0
Fadli Zon @fadlizon
1) Dikeluarkannya 54 bidang usaha dari daftar DNI (Daftar Negatif Investasi) oleh Pemerintah melalui Paket Kebijakan Ekonomi XVI sgt berbahaya krn memperbolehkan modal asing masuk ke bidang-bidang usaha yg selama ini digeluti UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah).
Fadli Zon @fadlizon
2) Sy menilai Pemerintah ‘grusa-grusu’ dlm merilis kebijakan. Mereka tak melakukan studi dan analisis yg mendalam atas bidang usaha yg hendak dideregulasi. Dan itu buruk sekali.
Fadli Zon @fadlizon
3) Misalnya, pembukaan jasa interkoneksi internet (NAP) bagi asing, ini kan berbahaya. Kedaulatan itu bukan hanya bermatra darat, laut dan udara, tapi juga digital.
Fadli Zon @fadlizon
4) Merujuk pernyataan sejumlah perkumpulan profesional telekomunikasi, NAP itu merupakan batas teritorial digital, alias cyber border. Jika bisnis ini bisa 100 persen dimiliki asing, ini sama saja dgn menyerahkan batas kedaulatan kita untuk dikelola orang asing.
Fadli Zon @fadlizon
5) Jadi, alih-alih merealisasikan janji kampanye melakukan buyback Indosat, Presiden @jokowi kini malah potensial sedang menyerahkan kedaulatan telekomunikasi kita kepada asing!
Fadli Zon @fadlizon
6) Selain itu, seharusnya sebelum mengeluarkan Paket Kebijakan Ekonomi XVI, Pemerintah sebaiknya mengevaluasi paket-paket kebijakan ekonomi sebelumnya, apkh berjalan atau tdk, lalu apa dampaknya bagi perekonomian, positif ataukah negatif.
Fadli Zon @fadlizon
7) Tapi kita tak pernah mendengar pemerintah melakukannya. Secara kuantitas, kebijakan deregulasi pemerintahan Presiden @jokowi ini ajaib. Bayangkan, dlm tiga tahun terakhir pemerintah telah merilis 16 paket kebijakan deregulasi.
Fadli Zon @fadlizon
8) Tanpa evaluasi. Padahal, dalam rentang 32 tahun, Orde Baru saja jumlah paket deregulasinya tak sampai sepuluh.
Fadli Zon @fadlizon
9) Alasan pemerintah bahwa revisi DNI ini akan mendorong aliran modal masuk, sehingga bisa membantu memperbaiki nilai tukar Rupiah, menurut sy tidak tepat.
Fadli Zon @fadlizon
10) Sebab, pemerintah telah mengabaikan potensi destruktif kebijakan ini terhadap UMKM, yg selama ini telah mnjd penyangga perekonomian nasional.
Fadli Zon @fadlizon
11) Sejak dulu investasi asing sebenarnya bukan hal yg aneh, apalagi tabu. Namun, investasi asing mestinya hanya diizinkan pd bidang-bidang yg memerlukan modal besar dan teknologi tinggi saja.
Fadli Zon @fadlizon
12) Tapi kenapa ini malah diizinkan masuk ke sektor UMKM? Apa gunanya investasi asing masuk jika ekonomi rakyat justru ambruk?!
Fadli Zon @fadlizon
13) Jangan lupa, secara statistik 93,4 persen usaha di Indonesia adlh berjenis usaha kecil. Pelakunya pada 2018 sebanyak 58,97 juta orang. Sektor inilah yg telah menyerap 97 persen tenaga kerja kita.
Fadli Zon @fadlizon
14) Jika bidang usaha UMKM boleh dimasuki investasi asing, pertumbuhan ekonomi nantinya pasti akan kian ekslusif, krn dikuasai para investor besar. Sementara, para investor relatif kecil, yaitu para pelaku ekonomi rakyat, akan kian terdesak.
Fadli Zon @fadlizon
15) Kita semua paham sejak Januari hingga Oktober, defisit perdagangan kita mencapai US$5,51 miliar. Neraca pembayaran kita jg defisit US$31,2 miliar. Masalah-masalah tsb perlu diatasi pemerintah. Namun cara mengatasinya tak bs instan, apalagi membahayakan perekonomian rakyat.
Fadli Zon @fadlizon
16) Pemerintah mestinya berpikir bgmn caranya agar UMKM dlm negeri yg jumlahnya sgt banyak tadi terlibat dlm memperbaiki neraca perdagangan dan pembayaran. Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah usaha mikro di Indonesia ada 58,91 juta unit, dan usaha kecil 59.260 unit.
Fadli Zon @fadlizon
17) Dari jumlah tadi, UMKM yg terhubung ke pasar ekspor jumlahnya ternyata masih kurang dari 5 persen. Selain itu, baru 3,79 juta pelaku UMKM, atau sekitar 6,4 persen saja, yg telah terhubung ke e-commerce.
Fadli Zon @fadlizon
18) Ini kan memprihatinkan. Mestinya persoalan-persoalan inilah yg dipecahkan pemerintah untuk memperbaiki kinerja ekspor.
Fadli Zon @fadlizon
19) Kan menggelikan, di mana-mana Presiden bicara ttg era Revolusi Industri 4.0, namun infrastruktur vital ekosistem digitalnya mau diserahkan pd asing, dan pasar UMKM-nya mau dibuka kepada asing. Bagi saya, itu sangat ironis.
Fadli Zon @fadlizon
20) Tanpa bantuan pemerintahpun UMKM kita sebenarnya sudah tumbuh dgn baik. Kontribusinya bagi PDB jg besar. Itu sebabnya, jika pemerintah tak bisa membantu UMKM, setidaknya mereka jangan sampai merugikan pelaku ekonomi rakyat dgn kebijakan-kebijakan kontraproduktif.
Fadli Zon @fadlizon
21) Insya Allah, jika Prabowo-Sandi menang, kebijakan-kebijakan pro-asing dan instan semacam itu akan kami koreksi.
Fadli Zon @fadlizon
22) Prabowo-Sandi akan melibatkan UMKM dan sektor ekonomi rakyat secara umum sbg bagian dari solusi untuk mengatasi masalah perekonomian kita. Dan caranya tentu saja bukan dgn merugikan atau membahayakan pelaku ekonomi rakyat.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.