0
desti✨ @cutdamelon
TKR Chungking, Para Pejuang Etnis Tionghoa yang terlupakan di Pertempuran 10 November 1945 Surabaya A thread pic.twitter.com/pVYxl5C9t6
Expand pic
desti✨ @cutdamelon
Diskriminasi terhadap orang-orang tionghoa bukanlah hal baru di Indonesia, saya yakin kalian semua sudah tahu tentang ini. Mulai dari zaman Belanda dulu sampai pemerintahan Soeharto, etnis Tionghoa di sini mengalami banyak perlakuan tidak menyenangkan.
desti✨ @cutdamelon
Kejadian pada tahun 1998, dan bahkan pada saat penjajahan belanda, mereka pernah dibantai hanya karena menguasai ekonomi pasar😭
desti✨ @cutdamelon
Semua perlakuan terhadap orang-orang Tionghoa sama sekali tidak bisa dibenarkan. Apalagi kalau kita melihat fakta sejarah di mana ternyata etnis Tionghoa pernah berdarah-darah demi Indonesia. pic.twitter.com/AfE5RbU4hm
Expand pic
desti✨ @cutdamelon
10 November 1945, di mana etnis Tionghoa juga ikut menyerang sekutu lewat pasukan mereka yang bernama TKR Chungking. Mereka bener-bener ngasih andil yang besar dalam pertempuran ini
desti✨ @cutdamelon
Umpamanya nih ya, kalau enggak ada mereka pas itu, mungkin aja Indonesia enggak bisa kasih perlawanan yang begitu menohok ke musuh.
desti✨ @cutdamelon
Kemerdekaan indonesia juga ditunggu-tunggu sama kaum tionghoa loh guys. Kenapa? karena mereka juga merasakan hal-hal buruk selama masa penjajahan. Udah susah banget merdekanya, lama pula, mereka jadi punya rasa senasib dan seperjuangan.
desti✨ @cutdamelon
Kemampuan Hebat TKR Chungking TKR Chungking terkesan dibentuk dadakan, tapi TKR Chungking sama sekali bukan pasukan ecek-ecek. Mereka ini punya kemampuan hebat yang sering kali bikin Sekutu dan NICA kocar-kacir. Saat itu persenjataan mereka juga bagus—
desti✨ @cutdamelon
Misalnya senapan Karaben 98-K, serta amor helm bernama Fritz yang diketahui berasal dari Jerman. pic.twitter.com/RmPFSRwWe7
Expand pic
desti✨ @cutdamelon
gak cuma tergabung di front-front depan, TKR Chungking juga tersebar di bagian penting lainnya kyk medis. ketika itu merekalah yang menginisiasi berdirinya beberapa pos-pos pengobatan saat perang 10 November.
desti✨ @cutdamelon
Sayangnya, beberapa dihancurkan oleh sekutu, beserta penghuninya :-(
desti✨ @cutdamelon
Selain medis, tercatat juga TKR Chungking tergabung bersama para pejuang dalam laskar berani mati. Ketika itu tugas mereka adalah menyerbu benteng Sekutu yang diperkuat oleh Gurkha.
desti✨ @cutdamelon
Sedikit informasi, pasukan Gurkha di masa itu sangat ditakuti dunia, tapi orang-orang TKR Chungking seolah tidak peduli dan dan tanpa ragu menerjangnya. Keren banget ya mereka? gue ketemu kecoa aja sampe lompat-lompat karna takut :-( pic.twitter.com/qYA2kMsKOr
Expand pic
desti✨ @cutdamelon
Uniknya, beberapa orang Tionghoa menjadi mata-mata belanda. ketika ini terjadi, TKR Chungking turun sendiri untuk menyelesaikannya. Mereka ketika itu mengadakan semacam pembersihan terhadap kaumnya yang membelot membela Belanda.
desti✨ @cutdamelon
TKR Chungking yang ketika itu dipimpin oleh Tse An Hui, boleh dibilang berhasil membersihkan kaum Tionghoa dari para pengkhianat-pengkhianat. pic.twitter.com/0tEr96DkkY
Expand pic
desti✨ @cutdamelon
Hal ini jadi bukti lain jika TKR Chungking lebih mencintai kedaulatan Indonesia daripada sukunya sendiri. Sayangnya, cerita ini tidak banyak di ketahui orang :-)
desti✨ @cutdamelon
Tragedi 10 November ini bisa dibilang sebagai salah satu perang terbesar pasca kemerdekaan. Hal ini dibuktikan dengan begitu banyak korban yang jatuh di pihak kita. Perkiraannya, sekitar 6 ribu – 16 ribu tentara kita tewas, termasuk juga anggota TKR Chungking.
desti✨ @cutdamelon
Untuk TKR Chungking sendiri, diperkirakan sebanyak 1000 anggotanya meninggal dalam peristiwa penting ini. Tidak terbatas Chungking saja, banyak juga penduduk Etnis Tionghoa biasa yang tewas dalam pertempuran tersebut.
desti✨ @cutdamelon
Cerita ini layak untuk diangkat sebagai bukti jika orang-orang Tionghoa Indonesia pun berdarah merah putih. hal yg lucu sekali kalau ada yg bilang etnis Tionghoa tdk nasionalis. Pdhl, mereka jg pernah berjuang demi Indonesia, termasuk memerangi kaumnya sendiri demi bangsa ini.
desti✨ @cutdamelon
Ayo, kaum Tionghoa dan lainnya, banggalah! Ini adalah pengorbanan besar dari mereka yang harus diketahui oleh semua orang Indonesia sebagai bukti kecintaan terhadap bangsa ini💖 selamat hari pahlawan saudara saudarakuuuu!💙🌷
😻 @raesungjae
@desti_app Kita liat sejarah, pribumi berasal dari laut tonkin cina(?) Udh ada di pelajaran sd. Gua jga sering nonton film jadul tionghoa dan gua rasa dari ciri" fisik mereka sama ko dgn org jawa. Tpi masyakat kita malah seperti membuat wilayah etnisnya masing" // etnosentrisme(?)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.