0
#99 @PartaiSocmed
Maaf ya, cara2 menggunakan akun BOT untuk kampanye Jokowi begini bukan saja tidak efektif tetapi juga mengganggu. Kamu! Iya, kamu yg dapet duit sedangkan kami yg kena mention bertubi2 ini jadi terganggu pic.twitter.com/1AHKkCim2H
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
#99 @PartaiSocmed
Maaf seribu maaf! Meskipun dukung Jokowi tapi kami keberatan akun kami di mention akun2 bot pendukung Jokowi! Kami akan teriak tiap kali dibanjiri mention mereka. Dan ya! ITU MEMANG DARI KUBU PENDUKUNG JOKOWI. Kami sudah langganan kena mention mereka!
Presiden Runner Up @P3nj3l4j4h
@PartaiSocmed Kena juga toh tum, kirain hanya kami aj yg kena dari pagi.😞 Awalny kirain benar akun asli skli cek ricek kata² nya sama semua bru nyadar klo itu Bot.😞
Presiden Runner Up @P3nj3l4j4h
Tum @PartaiSocmed ini kami dr pagi begini trus.😞 pic.twitter.com/psgsOHSm5R
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
yotohei is mantap mantap @yotohei
@PartaiSocmed Mau ngeup itu kalau trending topic ada, ini sama kaya bot 2019 ganti pepo yg setiap hari ngebot tapi ga ada guna
Presiden Runner Up @P3nj3l4j4h
@PartaiSocmed Temen temen sudah banyak yg ngeluh juga krn kena bot begini.
Rommy Rsy @akurommy
@PartaiSocmed @P3nj3l4j4h Aneh-aneh akun bot ini, sejak kapan ada Jokowi Widodo? Ini pendukung Jokowi apa mau merusak Jokowi? pic.twitter.com/5Zu5qRxpKb
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
#99 @PartaiSocmed
@rommyzury @P3nj3l4j4h Sejak dulu juga akun2 bot dari kubu Jokowi ini sudah merajalela. Kami bisa buktikan sudah sering kena mention mereka sebelum diramaikan oleh kubu sebelah
Rommy Rsy @akurommy
@PartaiSocmed @P3nj3l4j4h Kenapa harus memakai akun-akun bot? Memang pendukung Jokowi sedikit yang akun real-nya? Penggunaan akun bot ini bisa mempermalukan Jokowi dan terkesan memandang sebelah mata para pendukung yang memiliki akun real.
✨rADiKal bEBaS🇮🇩🇲🇾 @1504ers
@PartaiSocmed @rommyzury @P3nj3l4j4h Sama aja keduanya... Bedanya yg satu isinya soal hasil kerja. Satunya segala macam hal wkwkw
Never mind...worst things happen at sea. @sarihunty
@PartaiSocmed Sejak sandi ngomong soal akun robot buat kampanye Jkw, jadi beneran tambah banyak ya?🤔 *merekapunyabanyakcara
#99 @PartaiSocmed
@sarihunty Gaklah! Dari dulu kubu Jokowi memang suka pakai akun bot. Kami tahu betul karena akun kami langganan kena mention
Bambang Joyo @BambangDj40
@PartaiSocmed Akun bot untuk jokowi selain mengganggu, sebenarnya tidak diperlukan. Jokowi cukup menjaga kualitas kerja, bisa dirasakan masyarakat, maka itu 100% cukup membuat ybs terpilih kembali.
Eradamus Malum @EradamusMalum
@PartaiSocmed Maap 'tum, kami juga kadang2 suka mention 'Partai Socmed', tapi kami BUKAN BOT, kami kadang2 hanya ingin berbagi article dan ilmu kami sama 'Partai Socmed', itu aja.
#99 @PartaiSocmed
@imanokur Kurang tahu. Tapi jengkel juga tiap hari dipenuhi mention akun2 bot

TEMPO.CO, Jakarta - Pakar media sosial sekaligus pengembang aplikasi Drone Emprit, Ismail Fahmi, mengatakan kubu pasangan calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo atau Jokowi - Ma'ruf Amin, lebih banyak memanfaatkan akun robot dalam kampanye di media sosial ketimbang pihak kandidat nomor urut 02, Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

*"Saat ini berdasarkan pengamatan saya lebih banyak nomor urut 01," kata Ismail saat ditemui usai diskusi 'Panas di Medsos, Dingin di Kotak Suara' di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu, 14 November 2018.

  • Menurut Ismail, akun-akun robot digunakan untuk membuat suatu isu menjadi topik populer dengan sangat cepat. Namun, kata dia, sangat mudah untuk mengetahui mana saja konten yang diviralkan oleh robot dan sebaliknya.

*"Ketika ada campaign, misalnya #HijrahBersamaJokowi, kami tangkap tweet-nya, kami analisis pas jam pertama, kami buat chart, kalau ternyata rata di sebelah kiri (di waktu-waktu awal sejak tweet diunggah), dan dibuat oleh user dengan follower-nya 0-3. User yang follower-nya 0-3 probability mereka sebagai robot sangat besar," ujarnya.

  • Selain itu, kata Ismail, indikasinya bisa terlihat dari banyaknya cuitan yang persis namun berasal dari pengguna yang berbeda. Ciri lainnya adalah ada satu pengguna yang me-retweet dengan jumlah yang sangat banyak di waktu yang sama.

Dari pengamatannya, Ismail menyebut isu yang dimainkan oleh kubu paslon 01 cenderung lebih cepat mencapai topik populer ketimbang kubu paslon 02. "Jadi yang satu dalam satu jam bisa tranding topic nah yang ini (paslon 02) butuh 4 jam," ujarnya.

Menurut Ismail, tidak ada yang salah dengan menggunakan akun robot sebagai sarana paslon mempromosikan gagasannya. Namun yang perlu dipertanyakan adalah keefektifannya lantaran akun robot tidak bisa diajak berinteraksi.

*"Efektivitas bisa terjadi kalau jadi tranding topic. Nanti influencer mereka akan meng-capture dan ikut. Itu jadi kayak panglima perang aja," ucapnya.

  • Anggota Tim Kampanye Nasional Jokowi - Ma'ruf, Budiman Sudjatmiko, mengatakan tidak ada arahan dari pihaknya kepada para simpatisan agar menggunakan akun-akun robot untuk membantu mengkampanyekan kandidatnya.

"TKN baru dibentuk beberapa minggu ini. Kalau akun-akun pendukung Jokowi itu sudah hidup bertahun-tahun lalu. Bahkan akun-akun anonim itu kami gak tahu siapa pemiliknya, kalau tahu pasti kami panggil untuk diberi arahan," tuturnya

URL Tempo 13686 Pakar: Kubu Jokowi Paling Banyak Pakai Akun Robot untuk Kampanye Pasangan calon presiden dan wakil presiden Jokowi - Ma'ruf ditengarai menggunakan akun robot dalam kampanye di media sosial.
Dr. Rizal Ramli @RamliRizal
Apa ini benar ?? Kan Tim Mas @jokowi yakin menang ? Ngapain pelihara “noises” yg ndak ada nilai tambahnya ? Forward: Pakar: Kubu Jokowi Paling Banyak Pakai Akun Robot untuk Kampanye - nasional Tempo.co nasional.tempo.co/read/1146369/p…
Ronnie Higuchi Rusli. @Ronnie_Rusli
@RamliRizal @jokowi Akun “Bot” paling gampang dideteksi yaitu: 1. Lihat tahun munculnya (2018 pasti Bot)., 2. Jumlah followernya., 3. Liat apa ada figur tertentu yg dikenal mengikutinya., 4. Dukungan twitnya membela siapa. Langsujg saja block.
yahya sukardi 2017 @Sukardi2017
@RamliRizal @HaqueMarissa @jokowi Dari yg ane ikuti justru yg banyak pakai akun robot itu kubu Oposisi. Tp antum kok berkatanya lain bung Rizal, sm seperti yg dikatakan Sandi dn Fadli selalu memutar balik sebuah fakta yg ada. Ini sebetulnya paradigma yg aneh dg apa yg dikatakan oleh orang2 yg katanya pintar itu.
La Ode Alwi Haidatul @alwihaidatul
@RamliRizal @jokowi Sebagai penyeimbang akun asli pendukung sandiaga s. Uno
Load Remaining (3)

Comment

rief @benryu131 18/11/2018 07:15:24 WIB
Pura pura gak tahu.. Toh sebenarnya kualitas anda sama dengan mereka😂
Login and hide ads.