0

Jakarta - Prabowo Subianto berbicara soal jalur karier pemuda yang sedang tren saat ini. Ia menyoroti banyaknya pemuda yang setelah lulus SMA memilih berkarier menjadi sopir ojek.

Dalam Indonesia Economic Forum 2018, Prabowo berpidato dengan bahasa Inggris. Ia berbicara tentang berbagai hal, termasuk mengemukakan data soal Indonesia.

"Saya harap, saya tidak ingin melukai perasaan siapa pun, tetapi ini sifat pemimpin politik, semua yang kami katakan dapat digunakan untuk melawan kami," kata Prabowo di Shangri-La Hotel, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Prabowo lalu menyimpulkan pidatonya dengan kenyataan saat ini yang tergambar lewat meme. Melalui power point, ia menunjukkan meme gambar 4 penutup kepala, yakni SD-SMP-SMP kemudian helm berwarna hijau.

"Yang paling di sebelah kanan adalah topi SD, setelah ia lulus, ia pergi ke SMP, setelah ia lulus, ia pergi ke SMA, dan setelah lulus dari SMA, ia menjadi pengemudi ojek. Sedih, tetapi ini kenyataan," sebut Prabowo.

Hal-hal semacam itulah yang membuat eks Danjen Kopassus tersebut ingin membawa perubahan bagi Indonesia. Prabowo ingin pemuda Indonesia memiliki karier yang bagus.

"Ini adalah gairah saya, ini adalah dorongan batin saya, saya tidak merasa bahagia. Saya ingin pemuda Indonesia untuk menjadi pengusaha, insinyur, pilot," sebutnya.

"Juga memiliki restoran sendiri dan tidak menjadi pelayan di restoran, juga memiliki kafe sendiri, juga perusahaan sendiri, juga memiliki pertanian, dan tidak hanya menjadi kuli, itulah yang mendorong saya. Terima kasih banyak," tambah Prabowo

sumber:
https://news.detik.com/berita/4311141/prabowo-miris-dengan-karir-pemuda-kini-lulus-sma-jadi-sopir-ojek

Jakarta, IDN Times - Calon presiden Prabowo Subianto mengaku geram dengan beredarnya gambar meme yang terkesan merendahkan perjalanan karir seorang anak muda Indonesia, yang harus menjadi sopir ojek online setelah lulus dari bangku sekolah.

Meskipun, hal tersebut merupakan fenomena nyata yang harus dijalankan oleh anak muda Indonesia, karena sulitnya mendapatkan pekerjaan dan mahalnya biaya pendidikan di perguruan tinggi.

"Saya ingin mengakhiri presentasi ini dengan realita yang sedih namun juga kejam. Ini adalah meme yang sedang tersebar di internet. Jalur karir seorang anak muda Indonesia. Yang paling kanan adalah topi sekolah dasar, topi sekolah menengah pertama, dan setelah dia lulus dari sekolah menengah atas, dia menjadi sopir ojek, ini adalah realita yang kejam," kata Prabowo saat menjadi pembicara di Indonesia Economic Forum (IEF) yang berlangsung di Hotel Shangrilla, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Lalu apa komitmen Prabowo untuk karier anak muda Indonesia?

  1. Prabowo tidak bahagia dengan jalur karir anak muda Indonesia jadi sopir ojek online

Prabowo menjelaskan, atas dasar fenomena tersebut maka dirinya akan berjuang sebaik mungkin untuk menciptakan dan membuka pintu peluang usaha, dan lapangan pekerjaan seluas-luasnya untuk rakyat Indonesia.

Capres nomor urut 02 itu juga berjanji akan meningkatkan kualitas hidup dan pendidikan anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pekerjaan yang jauh lebih baik.

Prabowo mengaku tidak bahagia dengan jalur karir anak muda Indonesia seperti yang ada dalam meme tersebut.

"Ini yang menjadi pendorong di dalam diri saya untuk menyejahterakan anak-anak Indonesia. Saya tidak merasa bahagia dengan jalur karir seperti ini. Saya ingin pemuda Indonesia menjadi pengusaha, menjadi orang teknik, menjadi pilot, untuk mempunyai kafe, perusahaan, perkebunan, bukan hanya menjadi kuli di negara sendiri. Inilah yang mendorong saya," imbuhnya.

  1. Meme karier anak muda Indonesia fakta kehidupan
    Dalam kesempatan tersebut, seorang audiens bernama Farid yang berasal dari Sumbawa, NTB, mengakui bahwa meme tersebut merupakan fakta kehidupan yang terjadi di Indonesia. Bahkan di daerah asalnya dan di wilayah timur Indonesia, ruang-ruang pelatihan UMKM agak sulit dilakukan lantaran terbentur dengan regulasi yang ada.

Ia berharap, anak-anak muda di wilayah timur Indonesia bisa menjadi seorang wiraswasta untuk mengangkat derajat perekonomian keluarganya, untuk menjalankan kehidupan yang lebih baik.

"Di daerah timur tidak sama di Jawa, di sana untuk mendapatkan ruang pelatihan dan sebagainya itu agak susah. Lalu jika Pak Prabowo terpilih memenangkan Pilpres 2019, kami membutuhkan bantuan Bapak untuk mengembangkan kami yang ada di timur, untuk memotong gambar terakhir di presentasi helm untuk menjadi wirausaha," ungkap Farid.

  1. Prabowo-Sandiaga komitmen ciptakan pemerataan kesejahteraan

Mendengar pernyataan tersebut, Prabowo pun menjawab dia bersama Sandiaga Salahuddin Uno akan fokus berjuang untuk menciptakan pemerataan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, termasuk masyarakat yang berada di timur Indonesia.

Ia tidak ingin meme dan fakta perjalanan karir anak muda Indonesia tersebut menjadi langgeng.

"Ya saya kira Anda bisa memperhatikan bahwa itu memang fokus perjuangan kami. Justru kami tidak ingin gambar terakhir langgeng, kita ingin hilangkan gambar itu, maka itu kita harus punya pengelolaan ekonomi yang bagus," jelas Prabowo.

Dia menambahkan, "kita harus punya pemerintahan yang bersih supaya tidak ada kebocoran, atau kebocorannya bisa dikurangi. Dengan demikian, uang itu bisa kita salurkan ke pemberdayaan rakyat."

"Itu adalah komitmen bagi kami untuk mengurangi kebocoran yang terjadi dalam ekonomi kita ini," dia melanjutkan.

  1. Prabowo: kesenjangan ekstrem masih jadi tantangan

Lebih lanjut, Prabowo Subianto menyampaikan, kesenjangan ekstrem masih jadi tantangan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

β€œSalah satu masalah yang tengah kita hadapi adalah kesenjangan ekstrem. Di Indonesia, satu persen populasi menguasai 45,5 persen kekayaan dan sumber daya,” kata Prabowo.

  1. Prabowo sebut Indonesia negara keempat dengan tingkat kesenjangan tertinggi di dunia
    Pada kesempatan ini, Prabowo menuturkan, menempatkan Indonesia sebagai negara keempat dengan tingkat kesenjangan tertinggi dunia. Kesenjangan tinggi, kata dia, dibuktikan dengan beberapa indikator, di antaranya rendahnya tingkat literasi, tingginya kasus stunting, dan minim akses ke air bersih.

β€œDibandingkan dengan negara-negara tetangga di Asia Tenggara, Indonesia menempati urutan ke-113 dari 188 negara dalam hal Indeks Pembangunan Manusia (IPM/HDI),” pungkas Prabowo.

IPM merupakan indikator pembangunan yang menghubungkan pertumbuhan ekonomi dengan kualitas hidup. Indikator yang diukur dalam IPM tidak hanya Produk Domestik Bruto (PDB), tetapi tingkat harapan hidup, tingkat pendidikan, dan akses publik terhadap air bersih

sumber:
https://www.idntimes.com/news/indonesia/irfanfathurohman/meme-anak-muda-jadi-sopir-ojek-online-prabowo-saya-tidak-bahagia/full

🏍 Gojek ↔ Grab 🏍 @kejO_Online
Emang sih.. supir ojol dipandang sebelah mata, tapi ada perasaan yang bangga dan merasa hebat saat ada orang tua yang percayakan anaknya naik gojek sambil bilang, "Mas titip anak saya ya." Pas bisa sampe dengan selamat dan turunin tuh anak ngerasa aja gua jadi pribadi penting.
🏍 Gojek ↔ Grab 🏍 @kejO_Online
Atau, saat bumil bilang, "Mas pelan-pelan ya saya lagi hamil." Pas turunin tuh penumpang dan dia bilang makasih aja berasa kaya terbang ke langit, mungkin dianggap lebay, tapi gua bener merasa hebat dan bangga kok ketika mampu mengerjakan dengan baik hal yang dianggap sepele.
🏍 Gojek ↔ Grab 🏍 @kejO_Online
Kalau dibilang sepele ya emang mungkin emang sepele karena cuman bisa narik gas sama rem kalau dibandingin sama mereka yang bisa ngerjain pekerjaan yang hebat, kadang pengen juga sih balik kantor, cuman untuk saat ini gua bersyukur atas pekerjaan yang dipercayakan ke gua ini.
B E R S E R I @aisberseri
@kejO_Online Mboncengin Cs dengan hati2 banget.Ada polisi tidur gimana supaya enggak mental.Sampai2 rela kita duduk paling ujung "jok" biar Si cs leluasa.
ultras gadungan @chocolotos13_
@kejO_Online Sering bgt dpt ibu hamil dan bilang kaya gini :) Selesai ngaterin, " mas makasih ya, udah hati2 bawa motornya. Nnti tips nya di gopay ya " dan gua bilang makasih yaa mbak :)
gojek helm satu @GojekinOm
@kejO_Online pernah jg dpt ibu muda hamil anak pertama, pas jemput dia bilang, "pak sy hamil.." njirr gw kaget..lgsg ge becandain, "perasaan baru ketemu mba, kok lgsg hamil?" Ketawa doi sambil tepuk bahu, "bisa aja, sama suami sy lah pak. Mksd sy nanti jalannya pelan2.."
🏍 Gojek ↔ Grab 🏍 @kejO_Online
Atau saat ada yang kirim gosend bunga sama surat ke pacarnya pas Valentine, pas kita sampein ngeliat tuh cewe senyum masam mukanya merah aja itu jadi kebanggaan tersendiri sambil ikut bahagia karena jadi perpanjangan tangan si cowok.
G on @driverganjil
@kejO_Online Kmren gw bawa bumil, mobil gw bawa pelan. Bumil nlp suaminya *yah cepet pulang ya.klo bisa pulang skrng perut dari pagi mules2 terus. Serasa gimana gw tuh. Mana bumilnya meringis2 mulu. Gw udah search igd aj tuh di map
🏍 Gojek ↔ Grab 🏍 @kejO_Online
Jadi jangan malu sama pekerjaan kalian teman2 sebagai driver ojol, kalian banyak membantu orang kok, nanti kalau udah dapat pekerjaan lain yang lebih baik boleh lah pindah supaya ga dibilang masa ujungnya cuman jadi ojek online.
🏍 Gojek ↔ Grab 🏍 @kejO_Online
tapi ingat, minimal ojek online pernah bantu perjalanan hidup kalian saat kalian ada dibawah, jadi tau rasanya susah pas sukses nanti. Berat memang kalau hidup tidak pernah ada dibawah tapi berbicara seperti pernah ada dibawah. Selamat istirahat pejuang.
Enter Wind @kurniaven
@kejO_Online Ini nih yg sering gue alamin. Bawa motor pelan banget, sampe di klakson2. Cuma gue bodoamat, karena gue bawa 2 nyawa. Pas CS turun sambil balikin helm dan bilang terima kasih sambil senyum, itu tuh cape seharian langsung ilang πŸ˜‚
D @achmaddony
@kejO_Online pernah bawa ibu hamil... minta gas poll bang ini anak ke 4 saya dah biasa... tenang ajah klo brojol tinggal ke rs terdekat bang... tapi tetep ajah maksimal 40 km dan poldul pelan2.
12 jam tupo @akun_12jamtupo
@ays_saputra @kejO_Online Di ujung jok mpe kita selalu salau tingkah karena saking pedesna tuch ujung jok... Dan gw merasa gak enak klw minta tolong cs untuk sedikit ke belakang karena mang dah mentok banget duduknya 😁😁😁
Papa Eko (Gojek Go-Ride) 🌹🌹 @RiderPetualAng
@bro_toro @kejO_Online @ays_saputra Laaah masih mending, saya motor batangan. Kalo duduk terlalu maju, mentok ke "batangnya". Sakitnya gak ketulungan πŸ˜”
B E R S E R I @aisberseri
@RiderPetualang @bro_toro @kejO_Online Gw mau inisiatif ,nambahin busa jok.Biar kaga pedes di pantat. β™Ώ
Papa Eko (Gojek Go-Ride) 🌹🌹 @RiderPetualAng
@kejO_Online Betul mas bro. Saya pernah bawa anak SMP yg berkebutuhan khusus. Ibunya bilang "Mas, jagain anak saya yaaa...". Pas sampe rumahnya, tuh anak dipeluk erat sama ibunya. Mau nangis tapi jiwa lelaki mengatakan harus tetap menahan air mata... πŸ˜”
Lodewijk Alexander @lodehwijk
@kejO_Online Dr gojek gw bs menghargai hal2 kecil sih...spt betapa berharganya uang 8000 perak. Atau bertemu customer2 dgn berbagai latar blkg,karakter manusia. Bodo amat gw sih org mandang sebelah ojol haha. Proud to be ojol. Lebih proud lg kalau tarifnya naek wkwkw~
Den~ @DenCybr
@kejO_Online Cerita barusan, udah sampai rumah,ada orderan gofood masuk & CS pun ngechat : " Mas jangan dicancel, tolong beliin makanan sesuai di aplikasi & nitip beliin susu bayi,anak sy nangis terus " coba apa tega ngencel? Itulah kenapa ojol jg bisa jd ladang pahala buat kita. Hebat kan! pic.twitter.com/IqMtWeh5JV
Expand pic
Bassa69 @Bassa47924701
@chocolotos13_ @kejO_Online maaf bg ane grab...kalo tip lwt gopay gimana tuh bg !? he he
ultras gadungan @chocolotos13_
@Bassa47924701 @kejO_Online Ngasih tipsnya pake gopay, masuknya langsung ke deposit bang :)
NtΓ  @AdiknyaKakak05
@RiderPetualang @kejO_Online Trimakasih pakde.. Ponakan aku pun (tuli) pernah heboh ga brenti crita btp happy nya kk numpak ojol. Saat plg sekolah sang mama ikuti dgn naik ojek langganan. Dia pelajari bgmn order. Aq sll ajarkan dia say thanks, &dia lakukan ke driver. Maturnuwun, limpah berkah utk oom/onty
Load Remaining (23)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.