0

Hercules Rosario Marshal ditangkap lagi. Hercules kini dijerat dengan sangkaan pidana atas penyerangan dan penguasaan lahan di Kalideres, Jakarta Barat.

Hercules dulu pernah ditangkap pada 8 Maret 2013. Penangkapan saat itu terkait laporan kasus pemerasan di Kembangan, Jakbar.

Kemudian pada 3 Agustus 2013, Hercules kembali ditangkap setelah keluar dari tahanan. Hercules saat itu ditangkap tim pemburu preman Polres Jakbar dengan surat penangkapan baru.

Terkait kasus pemerasan itu, Hercules divonis 3 tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat. Vonis saat itu terkait dengan kasus pencucian uang hasil pemerasan.

Hingga akhirnya Hercules ditangkap di kediamannya di Kembangan siang tadi. Kali ini Hercules ditangkap dalam pengembangan penyidikan penguasaan lahan di Kalideres.

Polisi menetapkan Hercules sebagai tersangka dalam kasus pendudukan lahan ruko milik PT Nila Alam di Kalideres, Jakarta Barat. Hercules saat ini diperiksa polisi setelah ditangkap di kediamannya di Kembangan.

URL nasional Rekam Jejak Hercules, Tokoh Timor yang 'Besar' di Tanah Abang Hercules yang baru menjadi tersangka perusakan pernah dikenal sebagai tokoh perjuangan pro NKRI di Timor Timur sebelum sempat terjun 'dunia hitam' di Jakarta.
Pop'KoЯn @KoRnHurry
Polisi menangkap Hercules Rosario Marshal diduga terkait kasus pendudukan tanah di Kalideres oleh puluhan preman. Hercules saat ini dibawa ke Polres Jakbar. Katanya udah tobat?? news.detik.com/berita/d-43109… twitter.com/detikcom/statu…

Bernama lengkap Hercules Rosario Marshal. Ia seorang pejuang yang pro terhadap NKRI ketika terjadi ketegangan Timor-timur sebelum akhirnya merdeka pada tahun 1999. Sosoknya yang berkarisma hingga Hercules dipercaya pasukan TNI, di konflik Timor-timur kala itu, memegang logistik oleh KOPASUS dalam operasi di Tim-tim.

Kesetiaan Hercules saat membantu Kopassus dikisahkan mantan perwira Kopassus Kolonel (Purn) Gatot Purwanto. "Dia bergabung membantu Kopassus sekitar tahun 1983 di Flamboyan, bekas hotel di Baucau yang dijadikan markas Kopassus," kata Gatot saat berbincang dengan Tempo, Jumat, 15 Maret 2013, di lobi Hotel Melawai, Jakarta.

Dalam operasi di Tim-tim itu, Hercules tertimpa nasib yang kurang beruntung hingga berakibat pada kondisi fisik dan penampilannya. Mata kanannya cacat dan begitu juga tangan kanannya, hilang hingga siku. Musibah yang dialaminya di Tim-tim kala membuatnya harus dirawat intensif di RSPAD Jakarta hingga pulih.

URL Tempo Hercules Punya Jasa kepada Kopassus Polah Hercules di Timor Timur saat membantu Kopassus dikisahkan mantan perwira Kopassus Kolonel (Purn) Gatot Purwanto.
P. Putra Anggara @Perdana_anggara
Just info : hercules ini bekas anggota bantuan militer waktu masa krisis di Timor timur dulu. Dia pindah ke jakarta dan jadi preman

Saat pulih, petualangannya di ibukota Jakarta pun dimulai. Pengakuan Hercules, dirinya masuk ke Jakarta sekitar tahun 1987. Awalnya Hercules berkecimpung di Hankam Seroja yang menampung dan memberdayakan penyandang cacat seperti dirinya yang mendapat luka cacat dalam Operasi Seroja di Timor-timur.

Di Hankam Seroja, ia mendapatkan pelatihan keterampilan. “Saat itu saya sudah main ke Tanah Abang dan setelah selesai di Hankam, saya ke Tanah Abang lagi. Saya merebut daerah hitam dan di situ pertarungan sengit. Hampir tiap malam ada orang mati,” kata Hercules.

Geraldus Elvatino @0721wear
taun 87 Hercules dpt penghargaan Seroja dari pemerintah. trs dia ikut hankam seroja dpt pelatihan orng cacat, dulu dia diajarin nge bengkel
asnawi @Bang_Petoy
Hercules masuk di Hankam Seroja penyandang cacat saat dirinya mendapatkan luka di bagian tangan dalam Operasi Seroja

Bersama teman-temannya dari Timor Timur, Hercules mulai membangun daerah kekuasannya di Tanah Abang. Dari kelompok kecil, hingga Hercules membawahi sekitar 17.000 orang ‘pasukannya’ yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.

Dan dari situlah perjalanan hidupnya menjadi Hercules yang di kenal sampai sekarang, ia jalani. Hidup di Jakarta tepatnya di daerah Tanah Abang yang terkenal dengan daerah ‘Lembah Hitam’, seperti diungkapkan Hercules daerah itu disebutnya sebagai daerah yang tak bertuan, bahkan setiap malamnya kerap terjadi pembacokan dan perkelahian antar preman.

Hampir setiap malam pertarungan demi pertarungan harus dia hadapi. “Waktu itu saya masih tidur di kolong-kolong jembatan. Tidur ngak bisa tenang. Pedang selalu menempel di badan. Mandi juga selalu bawa pedang. Sebab setiap saat musuh bisa menyerang,” ungkapnya

Ridho Ahmad @officialridho95
Hercules Rosario Marshal, pria Timor penguasa daerah 'Lembah Hitam' Tanah Abang pic.twitter.com/A2DmFyKs40
Expand pic

Nama Hercules Rozario Marshall memiliki tempat istimewa bagi Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

Mengutip dari wawancara yang dilakukan detik.com pada 2012 silam, Hercules mengatakan merasa dekat secara emosional dengan Prabowo terkait Operasi Seroja di Timor Timur. Operasi Seroja untuk menarik Timor Timur ke dalam bagian Indonesia itu berlangsung lebih dari delapan bulan (Desember 1975-Juli 1976).

Dalam operasi militer di Timor itu, Prabowo yang masih berusia 26 bertugas sebagai Komandan Pleton Grup I Para Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha).

Namun, tidak hanya kepada Prabowo saja, Hercules pun mengaku dekat dengan orang-orang yang sama-sama berjuang di Timor Timur.

Kampret Militan @hacked__army
@JalalHusin @lembah_pribumi @Garuda501 @CondetWarrior @dulatips @BoengParno Hercules sangat terkenal di Tanah Abang, Jakarta. Hercules dikenal sebagai preman penguasa Tanah Abang. Hercules adalah raja jalanan yang pernah malang melintang di dunia hitam di ibu kota, news.moslemcommunity.net/2018/01/mantan…
Anak Indonesia @BataonaJoe
@KoRnHurry Hercules "Mualaf" Rosario Marsal adlh salah satu dr sekian banyak Pimpinan Milisi Sipil Didikan Mayor Prabowo. Hercules dibina utk berperang dgn dan membunuh saudaranya sendiri Rakyat Timor Leste dlm Operasi Seroja..!!
Anak Indonesia @BataonaJoe
@TheArieAir Ada genosida atas perintah Mayor Prabowo saat Operasi Seroja Timor Leste yg di kenal dgn Peristiwa SantaCruz Dili. Hal ini menyebabkan Australia memprakarsai Team UNAMET PBB yg mendorong kemerdekaan Negara tsb.!! Pelanggaran HAM Internasional..!!
asnawi @Bang_Petoy
Tanah Abang yang terkenal dengan daerah 'Lembah Hitam', seperti diungkapkan Hercules daerah itu disebutnya sebagai daerah yang tak bertuan,

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.