Puji Tokoh Fasis, Presiden Prancis Dikritik

Organisasi kelompok Yahudi Prancis mengkritik Presiden Emmanuel Macron karena menyampaikan pernyataan yang mendukung Marshall Philippe Petain.
prancis MarshallPhilippe yahudi FasisNazi
172 View 0 comments
Add to Favorite
0
Login and hide ads.

Koran Sulindo – Organisasi kelompok Yahudi Prancis mengkritik Presiden Emmanuel Macron karena menyampaikan pernyataan yang mendukung Marshall Philippe Petain. Padahal tokoh ini diketahui menjadi pendukung utama kekuasaan fasis Nazi Jerman di bawah Adolf Hitler.

Perwakilan lembaga Yahudi Prancis CRIF, Francis Kalifat mengatakan, pihaknya terkejut dengan pernyataan Macron terhadap Petain. Tokoh itu disebut sebagai “prajurit” hebat ketika Perang Dunia I berkecamuk.

Seperti dikutip sputniknews.com, Petain merupakan sosok yang mengizinkan deportasi terhadap 76 ribu orang Yahudi Prancis ke kamp-kamp kematian. Petain bahkan orang yang membuat kebijakan yang diskriminasi serta rasialis terhadap orang-orang Yahudi.

Lewat akun twitter-nya, CRIF menyampaikan satu-satunya yang perku diketahui tentang Petain bahwa sosok ini telah menghina kemanusiaan terutama rakyat Prancis selama persidangannya pada Juli 1945.

Ketika memeringati 100 tahun berakhirnya Perang Dunia I, Macron mengatakan, Petain adalah seorang prajurit hebata selama Perang Dunia I walau ia akhirnya mengambil kebijakan fatal pada Perang Dunia II.

Login and hide ads.