Analisa Dua Sisi Berbeda Versi Netizen Maksud Dari Pernyataan Prabowo yang Dianggap Merendahkan Profesi Ojek

Prabowo Miris dengan Karier Pemuda Kini: Lulus SMA Jadi Sopir Ojek
1

Prabowo Miris dengan Karier Pemuda Kini: Lulus SMA Jadi Sopir Ojek

Sumber: detik.com

Jakarta - Prabowo Subianto berbicara soal jalur karier pemuda yang sedang tren saat ini. Ia menyoroti banyaknya pemuda yang setelah lulus SMA memilih berkarier menjadi sopir ojek.

Dalam Indonesia Economic Forum 2018, Prabowo berpidato dengan bahasa Inggris. Ia berbicara tentang berbagai hal, termasuk mengemukakan data soal Indonesia.

"Saya harap, saya tidak ingin melukai perasaan siapa pun, tetapi ini sifat pemimpin politik, semua yang kami katakan dapat digunakan untuk melawan kami," kata Prabowo di Shangri-La Hotel, Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Prabowo lalu menyimpulkan pidatonya dengan kenyataan saat ini yang tergambar lewat meme. Melalui power point, ia menunjukkan meme gambar 4 penutup kepala, yakni SD-SMP-SMP kemudian helm berwarna hijau.

"Yang paling di sebelah kanan adalah topi SD, setelah ia lulus, ia pergi ke SMP, setelah ia lulus, ia pergi ke SMA, dan setelah lulus dari SMA, ia menjadi pengemudi ojek. Sedih, tetapi ini kenyataan," sebut Prabowo.

Hal-hal semacam itulah yang membuat eks Danjen Kopassus tersebut ingin membawa perubahan bagi Indonesia. Prabowo ingin pemuda Indonesia memiliki karier yang bagus.

"Ini adalah gairah saya, ini adalah dorongan batin saya, saya tidak merasa bahagia. Saya ingin pemuda Indonesia untuk menjadi pengusaha, insinyur, pilot," sebutnya.

"Juga memiliki restoran sendiri dan tidak menjadi pelayan di restoran, juga memiliki kafe sendiri, juga perusahaan sendiri, juga memiliki pertanian, dan tidak hanya menjadi kuli, itulah yang mendorong saya. Terima kasih banyak," tambah Prabowo.

URL detiknews Prabowo Miris dengan Karier Pemuda Kini: Lulus SMA Jadi Sopir Ojek Prabowo Subianto berbicara soal jalur karier pemuda yang sedang tren saat ini. Ia menyoroti banyaknya pemuda yang setelah lulus SMA memilih menjadi sopir ojek. 18892
IG: HabibThink @habibthink

Memangnya kenapa kalau jadi tukang ojek? Kenapa miris?? Saya khawatir tukang ojek banyak yang tersinggung dengan ucapan Prabowo. pic.twitter.com/RVs0INzQlb

21/11/2018 20:31:52 WIB
Expand pic
plletak plletuk @14Maman

@habibthink Masalahnya dimana yah kalau jdi sopir ojek, kan berguna juga untuk para customer .. sangat memudahkan loh.. jemput depan rumah nganter pun sampai depan rmh / titik tujuan dgn akurat..

21/11/2018 23:24:46 WIB
#JastipDHKH #ButuhDriver @GojekinOm

@14Maman @habibthink klo mnrt gw sih, Prabowo itu ga mksd menjelekkan pekerjaan ojek. Tau ndiri Prabowo klo ngemeng suka ga tertata dgn baik. Itu yg akhirnya bikin misspersepsi di netijen

22/11/2018 00:07:10 WIB
*SPARTAN* @jumainali

@omnakalaja_ @14Maman @habibthink Maklum, doi belum tahu ceritanya banyak kawan ojol yg bisa kelar kuliahnya dgn biayain sendiri dari ngojol, bahkan temenku hari minggu kemarin mampir kerumah, singkat cerita doi sdh jd HRD diperusahaan multi nasional, eh msh sambil ngojol, doi gabisa lupain perjalananya smp skrg.

22/11/2018 01:15:39 WIB
Nabil @failedword

@habibthink Wah wah, saya gojek sambil kuliah aja alhamdulillah bisa nolong biaya bulanan, gak minta orang tua

21/11/2018 20:56:47 WIB
gubernur Bali garis lucu @manksiang77

@tempodotco Jangan liat profesinya tp liatlah revenuenya, sy spv tp gaji sy 5jt teman sy ojek daring tp revenuenya 6 sampai 7jt/bln... Janganlah terlalu merendahkan profesi orang pak, cukup fokus pd program kerja anda. STOP DRAMA!!!

21/11/2018 20:25:15 WIB
#KamiRakyatKamiOposisi @pasukanfatahila

@tempodotco Para cebongers di sini memang susah kalau diajak berpikiran maju, beliau sedih masa muda generasi muda negeri ini hanya untuk jadi tukang ojek, seharusnya pemerintah bisa membuat mereka lebih maju, bukan hanya menjadi tukang ojek

21/11/2018 21:02:08 WIB
Kamal Arif™ @beckhamal

@pasukanfatahila @tempodotco Kerja ngojek itu halal, ga usah diomongin, yg aneh itu kerja demo, sampe berjilid2 lagi. Gada demo ya ga kerja. Itu yg harus dikasihani.

22/11/2018 08:01:51 WIB
#KamiRakyatKamiOposisi @pasukanfatahila

@beckhamal @tempodotco Masalahnya bukan halal ga halal bro... Sayang aja otak anak2 muda yg potensi untuk berpikir kreatif cuma dipake buat ngojek doang...

22/11/2018 08:11:26 WIB
桜です! @caramachi12

@pasukanfatahila @beckhamal @tempodotco Lho bukannya mereka yg memilih sendiri untuk jadi tukang ojek ya? Selama masih halal ya jgn pilih² kerjaan lah. Segitu hinanya kah pekerjaan menjadi tukang ojek?

22/11/2018 08:48:45 WIB
Fadhilsyah @Farrrdhilsyah

Konteks statement prabowo bukan mengejek profesi ojek. Tapi lihat esensi jauhnya, coba tanya para ojol apa cita cita mereka sesungguhnya, kayanya cita citanya bukan jadi ojol. Itu maksud esensinya. @satriohendri @BurhanMuhtadi

21/11/2018 21:47:46 WIB
Eko Budi Santoso @eko100213

@brammanto @Ayaniulva @rizalkuddah @SayapGaruda08 @Kupreter Emang siapa yang menghina, maksud perkataan Prabowo.. raihlah cita cita kamu setinggi apapun, misal dokter, Professor, itu paham kan kamu.. kamu kalau denger anak kamu cita citanya jadi tukang ojek, apakah kamu langsung mengiyakan..

21/11/2018 19:22:48 WIB
ςερτiαη @boeriec

@detikcom Pointnya adalah lulusan SMA harus kaya mimpi dan pilihan, dan tugas pemerintah untuk menyiapkan pilihan2 itu dgn misalnya terapkan biaya pendidikan yg berkualitas dan terjangkau. Sopir ojek itu bkn profesi hina, tapi bukan juga cita2.

21/11/2018 21:55:19 WIB
MangkokAyam @Bung_Handy

@HusinShihab @P3nj3l4j4h @prabowo @TolakBigotRI @qitmr @GagakNew @chicohakim @04Nakula @muannas_alaidid @GunRomli @Airin_NZ @yunartowijaya Dia gak tau kalo driver ojol semua motornya keren2 artinya kehidupan ekonomi dr hampir semua driver ojol ckp terjamin dan tercukupi kok, gak ada yg salah sama profesi ojek seharusnya Susah lah wowo dr muda udah hidup enak, jarang susah... Ky bgni jd mau jd presiden, emoh!!!

22/11/2018 00:19:20 WIB
solakhudin @solakhudin1

@VIVAcoid Suka sedih bila ada orang yg mendiskreditkan suatu profesi😥. Bukankah smua pekerjaan sama? Asalkan dilakukan dg benar (no tipu2, korupsi, merugikan org lain) maka penghasilannya halal.

21/11/2018 16:49:48 WIB
tambat tabiin @TTabiin

@Gerindra mungkin kosa kata yang bagus, prabowo sandi akan memuliakan anak2 muda dan tukang ojek untuk menjadi lebih baik lagi dan menjadi orang sukses#

21/11/2018 22:40:40 WIB
#CapresStandUpComedy @HusinShihab

Maaf pak @prabowo anda klu tdk merendahkan gak enak ya? Jgn mentang2 bpk anak org kaya & mantan mantu org no 1 di indo lalu anda seenaknya rendahkan kelompok/profesi org lain. Jgn spt itu, masih byk cara untuk menang Pak. Drpd jadi pejabat tapi korup msh lbh baik ngojek Pak! pic.twitter.com/KXHJlEO0UT

21/11/2018 22:18:58 WIB
Expand pic
ratya putra sanjaya @Teh_NKRI

@AgungRaspati @HusinShihab @prabowo @TolakBigotRI @qitmr @GagakNew @P3nj3l4j4h @chicohakim @04Nakula @muannas_alaidid @GunRomli @Airin_NZ @yunartowijaya Itu sudah merendahkan bos, yg kepingin jadi tukang ojek kan mereka sendiri misal ojol, mereka rela ngantri sampai ratusan org, sesudah jadi ojol mereka di omongin soal professi ojol...siapa yg ga neg coba

21/11/2018 22:30:50 WIB
UrangSani @SaniUrang

@Teh_NKRI @AgungRaspati @HusinShihab @prabowo @TolakBigotRI @qitmr @GagakNew @P3nj3l4j4h @chicohakim @04Nakula @muannas_alaidid @GunRomli @Airin_NZ @yunartowijaya Menurut saya bukan keinginan dr hati, Tapi keinginan keadaan karena minimnya lapangan pekerjaan yg sesuai dgn cita citanya. Masuk ojol karena untuk menutupi kebutuhan ekonomi agar bisa bertahan. Ya seperti saya jg. Dan bagus jg Prabowo berempati berarti dia ada perhatian.

21/11/2018 22:45:14 WIB
Hilik Ku Aink Lah✌ @kangsemproel

@Teh_NKRI @SaniUrang @AgungRaspati @HusinShihab @prabowo @TolakBigotRI @qitmr @GagakNew @P3nj3l4j4h @chicohakim @04Nakula @muannas_alaidid @GunRomli @Airin_NZ @yunartowijaya Cara berpikir kelian memang aneh. PS sedang mengungkap fakta bhw anak2 bangsa ini cuma kebagian yg "recehan"nya. Sementara lahan pekerjaan yg besarnya dikuasai orang asing dan aseng. Kita ini negara kaya, lebih kaya dari dubai dan Qatar. Ga shrsnya terjadi twitter.com/Teh_NKRI/statu…

22/11/2018 07:33:26 WIB
ratya putra sanjaya @Teh_NKRI

@kangsemproel @SaniUrang @AgungRaspati @HusinShihab @prabowo @TolakBigotRI @qitmr @GagakNew @P3nj3l4j4h @chicohakim @04Nakula @muannas_alaidid @GunRomli @Airin_NZ @yunartowijaya Lahan pekerjaan dikuasai asing karena efek dari 1965, yg strategis2 di berikan ke asing karena sudah "upeti terbesar dari Asia" lalu "asal bapak senang" yg di kelola asing untuk ORBA, orba dibantu blok timur dalam melengserkan Soekarno dulu bro

22/11/2018 07:50:07 WIB
badoey @arfar_pas

@Teh_NKRI @kangsemproel @SaniUrang @AgungRaspati @HusinShihab @prabowo @TolakBigotRI @qitmr @GagakNew @P3nj3l4j4h @chicohakim @04Nakula @muannas_alaidid @GunRomli @Airin_NZ @yunartowijaya anda ini pekok.apa gmna..yg pak prabowo maksud supaya anak muda bisa lebih tinggi pekerjaannya jgn mentok jadi tukang ojek..emang u doank yg jadi ojoll..w juga driver grab. gojek..u kira enak jadi ojol panas2san cma dpt recehan..

22/11/2018 08:14:19 WIB
Load Remaining (7)

Comment

No comments yet. Write yours!