1
Bitte langsam, Awe! @awemany
Jokowi baru saja meluncurkan program paket ekonomi ke 16 yg pada dasarnya mengeluarkan 54 sektor usaha dalam Daftar Negatif Investasi. Dalam bahasa sederhananya, membuat asing bisa memiliki 100% saham di sektor" itu. Bagus ngga sih?
Bitte langsam, Awe! @awemany
Jawabannya selalu relatif. 100% saham artinya semua laba yg dihasilkan bisa ditarik ke negara asal. Tapi bedanya apa ama dengan yg kepemilikannya 99%? Apakah 1% itu begitu substantial? Jadi titik kritisnya itu sebenarnya ada di 50%. Yg ini maknanya penguasaan usaha.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Sederhananya, ada PR-ing job yg keliru di situ. Yg mesti diberitakan adalah berapa sektor yg bergerak dari dulu ngga boleh lewat 50% dan sekarang boleh. Saya lagi males dan ngga punya waktu untuk cari tahu.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Kalau dulu boleh lewat 50% dan sekarang jadi boleh 100%, paket itu jelas memudahkan investor. Tidak perlu repot" nyari partner lokal. Kita tahu nyari partner bisnis itu ngga gampang. Keharusan nyari partner lokal itu bikin orang ngga jadi invest. Ini solusi.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Kalau dulu ngga boleh lewat dari 50% atau bahkan ngga boleh sama sekali, pemerintah harus punya cukup alasan untuk sekarang mengijinkannya. Jangan hanya karena kebutuhan investasi, semuanya harus dibuka lebar. Pikirin juga pelaku industri yg sudah ada dan dampak lainnya.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Saya pribadi ngga punya problem dengan investasi asing sepanjang bisa memahami alasan rasional dibalik itu. Lha wong faktanya kita perlu kok. Bisa buka lapangan kerja, alih tehnologi, memacu inovasi melalui persaingan, dst. Banyak.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Jadi nanti kalau buzzer" sudah mulai bekerja, jangan berhenti di infografis ya. Coba bahas alasan rasional kebijakn" itu berdasarkan kondisi aktual. Saya tunggu. :)
Bitte langsam, Awe! @awemany
Bua ha ha. Berdebat itu berbeda dengan berdiskusi. Dalam debat, tujuannya memang memperlihatkan argumen lawannya itu cacat. Menjatuhkan itu bagian dari debat. Tentu saja ad hominem dan temen"nya ngga boleh masuk.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Tapi yang lucu dalam realitas politik kita, orang melihat debat bukan dari perbedaan proposisi. Tapi soal kubu. Akhirnya memang ngga ada adu argumen. Cuma bertukar retorika. Ngga manfaat memang.
Bitte langsam, Awe! @awemany
Udah gitu, orang menilai debat (baik di tv atau di TL) bukan dari kemampuan berargumen secara lurus. Berdasarkan kedekatan kubu juga. Yg jadi currency adalah berapa banyak dukungan. Lha? :)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.