Pemahaman salah kaprah tentang asam lambung ~ by @erikarlebang

Keawaman berpikir diperparah dengan mempercayai apa yang ditulis atau disampaikan oleh orang yang sebenarnya juga kurang pahami.
health asam lambung foodcombining fitness food maag DIET
291 View 0 comments
Add to Favorite
0
Login and hide ads.
Erykar @erikarlebang
Hari ini ditanya seseorang dengan pertanyaan yang cukup menggelitik. "FC, diet alkali, kan banyak mengkonsumsi makanan pembentuk basa, katanya itu percuma" Jelas sih kalimat ini salah, tapi kepingin tahu juga alasannya apa?
Erykar @erikarlebang
"Soalnya ada yang bilang, begitu masuk lambung, akan diberi asam lambung diberi sifat asam agar mudah diserap oleh lambung" Mau ketawa dengernya. Tapi ya ini realita dalam masyarakat
Erykar @erikarlebang
Keawaman berpikir diperparah dengan mempercayai apa yang ditulis atau disampaikan oleh orang yang sebenarnya juga kurang memahami Tapi terpaksa memberi pendapat karena dianggap paham
Erykar @erikarlebang
Untung saya bukan orang yang dipaksa untuk jadi pihak "dipercayai bahwa paham". Jadi mempelajari sesuatu santai aja Paham logika dasar sudah cukup
Erykar @erikarlebang
Balik ke masalah utama, apa iya fungsi asam lambung adalah mengasamkan apa yang dimakan dan diminum? Hehe
Erykar @erikarlebang
Sebenarnya sih kalau ada orang memberi satu pendapat, buat ngecek bener-salahnya gampang aja "Tanya kenapa dan buat apa?"
Erykar @erikarlebang
Buat apa makanan pembentuk basa diasamkan? Agar mudah diserap lambung? Kenapa? Kalau yang ditanya mendadak gugup, buang muka, nelen ludah dulu pas jawab, matanya kemana-mana, atau jadi defensif Bisa dipastikan klaimnya ngaco
Erykar @erikarlebang
Apalagi kalau melempar jawaban, "Kalau mau ngerti kamu sekolah aja dulu!" Bisa dipastikan 100% dia sendiri gak ngerti apa yang diomongin 🤣 Anda percaya dia? Resiko tanggung sendiri
Erykar @erikarlebang
Pernah ketemu kasus begini? So you know
Erykar @erikarlebang
Balik ke masalah lambung Asam lambung itu adalah bagian dari cairan yang dihasilkan lambung. Jumlahnya memang cukup dominan. Tapi produksinya rumit, tidak boleh berlebih tidak boleh kurang
Erykar @erikarlebang
Masalahnya gak ada fungsi asam lambung buat "mengasamkan apa yang dimakan-minum", apalagi untuk "supaya mudah diserap lambung" Liat aja bagan lambung
Erykar @erikarlebang
Makanan-minuman tidak diproses dengan diserap. Asumsikan kata "serap" adalah menginfiltrasi dinding lambung Jelas-jelas ada pipa penghubung masuk dan keluar. Logikanya makanan-minuman itu "masuk dan 'diproses' di lambung lalu keluar" lewat jalur yang tersedia pic.twitter.com/SYMmvNctc9
 Expand pic
Erykar @erikarlebang
Fungsi asam lambung yang resmi 1. Pembunuh jasad renik yang dianggap berbahaya yang masuk bersama makanan-minuman 2. Mengubah Pepsinogen menjadi Pepsin pemecah protein 3. Memberi signal pengaktifan organ-organ sistem cerna terkait 4. Menjadi alat transpor beberapa unsur
Erykar @erikarlebang
Masih ada fungsi-fungsi lain, tapi ya umumnya masih muter-muter secara sistematis di fungsi resmi tadi
Erykar @erikarlebang
Gak ada kan logika mengasamkan makanan-minuman? 😁 Entah juga apa yang dimaksud?
Erykar @erikarlebang
Dari sisi FoodCombining (FC) serta Diet Alkali sendiri, fungsi makan-minum pembentuk basa, adalah untuk membuat tubuh mampu menjaga PH darah dalam kondisi ideal, " netral cenderung basa" Karena dipercaya, PH darah yang "netral cenderung asam" akan melahirkan masalah kesehatan
Erykar @erikarlebang
Gak percaya? Ya terserah 🤣 Yang pasti disaat banyak orang bermasalah dengan problem kesehatan, muter di situ-situ saja, bahkan bertambah parah Pelaku FC, diet alkali yang melakukan benar, menikmati kualitas hidup, hanya dengan komit mengubah pola makan-minum mereka
Erykar @erikarlebang
Kenapa banyak orang yang "dianggap dapat dipercaya" sering memberi saran ngaco terkait perawatan kesehatan atau mencegah penyakit? Bisa jadi karena orientasinya semata ke sisi mengobati, mengkompensasi, atau bahkan sekedar menunda masalah kesehatan menjadi lebih buruk
Erykar @erikarlebang
Jadi sisi perawatan dan pencegahan terbengkalai. Padahal mudah dan (sangat) murah Tinggal mau disiplin dan komit apa nggak?
Erykar @erikarlebang
Semisal masalah lambung ini, banyak sekali penderita yang dipusingkan oleh kondisi yang kian buruk dari waktu ke waktu. Pindah ahli kesehatan sana-sini, obat ini-itu, terapi ina-inu Yang disalahin ujung-ujungnya stres 🤣
Erykar @erikarlebang
Sementara yang mengadopsi pola makan model FC, dan disiplin melakukan, seringkali terkaget-kaget sendiri. Walau bukan niat mengobati sakit lambung, tapi kesehatan yang diraih memberi bonus, gak pernah kumat lagi masalah lambungnya Bahkan saat stres berat melanda sekalipun
Erykar @erikarlebang
Ya udah gitu aja Percaya sukur, gak percaya? Sebodo amat. Yang penting besok libur
Erykar @erikarlebang
Batasnya PH 9.5. Membantu langsung pencernaan secara instan tentu tidak. Tapi sangat vital membantu membuat fungsi organ cerna menjadi sehat dan berfungsi baik. Pastikan produknya bagus, bukan abal-abal twitter.com/joe_taufic/sta…
poetri @poetri_dp
@erikarlebang Wakakakkk... Gw juga sering aneh ama yg bgini mikirnya, bahkan banyak dokter yg nanya gini ke gw, waduuu. Yaelaahh ini masalah lambung, belum lagi masalah bedain makanan asam dan makanan pembentuk asam. Dipikir mreka makanan asam = makanan pembentuk asam, dohkah
Erykar @erikarlebang
Nah ini! Walau untuk kasus luka lambung beberapa substansi seperti air perasan jeruk nipis bikin dinding lambung perih. Tapi ya ngapain juga maksa minum air perasan jeruk nipis doang? twitter.com/poetri_dp/stat…
Login and hide ads.