

TAMBAHAN Dikutip dari laporan Majalah Tempo edisi 13 April 1985. Pelajaran untuk Orang Tua MAJELIS hakim seperti hendak mengingatkan para orangtua bahwa mengajar anak itu ada batasnya: Machtino Eddiwan divonis 5 tahun penjara oleh PN Jakarta Selatan,

23/11/2018 08:35:20 WIB
PAKE MASKER! @ferdiriva

Film Indonesia paling sedih, paling menguras emosi, paling bikin trauma masa kecil. pic.twitter.com/KaupIyYcEr

30/03/2018 21:44:18 WIB
Anna'E Abah Ali @MonologeLLy_318

@xkopfkinox 😭😭 Dulu waktu kelas 1 SD tahun 92,sekolahku ngadain nobar film Ari Hanggara ke bioskop di Anyer dan aku nangis.. dan rasa tangisnya masih kerasa sampe saat ini..😭😭

24/11/2018 08:41:40 WIB
ra🌷 @itsyagurls

@xkopfkinox Ya Allah ini dulu nonton filmnya dan ternyata sesuai banget yaa, merinding masa, sedih Ya Allah

23/11/2018 00:37:51 WIB
A | L @valhallaen

@itsyagurls Iyaa, memang filmnya dibuat semirip mungkin dgn kejadian nyata. Filmnya meledak, sukses, tapi ibu Dahlia Nasution selaku ibu Arie agaknya merasa keberatan karena penderitaan anaknya dikomersilkan.

23/11/2018 00:42:03 WIB
ra🌷 @itsyagurls

@xkopfkinox hmm make sense, selain karena di komersilkan mungkin itu jadi trauma juga buat beliau, ini kan penyiksaan anaknya sejak timggal sama mantan suami dan istri barunya, dan parahnya sampe meninggal, si filmkan pasti malah jadi ngebuka luka beliau, Ya Allah merinding mulu perasaan

23/11/2018 01:08:54 WIB
A | L @valhallaen

@itsyagurls Mungkin beliau sendiri jg tidak habis pikir, kok bisa suaminya membunuh anak kandungnya sendiri. Saya yakin sih, baik ibu Dahlia, Machtino, Santi, dan 2 saudara Arie punya penyesalan di hati mereka.

23/11/2018 07:41:45 WIB
ra🌷 @itsyagurls

@xkopfkinox sumpah itu kasian banget, arie ga ngapa ngapain aja tetep salah, kek yang napas aja salah gitu astaghfirullah, semua kekesalan dia di limpahin ke arie semua, dan masih kecil banget, sedih banget pas liat adegan ibu kandungnya di akhir

23/11/2018 17:02:25 WIB
Gofar Hilman @pergijauh

Persekutan Duniawi @hardrockfm @lawless_jkt Lawless Burgerbar | Fadil: +62817702322

gofarhilman.com

Gofar Hilman @pergijauh

Andi, adik Arie itu temen gue, dia selalu bilang media lebay, ketika penasaran gue tanya kejadian sebenernya, temen gue gak mau jawab. Sejak itu gak pernah gue tanya lagi twitter.com/xkopfkinox/sta…

23/11/2018 18:50:19 WIB
mbek-X @mbek_X

@pergijauh Apa mungkin filmnya juga termasuk lebay ..? Kan filmnya dibuat juga dari riset jurnalis yang ada saat itu ..

23/11/2018 18:54:14 WIB
‎​ryan ★ aries @gothicRomantic

@pergijauh Kalo tanya temen lo itu kuburan alm. Kenapa ga diurus, bisa ga? Hehe

23/11/2018 23:25:21 WIB
Load Remaining (13)

Comment

No comments yet. Write yours!