1
// Jax @JackVardan
Dulu pernah gua tuit kalo ada misi raup suara milenial dengan kembang biak akun-akun random seolah netral atau sok acuh sama politik. Gimana cara kerjanya. Kita bahas deh. Dikit nyelekit.
// Jax @JackVardan
1. Akun-akun ini sebetulnya circle atau gerombolan. Sebenarnya mereka gak bisa kuat kalo gak saling sokong sesamanya. Mulai nongkrong sampai kopdar.
// Jax @JackVardan
2. Akun ini pas 2014, branding dirinya jadi akun belagak netral: belagak bahas cinta, anti politik, sedikit aroma SJW, bahas film, sampai sok tuit komedi.
// Jax @JackVardan
3. Maaf, selepas 2014. Afiliasinya ada yang belagak cerita horor, video atau hal-hal absurd, semua menargetkan milenial dan giring, bahwa politik itu aroma busuk. Topeng buat bonsai jiwa kritis anak muda di medsos.
// Jax @JackVardan
4. Masuk fase penetapan capres dan cawapres. Mulai kelihatan aslinya. Tapi, kata siapa mereka sejak lama gak bahas politik? Akun satu elegan sok anti politik, tapi begitu jadi admin akun lainnya, sangarnya lebih serem dari ketek thanos.
// Jax @JackVardan
5. Giring dan tarik anak-anak muda buat anti politik. Kadang masukin dikit politik dengan intrik dan teknik propaganda. Bahas kardus, gak perlu ekstrim, cukup bikin adonan narasi kardus. Kemudian media dan akun trol sahut menyahut narasi kardus. Lahirlah stigma "kardus".
// Jax @JackVardan
6. Group kuaci dikasih nyawa, yang belagak eksklusif di depan akun-akun milenial. Bahas cinta, kuliner, masuk momen pas follower berjibun, tingkat influence tinggi, masuk mereka mulai hantam lawan bos besarnya.
// Jax @JackVardan
7. Atau paling enggak endorse deh dengan main propaganda anti calon ini itu, spin berita lama terkait salah satu calon, narasi bercanda, tapi ya itu gaya akun cuci otak milenial.
// Jax @JackVardan
8. Simple kalau mau lihat. Setahun lalu banyak seliweran seleb tuit anti politik. Tapi lihat sekarang; masuk fasenya, mulai yang centrang biru sampai akun menye-menye pelan-pelan spin pembusukan lawan politik junjungannya. "soft propaganda".
// Jax @JackVardan
9. Ya mereka emang circle, akan saling lempar wacana dan pembahasan. Seragam di waktu tertentu. Ada group, kadang kopdar, kadang bisik-bisik honor.
// Jax @JackVardan
10. Tujuannya bonsai jiwa kritis milenial dengan ciptakan badut seleb tuit anti politik. Ketika momen pas; masukin propaganda untuk giring opini; pembusukan lawan politik junjungan. Sedang media mainstream sudah dikuasai.
// Jax @JackVardan
11. Anak-anak muda digiring untuk tidak kritis dan anti politik. Padahal mereka sendiri bagian dari tools propaganda untuk bonsai jiwa kritis. Lihat sekarang selebtuit mana aja yang tiba-tiba nyinyir politik padahal sebelumnya bahas; ena-ena, ewita, tyda-tyda, akutu :)
// Jax @JackVardan
12. Mereka tuh jaringan, bergerombol. Kadang diskusi honor buat spin dan jadi buzzer. Tapi ya gitu, "bangsat malu-malu kucing", wajah malaikat (anti politik), sisi lainya (iblis berbuntut jumbo) diem-diem punya akun kloning dan sangar bahas politik.
// Jax @JackVardan
13. Sebagai penutup. Pesan buat milenial; awas topeng selebtuit yang kalian puja. Sok anti politik padahal mereka jaringan buzzer bermuka dua. Mereka bonsai jiwa kritis kalian, bahkan efeknya; kalian ikut menye" takut kehilangan circle, padahal nurani kalian ingin teriak. Sekian.
// Jax @JackVardan
Jaringan buzzer pro rezim ini kuat. Mereka bangun merk dari aneka macam platform. Sebagian dari mereka alumni kompasiana. Belum lagi deretan selebtuit sok non politik, punya misi dan sesekali brainwash. Rangkaian digital and brand political itu panjang. Oposisi udah bikin apa?
// Jax @JackVardan
Mereka bikin pasar relijius, punya platform relijius. Mereka bikin pasar milenial, punya web buat rebut hati milenial. Mereka punya deretan selebtuit dengan circle satu visi, brainwash dan propaganda yang dimaintenance jadi tak kasat mata.
// Jax @JackVardan
Modelan Abu Janda, dia dulu main di kaskus. Dia paham peta media. Circlenya banyak blogger, itu satu contoh. Jaringan blogger pro rezim ini kuat. Bisa dilihat di web macam seword, melekpolitik, era muslimin, arrahmahnews, Islamico, asumsico, mojokco. Affiliasi Mana mereka?
// Jax @JackVardan
Ini yang enggak disorot ame Tim media oposisi. Makanya kadang serangan mereka kompak meski sedikit manusianya. Memang sistematis dan jaringan yang dibangun itu enggak instan. Pola propaganda macam ini pernah gua bahas; mulai pola selebtuit sampai jaringan blogger mereka. Oposisi?
// Jax @JackVardan
Masalah problem bangsa harus hadir diskursus yang baik. Lalu masuk ke brand political. Oposisi harus punya ruang sendiri, jangan mau ikut alur kubu rezim. Oposisi berkelas kagak stuck ame headline media. Ciptakan brand political yang pasti bakal bikin gagap rezim.
// Jax @JackVardan
Problem udah ada di depan mata; jubir-jubir harus tertib olah narasi. Sajikan diskursus / paparan yang punya ruang sendiri. Rezim pasti sudah punya penawar (tesa, antitesa). Coba buat ruang sendiri, idea dan jalar keluar yang bukan janji.
// Jax @JackVardan
Antara jalan keluar dari problem dan bukan janji ini, kalau substansinya udah dapet, ini akan keren. Petahana terjebak dengan narasi janji. Maka ciptakan ruang sendiri yang bisa sikat narasi janji, kritik kena, solusi dan platform ke depannya juga kena. Indah dan elegan.
// Jax @JackVardan
Ada tugas buzzer mereka yang spin perkara Hal berbau agama; goreng radikalisme, anti bhineka, intoleran. Kadar politik kecemasan ini punya pasukan khusus. Koloni liberal celup bermain di area itu. Oposisi harus bedakan sekat, terus konsisten dengan substansi kampanye.
// Jax @JackVardan
Mereka mencoba menarik dalam ruang lingkup politik kecemasan. Pola seperti ini disebut "distraction". Karena Ada hal-hal yang mereka alihkan. Nilai tukar, Current Account Deficit, Crude, hukum, korupsi, komoditas pangan.
// Jax @JackVardan
Untuk hal-hal berbau narasi intoleran dan radikalisme; biar remahan Oreo kek Gua Dan butiran jasjus lainnya yang counter. Kalian tim media fokus dengan substansi; branding, visi misi, dan kampanye positif. Ini sekat dan strategi, kurangi jadi reaksioner, angkat yg pantas.
Load Remaining (10)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.