0
tirto.id @TirtoID
"Kamu lelaki kan?" "Dan temanmu itu banci?" "Tahu enggak, kamu dosa?" Sambil menangis, Lisa dan Risa menyebut "Allah... Allah..." "Tidak ada Allah [untuk] kalian! Enggak usah sebut-sebut Allah! Kalian enggak pantas dilahirkan." tirto.id/daml

[…]

Tak ada yang bisa menghalau gerombolan ini bertindak beringas. Lisa dan Risa pun tak bisa melawan. Terlalu timpang secara kuantitas. Rambut Lisa yang memang panjang dipotong paksa. Selain dengan tangan kosong, pelaku juga memukul korban dengan besi kira-kira 50 sentimeter.

"Kejadian ini berlangsung sekitar satu jam," kata Nisa.

Nisa menduga mereka berasal dari ormas tertentu yang baru saja memperingati Maulid Nabi, tapi dia enggan menyebut ormas apa yang dimaksud kepada reporter Tirto.

Setelah puas melampiaskan nafsunya, gerombolan kembali ke tempat mereka menaruh motor. Pergi begitu saja dan tak merasa berdosa.

[…]

URL tirto.id Dua Transpuan Digebuki hingga Ditelanjangi di Malam Maulid Nabi - Tirto.ID Keduanya dikeroyok tanpa sebab tepat pada malam peringatan Maulid Nabi dan Transgender Day of Remembrance.
The Individual @Tjokroz
@TirtoID Dan orang2 biadab ini mengaku mewakili Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang...
Rhev ∞ @rhev_
@TirtoID Padahal atas izin dan kehendak Tuhan pula mereka lahir ke dunia. Terus mereka mau menentang Tuhan dengan berkata ‘nggak pantas dilahirkan’? Merasa punya hak menghakimi manusia lain yang dianggap pendosa dan lebih rendah dari mereka? Sejak kapan Asma’ul husna jadi milik manusia?
Fadjrin Hary @FadjrinRizRiz
@TirtoID tidak mendukung transpuan, transgender dan lainnya.. tapi juga sangat mengutuk mereka2 yang melakukan persekusi membawa nama tuhan..
Dewa Yasmine @DewaYasmin
@TirtoID Sesuci apa sih para manusia kejam itu? Kenapa tindakannya melebihi kuasa Tuhan,bukankah shrsnya mereka belajar memahami bahwa Hanya Tuhan yg berhak menghakimi umatNYA....klo toh konteksnya dakwah,itu hrs merangkul...bukan memukul..
urs @cakeoreokeju
@Tjokroz @TirtoID sejauh gue baca Alkitab (dan setau gue di Al-Quran pun kurang lebih sama) gapernah ada cara Tuhan atau nabi atau rasul kita mengubah org yg salah dan menyimpang dgn cara begitu.
urs @cakeoreokeju
@Tjokroz @TirtoID malah ada kisah seorg PSK yg arak warga, dan saat mau dirajam Yesus dateng dan bilang yg berhak melempar batu yaitu mereka yg tidak berdosa. akhirnya satu per satu org pada pergi dan PSK itu bertobat.
urs @cakeoreokeju
@Tjokroz @TirtoID agama kita semua sama2 ajarin yg baik kok, cuma dibutakan ego rasa diri sendiri yg paling benar.
Laily Fitry @MahameruLee

Muslima Feminist Theologian-in-training @ND_Grad, Columnist @jakpost @the_magdalene @conversationIDN, The head behind @NDFemTheo: "God also has R-H-M"

Laily Fitry @MahameruLee
#UtasBaru "Transjender & Tauhid": Berikut adl renungan saya menyoal pengeroyokan thd 2 transpuan di malam Maulid Nabi kemarin. 1 hal yg penting dr pengeroyokan itu adl para pelaku berteriak2 bahwa tdk ada Allah bagi transpuan & bahwa transpuan tak pantas u/ dilahirkan.
Laily Fitry @MahameruLee
Terdapat kontradiksi dlm teriakan tersebut: pernyataan 2 (transpuan tak pantas dilahirkan) scr langsung mengakui bahwa eksistensi transpuan adl hal alamiah, yg berarti juga merupakan hal yg berasal dari Tuhan adanya. Namun pernyataan 1 menyangkal bahwa Tuhan ada bersama mrk.
Laily Fitry @MahameruLee
Dg kata lain, scr langsung para penyerang itu menyatakan bahwa Tuhan telah 'bersalah' krn Ia telah menciptakan transpuan & membiarkan transpuan terlahir ke dunia. Ucapan yg ironis mengingat mrk memukuli kedua transpuan itu atas nama Tuhan yg telah mereka persalahkan.
Laily Fitry @MahameruLee
Peristiwa pemukulan & teriakan2 tersebut merupakan contoh terbaru dr kesenjangan kognitif (cognitive dissonance) yg akhir2 ini byk ditampakkan oleh kelompok2 Muslim Indonesia yg suka marah2.
Laily Fitry @MahameruLee
Kesenjangan kognitif muncul ketika seseorang memiliki 2/lebih prinsip berbeda yg ia yakini dlm kepalanya, sehingga prinsip2 itu bertabrakan satu sama lain & menghasilkan prilaku gegabah & reaksioner yg seringkali menyakitkan org lain.
Laily Fitry @MahameruLee
Dlm kasus pemukulan transpuan tsb, para pelaku berpegang kpd prinsip keimanan/tauhid thd Allah, sekaligus kpd prinsip kebenaran diri sendiri & kelompok. Kedua prinsip itu bertentangan satu sama lain & menghasilkan kesakitan bagi org lain yg dlm hal ini adl kedua transpuan itu.
Laily Fitry @MahameruLee
Bagaimana bisa prinsip Tauhid thd Allah bertentangan dg prinsip kebenaran diri sendiri & kelompok? Dlm teologi Islam, 'Tauhid' bermakna Ketuhanan yg Tunggal di mana Ia tak bisa disamakan dg apapun/siapapun. Prinsip ini tdk hanya hrs dipegang teguh melainkan juga hrs dipraktekkan.
Laily Fitry @MahameruLee
Dlm prakteknya, Tauhid berarti tdk menaruh apapun/siapapun dlm posisi di atas posisi kemanusiaan, termasuk diri kita sendiri. Tauhid bermakna bahwa seluruh manusia berada dlm derajat kemanusiaan yg sama. Tauhid berarti prinsip egalitarian sejati.
Laily Fitry @MahameruLee
Kalaupun konsep Tauhid mendeskripsikan adanya perbedaan diantara manusia, maka perbedaan itu adl Taqwa, dimana yg bisa dan patut menghakimi standar Taqwa ini hanya Sang Esa, Allah SWT.
Laily Fitry @MahameruLee
berTauhid brarti tdk menghakimi org lain krn 'menghakimi' brarti menempatkan diri kita di atas derajat manusia lainnya. Tndakan menghakimi adl prilaku syirik yg jelas dlm al-Qur'an tdk akan diampuni oleh-Nya. Tauhid brarti bahwa semua dri kita sama jauhnya dari Kebenaran Sejati.
Laily Fitry @MahameruLee
Inilah mengapa 'tauhid' yg dipamerkan oleh para pemukul transpuan tersebut menghasilkan kekerasan, penderitaan, & kesedihan, & tidak menghasilkan kasih-sayang & kebahagiaan. Karena 'tauhid' mrka adl bentuk penuhanan terhadap diri sendiri & kelompok, bukan penuhanan thd Allah SWT.
Laily Fitry @MahameruLee
Duka mendalam sy bagi saudara-saudari transjender kita. Kesamaan derajat seluruh manusia tanpa membedakan kelamin, agama, jender, ras, klas sosial-ekonomi, dll, adl ekspresi Tauhid yg sebenarnya. Karena Kebenaran hanya milik Allah adanya. (L, Notre Dame, 2018).
Load Remaining (17)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.