Cerita @tey_saja tentang orang Indonesia paling kaya di Minnesota USA

Kaya itu bukan berapa banyak yg kamu punya, namun berapa banyak yg kamu bagikan kepada orang lain
2868 View 0 comments
3
Login and hide ads.
Terry Perdanawati @tey_saja
Hari ini saya mau cerita ttg org Indonesia paling kaya di Minnesota. Kategori paling kaya yg saya maksud bukan ttg jumlah harta yg dia punya, tapi krn dia tdk pernah takut kehabisan uang. Sebut saja bu K. Dulunya adlh buruh serabutan di Jakarta, janda yg membesarkan anaknya.
Terry Perdanawati @tey_saja
Bu K anaknya 2. yg pertama meninggal wkt kecil. Yg kedua skrg sdg menyelesaikan kuliahnya di Minnesota juga. Bu K nekat pergi ke Amerika cari kerja. Melewati segala rintangan dan halangan, termasuk bahasa Inggris yg ala kadarnya. Jgn tanya tata bahasa, kosakata saja terbatas.
Terry Perdanawati @tey_saja
Bu K sdh tinggal di MN lebih dari 10 thn. Kerja serabutan juga. Skrg dia kerja di bbrp panti jompo, bagian mandiin, nyuapin, dll. Masuk kategori “menial job” istilahnya. Anaknya 3 thn lalu nyusul ke MN setelah selesai SMA di Jakarta. Dia kuliah sambil kerja di Asian Store.
Terry Perdanawati @tey_saja
Wkt di SMA, anaknya ditanya sama gurunya. “Habis lulus mau di mana?” Dia jwb mau kuliah di Amerika. Dia ditertawakan satu kelas. Krn anak kampung dari pelosok Jawa Tengah saja kok mimpi kuliah di Amerika. Tp ya kenyataannya dia skrg di AS. Yg ketawa apa kabar? 😁
Terry Perdanawati @tey_saja
Bu K dan anaknya gak punya rmh di MN. Sewa apartemen aja sama kayak saya. Apartemennya ya sebelas-dua belas lah sama kayak tempat tinggal saya, murah-meriah. Bu K punya mobil jg sih. Lumayan keren mobilnya. Tp sempat penyok krn wkt pertama kali nyetir dia nabrak mobil parkir 😅
Terry Perdanawati @tey_saja
Jd bagian mana yg bisa dibilang bu K ini kaya? Nih ya. Walaupun kerjaannya menial dgn gaji UMR, tapi bu K ini hobi banget nganterin makanan dan sembako buat mshw2 Ind di sini. Yg buah lah, yg sayur lah, yg ngundang makan lontong/bakso/rawon di rmhnya lah. Sering bgt!
Terry Perdanawati @tey_saja
Mobilnya bu K ini adlh langganan buat angkut belanjaan mhsw2 Ind di sini. Dia nganterin anak2 pd belanja, terutama klo Minnesota udah menampakkan wajah aslinya kayak skrg. Dingin bgt. Belanja naik bus jd menderita krn nungguin di halte. Apalagi klo suhu udah di bwh -20 C 🤣
Terry Perdanawati @tey_saja
Tiap bulan dia punya persediaan ayam lebih dari 15kg, daging sapi juga banyak, padahal dia tinggal cuma berdua sama anaknya. Lha terus buat apa? Buat dia masak dan dibawa ke masjid setiap hr Jumat, dan buat dimasak dan dikasihin mhsw2 Ind kayak saya ini.
Terry Perdanawati @tey_saja
Dia ini bisa lho gak usah kayak gitu, duitnya dikumpulin buat beli rmh di sini. Toh bisa KPR 😁 Tp dia bilang, “aku nek pensiun arep bali ning ndeso ning Indonesia, ngapa tuku omah ning kene?”. (Aku kalau pensiun mau pulang ke desa di Ind, ngapain beli rmh di sini?)
Terry Perdanawati @tey_saja
“Lho tapi kan nanti rmh di sini bisa dijual bu, buat beli rmh di desa” komentar saya sok tahu. Dia bilang, “di desa udah ada rmhnya simbok, beres. Kalau di sini beli rmh, nyicil, malah gak tenang punya utang dan cicilan.”
Terry Perdanawati @tey_saja
Jadi kalau dilihat, sebenarnya bu K ini: 1. Duitnya sisa! Bisa bagi2 sembako dan makanan. 2. Gak punya hutang dan masa tuanya udah aman, punya rencana pensiun dan tabungan. 3. Dia gak pernah khawatir duitnya habis. “Gusti Allah Maha Kaya, aku tinggal kerja, ntar dikasih”
Terry Perdanawati @tey_saja
Sehingga saya anggap beliau sebagai orang paling kaya di sini. Walaupun saya jg punya teman yg tajir melintir dan juga baik hati, tapi buat saya bu K ini spesial. Bu K tdk berlebih penghasilannya, tapi hatinya sangat kaya. Jd duitnya kayak gak habis-habis buat bantu org lain.
Terry Perdanawati @tey_saja
Bu K ini sbnrnya ya mampu-mampu aja beli baju atau tas bermerk. Terutama yg merk AS, kan ya terjangkau aja di sini. Tapi beliau ttp dengan penampilannya yg biasa aja. “Lha cen wong ndeso kok yo” (Lha memang org desa kok ya), begitu katanya sambil ketawa.
Terry Perdanawati @tey_saja
Saya tahu, mgkn ada yg tdk setuju kalau saya sebut bu K adlh salah satu org Ind paling kaya di MN. Tapi buat saya, drpd yg tajir, suka pamer, dan merendahkan org yg pas-pasan, bu K ini jauuhh lebih kaya. Biasa aja. Gak banyak gaya, tapi duitnya kayak gak ada habisnya!
Terry Perdanawati @tey_saja
Saya bersyukur kenal dgn bu K. Selain bnyk dibantu oleh beliau (krn mhsw dan keluarga mshw di sini biasanya adlh yg hidupnya paling mepet), tp beliau mengajarkan saya sesuatu yg berharga. Kaya itu bkn ttg bnyknya harta, tp ttg hati yg tdk pernah khawatir atas berkah-NYA. ❤
Terry Perdanawati @tey_saja
Revisi sedikit yak ada yg salah tulis. Hiks. Yg di bagian anaknya bu K ditanya gurunya, itu harusnya, "habis lulus mau kuliah di mana?" Nah terus bagian saya diksh makanan itu maksudnya keluarga mshw yes, bkn saya yg mhsw, tapi suami eike. Risi aja klo gak direvisi. HAHAHA
Login and hide ads.