0
vinkids @conectkillerbee
Begitu Kuatnya Pengaruh Dana dan Ideologi Arab Saudi di Indonesia dan Malaysia koransulindo.com/begitu-kuatnya… pic.twitter.com/UHcKbb4Og5
Expand pic

Koran Sulindo – Pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di kantor Kedutaan Arab Saudi di Turki mempengaruhi hubungan internasional mereka dengan negara mayoritas muslim di Asia Tenggara termasuk Malaysia dan Indonesia.

Hal itu bisa dilihat ketika Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad menutup kantor Pusat Perdamaian Internasional (CPS) yang didanai oleh Raja Saudi Salman bin Abdl Aziz. Malaysia juga menarik pasukan mereka dari Arab Saudi.

Sementara itu di Indonesia, selain keresahan mengenai nasib Khashoggi, terdapat protes atas eksekusi mati tenaga kerja Indonesia Tuti Tursilawati tanpa peringatan terlebih dahulu dari pihak pemerintah Arab Saudi kepada pemerintah Indonesia.

Namun tanda-tanda di atas tidak akan cukup membawa pada perubahan karena begitu kuatnya pengaruh dana dan ideologi Arab Saudi tertanam di negara-negara tersebut.

Pengaruh Arab Saudi di Asia Tenggara

Islam di Malaysia dan Indonesia memiliki kesamaan nilai yang dibentuk dan diasimilasikan dari budaya kuno Melayu pada 625 Masehi. Penyebaran agama melalui media seni dan budaya seperti musik dan pertunjukan wayang menitikberatkan pada konsep moderasi dan keramahtamahan serta penghargaan terhadap nilai-nilai budaya lokal.

Akan tetapi setelah masuknya pengaruh yang begitu besar dari Arab Saudi sejak dua dekade belakangan ini telah terjadi pola perubahan cara memaknai ajaran Islam di kedua negara ini.

Arab Saudi sendiri mendapatkan perhatian yang begitu besar di masyarakat Malaysia setelah mereka dilaporkan memberikan sumbangan US$680 juta kepada Najib Razak, kala dia menjabat Perdana Menteri, meskipun fakta-fakta tersebut kemudian disanggah olah keluarga kerajaan yang malah menduga dana itu berasal dari korupsi dana pembangunan 1MDB.

Baca Selengkapnya : https://koransulindo.com/begitu-kuatnya-pengaruh-dana-dan-ideologi-arab-saudi-di-indonesia-dan-malaysia/

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.