1
Login and hide ads.

Pada tahun 1970 masyarakat Yogyakarta dikejutkan dengan kasus perkosaan Sumarijem atau yang biasa disebut Sum Kuning.

Sumarijem atau lebih dikenal dengan Sum Kuning adalah nama panggilan seorang gadis penjual telur dari Godean. Pada tahun 18 September 1970 ia diperkosa oleh anak seorang tokoh masyarakat (dan diduga juga oleh beberapa teman anak itu) di kota Yogyakarta.

URL Wikipedia 4 Sum Kuning Sumarijem atau lebih dikenal dengan Sum Kuning adalah nama panggilan seorang gadis penjual telur dari Godean. Pada tahun 18 September 1970 ia diperkosa oleh anak seorang tokoh masyarakat (dan diduga juga oleh beberapa teman anak itu) di kota Yogyakarta. K
Capres Abadi @P3nj3l4j4h
Tuips kita lihat² dlu yuk 7 Kasus besar yang hingga kini masih menjadi misteri, kasus² ini ada di masa Pemimpin yang mana anak keturunannya kini berusaha mengembalikan Kejayaan ortunya😊 Part I. "Pemerkosaan Sum Kuning pada tahun 1970" @PartaiSocmed pic.twitter.com/tzMgB5ra8P
Iman Brotoseno @imanbr
Kisah Sum Kuning yang menghebohkan pada jaman orba pic.twitter.com/iY4lo1Osyf
 Expand pic
Karebet @aguspurnomo444
@tukangpulas penjual telor yg di perkosa anak pejabat di yogyakata
kunto @kunkuntoto
@HistoriDunia tolong ceritakan ttg kasus sum kuning
Cerita Dunia @HistoriDunia
@kunkuntoto Sumarijem yang dikenal dengan "Sum Kuning". Beberapa pelaku diduga anak pejabat. (3/3)
kunto @kunkuntoto
@HistoriDunia kasus sum kuning terjadi d jogja kan? Anak siapakah yg d duga sbg pelaku?
BM @BoehariM
@P3nj3l4j4h @PartaiSocmed Sum kuning konon diperkosa secara massal oleh anak2 pejabat yg kebal hukum...
November Rain @zweetchild
@P3nj3l4j4h @PartaiSocmed Kasus Sum Kuning melibatkan org berpengaruh... Sebetul nya mudah sekali diungkap. Googling saja... Jejak digital tdk bs ditutupin.
Cerita Dunia @HistoriDunia
@kunkuntoto Entah, banyak referensi yg ada. Kasus ini juga pernah difilmkan, judulnya Perawan Desa atau Kembang Desa
kineforum DKJ @kineforum
Tidak hanya itu, film ini juga mengalami perubahan judul. Mulai dari Balada Sum Kuning ke Balada Sumirah, sampai akhirnya Perawan Desa.

Kronologis kejadian terjadi pada tanggal 21 September 1970, Sumarijem yang ketika itu sedang menunggu bus di pinggir jalan, tiba-tiba diseret masuk ke dalam mobil oleh beberapa orang pria. Di dalam mobil, Sum diberi Eter, Eter merupakan suatu senyawa organik yang mengandung gugus R-O-R, dengan R dapat berupa alkil maupun aril sehingga membuat Sum tak sadarkan diri.

Sum dibawa ke sebuah rumah di Klaten dan diperkosa bergiliran oleh para penculiknya.Setelah puas menyalurkan nafsu biadab, Sum ditinggal begitu saja di pinggir jalan. Gadis malang ini pun melapor ke polisi.

Sum Kuning yang baru saja pulih dari perawatan justru dibawa ke kantor polisi untuk diinterogasi. Dia dipaksa mengaku telah berbohong. Dia dianiaya dan diancam akan disetrum jika tidak menurut. Sum juga diminta untuk melucuti pakaiannya agar polisi bisa mencari tatoo palu arit di tubuhnya, karena Sum diduga anggota Gerwani yang berusaha memfitnah tokoh masyarakat.

Sum akhirnya diseret ke pengadilan atas tuduhan memberi laporan palsu dan menyebarkan fitnah. Jurnalis yang berusaha memuat berita yang sebenarnya pun diciduk aparat

URL Redaksi Indonesia | Jernih - Tajam - Mencerahkan 63 Kasus Sum Kuning : Saat Pelaku Perkosaan adalah Para Anak Pejabat Oleh : Aji Prasetyo 21 September 1970, sekelompok anak pejabat (bahkan konon salah satunya adalah anak mendiang jendral pahlawan revolusi) menyergap seorang gadis miskin penjual telur yang ditemui di tepi jalan, menyeretnya kedalam mobil, memperkosanya be
cah Klaten @cahklaten78
tahun 71 anak perawan sum kuning diperkosa oleh anak anak pejabat ,dia mlh dituduh dan jadi terdakwa hukum dak adil pic.twitter.com/ktgFquE5SK
 Expand pic
 Expand pic
tirto.id @TirtoID
Setelah diperkosa ramai-ramai, Sum Kuning diancam, dikriminalisasi, dan dituduh sebagai anggota Gerwani. Pemerkosanya tak tersentuh hukum hingga hari ini. tirto.id/cAa9
Siap, Komandan! ✌🏽 @KomandanMarkos
3. Kasus Sum Kuning Ini adalah kasus getir dan pahit dari seorang gadis muda bernama Sumarijem, gadis muda dari kelas bawah seorang penjual telur dari Godean Yogyakarta, yang diperkosa oleh segerombolan anak pejabat dan orang terpandang di kota Yogyakarta kala itu.
Siap, Komandan! ✌🏽 @KomandanMarkos
Kasus ini cukup pelik karena menurut Jendral Pur Hoegeng mantan Kapolri bahwa para pelaku pemerkosaan adalah anak-anak pejabat.
Pancasila Rumah Kita @baguscondromowo
,yg ditengarai masih kerabat penguasa setempat. Dimana yg kemudian yg diadili dan ditahan adalah Sum Kuning. Akhirnya dibebaskan tahun 1972.
thank u, next @hudagaga
Udah berkali-kali aku baca kisah Sum Kuning ini dan udah nonton filmnya. Jaman dulu kasus udah kabur, mau dibuka sekarang pun rekam jejak udah ga jelas. Kabarnya Sum udah menikah dan tinggal jauh dari Jogja. twitter.com/TirtoID/status…
eve @evelyneyudiarti
Kisah Sum Kuning akan terus terulang jika hukum tidak berpihak pd korban. Mulai didik lelaki untuk menghargai perempuan. Syahwatnya adalah tanggung jawabnya. Bukan tanggung jawab perempuan! twitter.com/TirtoID/status…

Hoegeng membentuk tim khusus untuk menangani kasus ini. Namanya 'Tim Pemeriksa Sum Kuning', dibentuk Januari 1971. Kasus Sum Kuning terus membesar seperti bola salju. Sejumlah pejabat polisi dan Yogyakarta yang anaknya disebut terlibat, membantah lewat media massa.

Belakangan Presiden Soeharto sampai turun tangan menghentikan kasus Sum Kuning. Dalam kasus persidangan perkosaan Sum, polisi kemudian mengumumkan pemerkosa Sum berjumlah 10 orang. Semuanya anak orang biasa, bukan anak penggede alias pejabat negara. Para terdakwa pemerkosa Sum membantah keras melakukan pemerkosaan ini. Mereka bersumpah rela mati jika benar memerkosa.

Kapolri Hoegeng sadar. Ada kekuatan besar untuk membuat kasus ini menjadi bias. Tanggal 2 Oktober 1971, Hoegeng dipensiunkan sebagai Kapolri. Beberapa pihak menilai Hoegeng sengaja dipensiunkan untuk menutup kasus ini.

URL merdeka.com 197 Hoegeng dan kisah pemerkosaan Sum Kuning | merdeka.com Let's be smart. Salah satu kasus pelik yang ditangani Jenderal Hoegeng adalah kasus perkosaan Sum Kuning. Pelakunya anak pejabat.
Load Remaining (7)
Login and hide ads.