3
cia @plutrous
Siapakah Jack The Ripper? —a thread— pic.twitter.com/TOwscAEM1V
Expand pic
cia @plutrous
Menghadapi 100 tahun, detektif tanpa henti terus mencari identitas pembunuh yg terkenal, yg meneror para wanita Whitechapel pada musim gugur 1888.
cia @plutrous
BTW THREAD MENGANDUNG BEBERAPA PENJELASAN TENTANG PEMBUNUHAN JACK THE RIPPER YG KEMUNGKINAN AKAN MENGGANGGU BAGI BEBERAPA ORANG⚠️⚠️⚠️⚠️
cia @plutrous
Misteri Jack the Ripper dimulai pada 31 Agustus 1888, ketika mayat seorang perempuan yg meninggal ditemukan di jalan Whitechapel. Tenggorokannya telah dipotong dan perutnya dicungkil. 3 bulan kemudian, ketika apa yg dikenal sebagai “Autumn of Terror” telah berakhir,-c
cia @plutrous
c-ada empat perempuan lagi yg telah mengalami nasib yg sama. Pembunuhan itu menggemparkan seluruh Inggris. Karena perburuan terhadap pembunuh tak dikenal itu menyeret masyarakat Victorian yg kaya, dari permukiman Ratu Victoria, dan menjadi terobsesi oleh kasus itu.
cia @plutrous
Sebenarnya, kasus2 pembunuhan yg dilakukan oleh Jack the Ripper hampir tidak ada apa2nya dibandingkan dengan sejarah serial murder yg pernah ada seperti Elizabeth Bathory. Namun, yg membuat kasusnya menjadi sangat populer adalah karena adanya suasana mistis yg meliputi kasus ini.
cia @plutrous
Pada saat kasus ini muncul, sebenarnya nama Jack the Ripper bahkan belum ada. Namun, media dan kepolisian banyak menerima surat. Ada yg mencoba memberi saran, ada yg mencoba memberi tahu identitas pelaku dsb.
cia @plutrous
Hingga suatu hari, ada sebuah surat yg berasal dari seseorang yg mengaku sebagai pelaku dari semua rentetan kasus pembunuhan sadis itu. Dan di bawahnya tertulis nama Jack The Ripper.
cia @plutrous
—WANITA WHITECHAPEL— Wanita miskin di Whitechapel sering tinggal dlm bayang2, orang2 diluar lingkaran mereka tahu tp kurang peduli ttg kesulitan mereka. Seperti banyak wanita miskin pd saat itu, ke 5 korban terikat pada kemiskinan, kekerasan, pengabaian dan kecanduan yg sama.
cia @plutrous
Foto ini diambil sekitar tahun 1902, menunjukkan Dorset Street, yg disebut “jalan terburuk di London” dan dekat tempat pembunuhan Marry Jane Kelly. pic.twitter.com/HgQiNthPqd
Expand pic
cia @plutrous
Ketika mereka bisa, perempuan2 whitechapel yg miskin akan membayar beberapa sen untuk sebuah tempat tidur di sebuah rumah penginapan umum. Asrama yg besar, penuh sesak, dan sering kotor ini menawarkan keamanan dan kehangatan. Pembayaran harus dilakukan di muka,-c
cia @plutrous
c-dan perempuan sering kali beralih ke prostitusi untuk mendapatkan bayaran agar tidak tidur di jalanan. Ilustrasi ini menunjukkan tempat perlindungan yg dikelola oleh Angkatan Darat di Whitechapel. pic.twitter.com/7ZdKVeAisn
Expand pic
cia @plutrous
FYI Prostitusi disini itu sama kaya pelacuran gt maksudnya. Di atas segalanya, kasus Ripper menjadi ironi yg tidak nyaman. Di jantung sebuah kota yg membanggakan diri, seorang pembunuh berjalan bebas, dan tidak ada pihak berwenang yg bisa menghentikannya.
cia @plutrous
Ketika pembunuhan tiba2 berhenti pada bulan November 1888, misteri hanya semakin dalam dan tumbuh. Hampir 140 tahun kemudian, Jack the Ripper telah menjadi pembunuh berantai yg paling terkenal dan paling mitologis.
cia @plutrous
—PEMBUNUHAN— Pada akhir abad ke 19, kehidupan bagi perempuan miskin di London sangat sulit. Banyak dari mereka bekerja dengan upah rendah sebagai pembantu rumah tangga atau di pabrik2 sweatshop.
cia @plutrous
Upah harian mereka sering berarti mereka akan memiliki tempat untuk tidur di malam hari. Dalam keputusasaan, perempuan bisa beralih ke prostitusi, dan jalan2 tertentu di East End London menjadi tujuan mereka untuk perdagangan seks.
cia @plutrous
Ketika Jack the Rapper meneror whitechapel, kematian kekerasan 11 wanita mengungkapkan bahaya yg dihadapi wanita miskin pada saat itu. Dari pembunuhan2 itu, kebanyakan ahli setuju bahwa Jack the Ripper bertanggung jawab atas 5 yg terjadi dr Agustus hingga November 1888.
cia @plutrous
—PARA KORBAN— Saat kasusnya sedang ramai dibincangkan, Jack the Ripper mengirimkan sebuah surat yg ditujukan kepada George Lusk, seorang dari Komite Perwalian Whitechapel dgn disertai sebuah ginjal yg diduga merupakan ginjal dr salah satu korban yg dibunuh Jack the Ripper
cia @plutrous
From Hell Mr Lusk, Sor I send you half the Kidney I took from one woman prasarved it for you tother piece I Fried and ate it was very nise. I may send you the bloody knif that took it out if you only wate a whill longer signed. catch me when you can Mishter Lusk pic.twitter.com/mL9sxGuduC
Expand pic
cia @plutrous
Ya, sepertinya Jack the Ripper memang tidak mengenyam pedidikan. Terbukti dari beberapa kata yg ditulis tidak berdasarkan ejaan bahasa Inggris yg berlaku pada masa sekarang:”)
cia @plutrous
Inti dari surat itu adalah, dia mengirim setengah bagian hati dari korbannya kepada Mr Lusk. Dia bahkan juga akan mengirimi sebuah pisau yg tertanda tangani jika Mr Lush mau. Dia bahkan menantang Mr Lush untuk menangkapnya “jika dia bisa”. kurang lebih begitu kayanya:(
cia @plutrous
Sepanjang tahun 1888 hingga tahun 1891, terlalu banyak kasus penyerangan dan kebanyakn korbannya adalah perempuan. Jadi, sulit untuk memastikan bahwa pelakunya adalah satu orang.
cia @plutrous
Namun, dgn penyelidikan khusus, didapat lima korban yg dibunuh dgn cara yg sama. Kelima korban ini disebut sebagai The Canonical Five atau Kanonik Lima dan diduga dihunuh oleh org yg sama, Jack the Ripper.
cia @plutrous
Marry Ann berumur 43 tahun saat dia ditemukan tergeletak didepan pintu masuk Buck’s Row dgn rok yg tersingkap pada 31 Agustus 1888 pulul 3.40 pagi. Awalnya, seseorang mengira dia sedang tidak sadarkan diri karena mabuk. Namun setelah polisi memanggil dokter, barulah dia-c
Load Remaining (91)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.