0

Jadi pembicaraan hangat artikel dari Balairungpress.com yang menulis tentang penyelesaian UGM atas kasus dugaan pelecehan mahasiswa teknik berinisial HS kepada Agni (bukan nama asli) saat KKN di Pulau Seram, Maluku, Juni 2017 yang dinilai tidak tegas dan terlalu ringan.

Story Hasil Kepo Netizen Atas HS, Mhs Teknik UGM yg Lecehkan Agni, Rekannya Saat KKN di Pulau .. Perkaranya dianggap selesai oleh UGM namun dianggap banyak pihak sangat ringan dan tidak berpihak pada Agni 155340 pv 31

Disebut-sebut pernah terjadi juga di kampus yang sama pelecehan yang dilakukan oleh oknum dosen Fisipol UGM pada tahun 2015

Merry MP @MerryMP
@fbajri @timothylumare Kayaknya ini bukan yang pertama ya? Pernah kejadian juga di kampus yang sama. Jangan2 yg ngga terekspos pun ada?
Diah Tricesaria @dee_tricesaria
Ga cuma kasus ini doang. Yang kasus dosen ugm kemarin gimana? Setidaknya itu doang yang muncul kepermukaan! Kami #MenolakLupa #ShameUGM #ShameonUGM !!!!!!!! twitter.com/UGMYogyakarta/…

Berita dari kompas.com tahun 2016

Seorang mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta tidak menyangka menjadi korban pelecehan seksual oleh dosennya berinisal EH. Selama ini, korban mengenal EH sebagai sosok pengajar yang baik, ramah, dan berkarisma.

Ia menuturkan, peristiwa itu terjadi terjadi pada April 2015. Awalnya, korban meminta bantuan konsultasi kepada EH soal tugas presentasi kuliah. Saat itu, EH menyanggupi memberikan bantuan konsultasi. Seusai bimbingan tugas kuliah itu, EH bercerita bahwa ia mendapatkan proyek. EH menawarkan kepada korban untuk membantunya mengerjakan proyek tersebut.

"April 2015 itu, dia (EH) menawari membantu proyeknya. Membantu me-resume penulisan jurnal dia gitu," kata dia.

Dalam proses pengerjaan proyek tersebut, EH beberapa kali mengajak korban untuk bertemu. Setiap kali bertemu, EH cenderung mengajak pada malam hari antara pukul 19.00 WIB hingga 21.30 WIB. Suatu ketika, EH menghubungi korban untuk mengajak bertemu dan membahas proyek. EH memintanya datang ke sebuah pusat studi di UGM.

  • "Malam hari, memang dia sering bekerja di situ, seperti ruangan yang ada perpustakaannya,"* kata dia.

Pada pertemuan itu, EH menunjukkan kepada korban sebuah rak buku yang digunakan untuk mengerjakan proyek. Saat korban berdiri melihat buku, EH mendekati. Saat itulah, tangan EH memeluk korban dari samping hingga korban merasa risih. Namun, hal itu dilakukan EH sambil terus menerangkan.

"Sambil ngejelasin, bagi dia gerakan tangannya seperti itu hal yang wajar. Kaget, takut, saya berusaha melindungi dan menahan dengan tangan," ucapnya.

Seusai kejadian itu, korban sempat bertemu dengan EH. Namun, saat bertemu itu, EH tidak meminta maaf dan seakan-akan merasa tidak bersalah telah berbuat seperti itu. Korban pun ragu-ragu untuk mengungkit masalah itu. Ia memilih bercerita kepada sahabatnya mengenai kejadian yang dialaminya.

Mendengar cerita itu, sahabatnya menyarankan agar korban melapor. Namun, saat itu ia berpikir bahwa melapor justru akan membuat masalah itu menjadi rumit dan bisa memengaruhi kuliahnya. Akhirnya, korban memutuskan untuk menghindar dan menolak ketika diberi proyek maupun ketika diajak bertemu dengan EH. "Saya merasa bersalah dengan diri saya saat itu, kenapa tidak menolak, kenapa tidak berani ngomong, kenapa tidak berani lapor," katanya.

Pada 2016, korban menghubungi seseorang perwakilan kampus yang menyatakan kesediannya untuk memfasilitasi dan menyelesaikan kasus ini. Dari situlah korban berani membuat laporan. Atas kejadian itu, Fisipol telah memberikan sanksi dengan membebastugaskan EH dari kegiatan mengajar dan membimbing skripsi maupun tesis. EH juga diwajibkan mengikuti konseling bersama Women's Crisis Center.

URL KOMPAS.com 15 Ini Penuturan Korban Pelecehan Seksual oleh Oknum Dosen Fisipol UGM - Kompas.com Korban awalnya ragu-ragu untuk melaporkan kejadian itu hingga akhirnya ia menghubungi seorang perwakilan kampusnya.
Mahasiswa Jogja @Jogjastudent
Dosen Hubungan Internasional Fisipol UGM Jadi Pelaku Pelecehan Seksual Baca: klou.tt/j1qx99q2z30u pic.twitter.com/jvUergLQu9
Expand pic
vivienne ✵ @valkyrievers
@InggaAristia Ini berita pelecehan yg dilakukan oleh dosennya idntimes.com/news/indonesia… Hmm jadi pikir-pikir ulang ya mau disitu.
Fachry Ali @fbajri
@MerryMP @timothylumare Waduh 2016. Deket sekali jaraknya ke kasus serupa. 😞 Gue setuju kalo mereka lebih mau menangani hal ini akan lebih terhormat ketimbang nunggu viral kayak gini.
Fachry Ali @fbajri
@MerryMP @timothylumare Oalah. Harus lebih dikerucutin sih kalo begitu biar tau sebab musababnya. Apa perempuan disana memang dipandang gimana atau seperti apa. 😌

Fisipol pun langsung menjatuhi sanksi berupa pembebastugasan bagi EH dari kewajiban mengajar serta pembimbing skripsi dan tesis. Fisipol juga membatalkan usulan EH sebagai kepala pusat kajian. Selain itu, EH juga diwajibkan mengikuti program konseling bersama Women's Crisis Center untuk menangani perilaku pelecehan seksual.

URL KOMPAS.com Dosen Fisipol UGM Dinonaktifkan atas Dugaan Pelecehan Seksual kepada Mahasiswi - Kompas.com Dosen berinisial EH itu mengakui perbuatannya dan kini dibebastugaskan dari aktivitas mengajar.

Beredar rumor dosen tersebut disebut melakukan pelecehan lagi di tempat barunya.

datu, also a bird irl @bersiul_
@tunggalp Mba, sekedar tambah info. Dua tahun lalu ada kasus serupa dg oknum dosen Fisipol UGM (dan ada exposenya di JakPost). Melalui mekanisme yg sama, ybs bisa bebas (dan bisa tetap mengajar di dept sebelah) dan barusan ketahuan melakukan pelecehan lagi di tempat barunya. #ShameUGM
Razy Harzy @razyharzy
@datu_dmrjw @tunggalp Punya link berita/artikel/postingan yg menyebutkan dosen ybs ketahuan melakukan pelecehan lagi di tempat barunya mas?
datu, also a bird irl @bersiul_
@razyharzy @tunggalp Belum ada, Mas. Saya dengar dari obrolan teman, yg kemarin buka stand di Fisipol utk gerilya kampanye soal ini. As with most sexual harassment reports, mayoritas nggak pernah sampai di level expose media atau malah penindakan resminya oleh institusi
Ratih TiChan 🦋 @RatihMcfly
@datu_dmrjw @tunggalp Bakal kejadian terus kalau ga dikasih sanksi berat.
Diah Tricesaria @dee_tricesaria
@lucureceh 'Dibebastugaskan' dari satu departemen kemudian pindah ke departemen lain masih di FISIPOL UGM juga dan baru-baru ini melecehkan perempuan lain lagi di FISIPOL. regional.kompas.com/read/2016/06/0…
Receh Tapi Serius Tapi Receh @lucureceh
@dee_tricesaria Ruaaar biasaaa. Apakah ini memang ada hal yang ditutup tutupi oleh kampus yg bersangkutan ya 🙄

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.