0
Ruth Nina Ruriya @RuriyaRuth
Hiu, spt halnya klrg pari/manta, tdk punya sistem pembuangan air seni. Pipis mrk diserap kulit (& sirip). Itu mengapa daging mrk bau pesing. Jd, slmt buat Anda, para penikmat sup sirip hiu. Anda sdh bayar mahal untuk semangkuk pipis predator laut. pic.twitter.com/xrdFtBX0Dp
Expand pic
Ruth Nina Ruriya @RuriyaRuth
Dan siapa bilang hiu sumber omega, protein, & bisa meningkatkan vitalitas? Itu mitos & permainan pasar yg kejam. Krn faktanya hiu mengandung merkuri penyebab kanker. Stop konsumsi makanan apapun berbahan hiu.
Ruth Nina Ruriya @RuriyaRuth
Selain berbahaya buat kesehatan, bahaya juga buat kelangsungan ekosistem laut. Prestise (buat sebagian org) penting, tp mengedukasi diri jauh lbh penting. Selamat hari Kamis.
A F H @seeyounexttimes
@RuriyaRuth dulu pernah punya nasabah pengepul sirip hiu yg dikeringkan buat di ekspor ke luar negri, pas survey ke gudang, liat proses pengeringan dll, balik ke kantor, balik ke kost, baju + celana yg dipake bau amisnya gak ilang, sampai udah dicuci pun msh ada baunya.
A F H @seeyounexttimes
@RuriyaRuth kirain pakaian saya aja yg begitu ternyata teman2 yg ikut survey juga mengalami hal yang sama. Amisnya beda dengan ikan biasa (ikan asin). Alhasil beli pakaian baru.
iniulfa @santrijbg
@RuriyaRuth @plutrous Oalahh ini penyebab bau nda enaknya, sya kira yg ibu sya beli di pasar itu krna mmg bau kmren/krna bau pengawet, sy nda suka, slalu protes sma ibu klo beli itu bau nya nda nyaman klo makan, hhhe terima kasih info nya kak,
Mujib @ememjebe
@RuriyaRuth @anggunmaulia4 Akhirnya terjawab sudah pertanyaan dalam hidup saya selama ini. Waktu saya kecil, ibu saya membeli ikan hiu seukuran kaki orang dewasa. Hiu lalu direndam air panas dan kulitnya "dikerok" dengan pisau. Itu baunya benar-benar pesing seperti kencing.
Mujib @ememjebe
@RuriyaRuth @anggunmaulia4 Saya protes kepada ibu saya, "bu, baunya kok pesing?" "Nanti kalau sudah matang, pasti kamu habiskan!" Jawab ibu saya enteng. Setelah digoreng, dan matang rasanya memang benar-benar enak. Sejak tahun 96, saya sudah tidak pernah memakan hiu.
Mujib @ememjebe
@RuriyaRuth @anggunmaulia4 Itu pertama dan terakhir kalinya saya makan hiu. Hiu goreng masakan almarhum ibu. Soal konsumsi hiu, itu murni ketidaktahuan ibu saya.
Mike Tobing @tobing_mike
@RuriyaRuth @arena51 takut amat..makan gorerangan atau ikan yg digorengan juga bisa menyebabkan kanker yg berasal dari minyak goreng yg sudah jenuh...aneh ajah
Ruth Nina Ruriya @RuriyaRuth
@tobing_mike @arena51 Bukan soal "cancer paranoiac", sih, tp lebih ke sikap "awareness" kita terhadap kelangsungan ekosistem laut. Trm kasih sdh meninggalkan komentar di sini ❤
⛓kler @chajunology
@tobing_mike @RuriyaRuth mau spesies hiu punah? hiu punah ya rantai makanan ga seimbang mas
PAWITRA @rizkipawitra
@bbanghoney @tobing_mike @RuriyaRuth Udh diemin aja. Manusia otak bebal mau diapain jg ga bakal ngerti. Mereka ga nganggap hewan itu makhluk hidup yg berperan penting/berpengaruh keberlangsungan hidup
Mike Tobing @tobing_mike
@rizkipawitra @bbanghoney @RuriyaRuth lo jangan munafik..ya sudah lo jangan makan ikan..dan hewan...
PAWITRA @rizkipawitra
@tobing_mike @bbanghoney @RuriyaRuth Konteks nya beda woy. Hiu tuh hewan terancam dan udh msk list dilindungi (cites, iucn). Dibandingin sama yg emg dibiak legal kan (tongkol, pindang). Aduh ga nyambung lah. Lg pula hiu bukan dasar nya sebagai ikan santapan.
Adi Zuhrah Lukman @azuhrahl
@rizkipawitra @tobing_mike @bbanghoney @RuriyaRuth Mungkin ini lebih tepatnya, tidak semua hiu dilarang, ada yg boleh ada yg ga boleh.. pic.twitter.com/LDdAbNsfj6
Expand pic
PAWITRA @rizkipawitra
@azuhrahl @tobing_mike @bbanghoney @RuriyaRuth Liat status apendix ama iucn nya itu jg tertulis disitu. Apa mau nunggu semua nya jd critically endangered? Pertumbuhan mereka lambat tp di babat nya ah sudahlah, dan mayoritas semua jenis decreasing jumlah nya. Tp terserah sih. Mau tetep keras kepala mah.
b @rotibwakar
@RuriyaRuth @huwfflepuff dan setiap hiu ditangkep buat diambil siripnya, mereka dibalikin lagi kelaut sedangkan hiu itu bakal tenggelem kalo mereka ga gerak/berenang, akhirnya lama kelamaan mereka mati krn gaada sirip buat berenang:( humans are really cruel.
raisa golightly @Raisatanpa6690
@rotibwakar @RuriyaRuth @huwfflepuff aku pernah liat videonya di line, hiu nya cuma bisa guling guling doang mau nangis liatnya
Irham Rajasa @irhamrajasa
@RuriyaRuth @bienslaw Keliru ini. Hiu mengeluarkan urine melalui insang, sama spt ikan lainnya. Daging hiu berbau karena ketika hiu mati urea yg ada dlm tubuhnya pecah kembali mjd amonia.

Dikutip dari situs Badan Pengelolaan Sumber Daya Pesisir dan Laut Denpasar.

HIU MENGELUARKAN URINE MELALUI INSANG

Bau pesing bukanlah kata yang tepat, bau Amonia adalah kata yang lebih tepat. Bukan cuma baunya, tapi daging hiu terasa lebih amis. Seperti makhluk hidup lainnya, hiu pasti akan mengeluarkan limbah nitrogen (urine) yang dihasilkan oleh metabolisme tubuhnya.

Teleostei, atau ikan bertulang sejati, mengeluarkan limbah nitrogen dalam bentuk amonia. Amonia merupakan senyawa yang sangat beracun dan mengeluarkan amonia dari dalam tubuh membutuhkan air yang sangat banyak. Ikan mengganti cairan tubuh dengan meminum air.

Hiu di lain pihak masuk kedalam ikan bertulang rawan, mereka tidak dapat dengan mudah mengeluarkan limbah nitrogen berbentuk amonia dari tubuhnya, harus diubah menjadi senyawa yang kurang berbahaya yaitu urea, sehingga relatif lebih aman dalam aliran darah hiu . Urea tersebut juga memberi andil yang sangat penting dalam proses osmoregulasi hiu. Sistem Osmoregulasi pada ikan yang membatasi ikan tawar, payau, dan laut berada pada alam mereka. Proses berubahnya amonia menjadi urea disebut siklus urea.

Ketika hiu mati urea yang tersimpan dalam tubuh hiu pecah kembali menjadi amonia, hal itu yang menyebabkan daging hiu menjadi bau amis bukan karena hiu mengeluarkan urine melalui kulit. Hiu mengeluarkan urine melalui insang sama seperti ikan lainnya.

URL bpspldenpasar.kkp.go.id HIU MENGELUARKAN URINE MELALUI INSANG

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.