4
Login and hide ads.
#NKRI @SammiSoh
Mari kita ikut melihat bgmn penampakan puing2 JT610 di dasar laut yg hanya cuma jadi serpihan kecil. Jadi benar adanya laporan FAA yg katanya pesawat ini nose dive overdrive by system error dgn kecepatan tinggi sehingga semua hancur tdk berbentuk #lionair610 pic.twitter.com/bqW3mtStpM
#NKRI @SammiSoh
Hempasan JT610 dgn kecepatan tinggi tdk menyisakan apa2 lagi yg utuh. Clip ini disimpan sdh lama dan memang rencananya stlh upaya evakuasi selesai baru mau saya share hari ini. Tujuan clip ini supaya kita yg msh hidup utk bersyukur dan empati dgn keluarga korban #lionair610 pic.twitter.com/rvaykSHu62
JOHN VAN WILLEM @yogantercinta
@SammiSoh Innalillahi... Duka Cita yang Mendalam atas Musibah ini.. semoga ini yg terakhir... 😢😢😢😢
Sutopo Purwo Nugroho @Sutopo_PN
@SammiSoh Iya betul. Saat menabrak air dengan kecepatan sangat tinggi sehingga hancur
I.H Khrisna @immanuel_HK
@SammiSoh Disaat itu pula mesin masih berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Semoga amal dan perbuatan para korban kecelakaan diterima disisiNya.
Sadmay17 @Sadmay2
@SammiSoh Semoga kedepannya menjadi pelajaran bagi maskapai, selain keluarga yg kehilangan saudara, pasti kan juga maskapai tsb kehilangan armadanya dan jg harus membayar uang duka bagi keluarga korban, materi bisa didapat tp nyawa gak bisa diganti
bonagres @bonagres
@Sutopo_PN @SammiSoh Maaf. Burung besi yang demikian, bagaimana teori ilmiahnya sehingga bisa menjadi kepingan kecil demikian? Padahal menyentuh permukaan air dan bukan daratan. Mungkin ada penjelasan ilmiah dari FAA atau ahli lainnya yang mungkin dpt menambah informasi.
adeeeee @adechubschubs
@bonagres @Sutopo_PN @SammiSoh Yg saya tau, kalau pesawat jatuh dlm kecepatan tinggi ke air seperti menabrak beton.. tirto.id/lebur-bak-kuli…

Laporan Andrew C. Revkin dari New York Times mengenai kecelakaan tersebut mengandung analisis penting: pendaratan darurat di atas perairan bisa jauh lebih berbahaya ketimbang pendaratan darurat di daratan. Hal ini tetap berlaku meski sang pilot tetap memiliki kontrol atas pesawat.

Ada berbagai faktor penyebab. Salah satunya, yang paling jadi pertimbangan, adalah kondisi atas permukaan laut, danau, atau sungai. Semakin besar ombaknya, maka akan semakin tipis peluang pesawat bisa mendarat tanpa patah atau hancur.

“Lebur seperti kulit telur,” kata Harry Robertson kepada Revkin. Robertson telah menyelidiki kecelakaan pesawat selama empat dekade. Ia pernah diserahi tanggung jawab memimpin Crash Research Institute, sebuah sekolah untuk investigator kecelakaan di Tempe, Arizona, AS.

Robertson menjelaskan proses ditching yang mesti dilalui dengan cara menyejajarkan alur pendaratan dengan arah ombak, bukan melintang atau menyeberanginya. Kedua, pilot mesti memilih perairan yang bebas jembatan, kapal, atau ojek-objek lain yang bisa memicu tabrakan mematikan.

Idealnya, pilot pesawat komersial sudah mempersiapkan diri terhadap kemungkinan pendaratan darurat. Ada prosedur yang mesti dijalankan sebagaimana proses pendaratan darurat di daratan.

Laporan BBC News Magazine usai kejadian yang menimpa pesawat Sully menjelaskan bagaimana pilot pertama-tama harus melakukan panggilan darurat (mayday). Pilot kemudian memberitahu kru kabin dan memastikan roda pesawat tidak dalam posisi terjulur ke luar. Penyejuk udara juga harus dimatikan untuk mencocokkan tekanan di dalam dan luar kabin.

Waktu (timing) adalah segalanya. Jika sempat, pilot disarankan untuk mengosongkan bahan bakar agar bobot pesawat semakin ringan. Saat hampir mencapai permukaan air, sayap dibuka lebar-lebar untuk membantu proses pengereman.

Perlahan-lahan adalah kunci, sebab badan pesawat akan mudah patah atau hancur jika terlalu cepat menghantam air.

“Kau perlu mendaratkan pesawat selambat-lambatnya tanpa mogok. Kau juga mesti mendaratkan kedua mesin di air dalam waktu bersamaan. Kena ujung salah satu sayap duluan, pesawat akan memutar,” kata Frank Ayers, profesor ilmu aeronautika di Embry Riddle Aeronautical University, Florida, kepada jurnalis NPR Andrew Prince.

Prince kemudian meminta pendapat beberapa ahli penerbangan lain, yang memberi tips agar bagian pertama yang menyentuh air adalah ekor pesawat. Setelahnya, selama menyeimbangkan posisi pesawat, biarkan air bekerja memperlambat laju pesawat.

Usai berhasil mendarat, pilot harus mempertahankan sayap pesawat agar tetap dalam posisi horizontal. Di masa-masa inilah para penumpang seharusnya bisa melakukan prosedur penyelamatan sesuai panduan kru pesawat atau yang tertera dalam lembaran instruksi keselamatan.

Sekali lagi, waktu adalah segalanya. Sebelum pesawat tenggelam, penumpang dan kru mesti sudah mengenakan jaket pelampung dan bersiap menggelembungkannya. Sabuk pengaman dilepas, lalu keluar melalui pintu darurat, dan turun ke perairan memakai balon seluncur darurat.

hanifah. @hanijava
@SammiSoh Ini denger suara nafas divernya aja udah bikin sesek. Alfatihah untuk semua korban.. salut untuk tim SAR 🙏
Yyk @tyaarahmadhani
@SammiSoh @rusydinat Seketika gw ngebayangin di antara tumpukan itu pasti ada potongan kecil tubuh manusia :(
bonagres @bonagres
@adechubschubs @Sutopo_PN @SammiSoh Wah. Ini narasi yang enak untuk dibaca dan penting untuk dipahami. Terima kasih banyak bu @adechubschubs telah berbagi link yang bagus tersebut. 🙏
Maizufri @Maizufri
@SammiSoh Semoga mereka husnul khatimah. Aamiin YRA
Devi Anggraeni @dhevee24
@SammiSoh bagaimana yg belum teridentifikasi? smg smua husnul khatimah...😢😢
Login and hide ads.