1
Login and hide ads.

Agni, Mahasiswi UGM menjadi korban perkosaan yang diduga dilakukan oleh HS (Hardika Saputra), namun penyelesaiannya yang tidak tegas menjadi sorotan, terlebih, HS saat ini segera diwisuda pada November 2018.

BPPM BALAIRUNG UGM @bppmbalairung
[LAPORAN UTAMA] Nalar Pincang UGM atas Kasus Perkosaan Diperkosa ketika KKN, Agni terus berusaha menagih hak dan keadilan kepada pihak UGM. Sementara pelaku melenggang menuju kelulusan @Kemristekdikti @komnasperempuan @UGMYogyakarta @jakpost @tempodotco balairungpress.com/2018/11/nalar-…
Datu Damarjiwo @datu_dmrjw
@bppmbalairung @anakguppy @Kemristekdikti @KomnasPerempuan @UGMYogyakarta @jakpost @tempodotco Sebagai anggota tim di balik kode etik terkait tpks yg teman2 sebut, saya malu berat dengan @UGMYogyakarta Mekanisme silencing yg dipakai UGM mirip dengan kasus EH dua tahun (?) silam, dan kabarnya baru saja terjadi lagi (beliau tetap mengajar setelah kasusnya diekspos JakPost)
URL tirto.id 21 Tanggapan UGM Soal Dugaan Kekerasan Seksual Mahasiswa Saat KKN - Tirto.ID Dekan Fisipol UGM menyatakan sedang menunggu respons dari Rektor terkait rekomendasi yang telah diberikan oleh tim investigasi kasus pelecehan seksual ini.

"Sejak adanya laporan dari penyintas kami di Dekanat telah melakukan langkah-langkah untuk menyelesaikan kasus tersebut dengan berkirim surat pada rektor [tanggal 22 Desember 2017] agar universitas segera menyelesaikan kasus ini," ujar Erwan melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto, Selasa (6/11/2018).

Erwan menyebut berdasarkan hasil rapat soal kasus ini, rektor akan membentuk tim investigasi lintas fakultas dan melakukan pendampingan dengan melibatkan psikolog untuk memulihkan kondisi psikologis penyintas.

Selain itu, universitas akan memberikan sanksi kepada pihak-pihak di Departemen Pengabdian kepada Masyarakat (DPkM) yg dianggap lalai dalam melakukan penanganan awal kasus tersebut sebelum penyintas melaporkan kasus ini ke Fisipol.

"Setelah bekerja dengan intensif, bulan Agustus 2018 tim investigasi telah berhasil mengumpulkan data dan fakta dari lapangan maupun dari pihak-pihak terkait untuk basis perumusan rekomendasi kepada Rektor [UGM Panut Mulyono]," ujar Erwan.

Rekomendasi dari tim investigasi, menurutnya sudah diserahkan kepada Panut. Isi rekomendasi tersebut terkait beberapa hal, yaitu sanksi kepada pelaku, perlindungan dan dukungan kepada penyintas, dan perbaikan tata kelola KKN.

"Sampai saat ini kami masih menunggu keputusan tertulis dari Rektor terkait follow up rekomendasi dari tim investigasi tersebut," pungkas Erwan.

Dugaan kekerasan seksual yang dialami salah satu mahasiswa Fisipol UGM ini jadi perhatian publik setelah pers mahasiswa UGM, Balairung menerbitkan laporan panjang mengenai kasus tersebut. Peristiwa nahas itu menimpa Agni, bukan nama sebenarnya, saat ia dan pelaku menjalani KKN Mahasiswa UGM di Maluku.

Namun, meski demikian, terduga pelaku yang berinisial HS dikabarkan akan segera keluar dari UGM karena berhasil menamatkan pendidikannya dan segera diwisuda

Pria Andalan Mama @mbhigarwp
@inimukti @rudytrihartanto Beneran muk? Kabar burung yg saya dengar yudisiumnya masih di tahan sama fakultas
Mukti Nugraha @inimukti
@Ridlo_Surya01 @mbhigarwp @rudytrihartanto Yoih. Tadi ada yang nyebar identitas pelaku ko di postingan line
Tubi Continue @ Holiday Dulu @tubirfess
Profile linkedin yang tadi dihapus yah, karena pertimbangannya bisa saja salah sasaran, atau ternyata bukan HS yang itu. Apakah ada bukti yang mengarah ke HS itu, selain HS namanya?
Übermenschret @KaizarNr
@veIvetreverie @tubirfess Hardika Saputra, Teknik sipil 14, Wisuda November, KKN pertama di Maluku pas periode agustus, KKN kedua setelah ditarik di Purwodadi Gunung Kidul. Itu doang yg bisa verifiable
Matio Nainggolan @mationainggolan
Ketika pihak kampus UGM berusaha menutupi kasus sama saja dengan melindungi pelaku! Tak ada sanksi tegas dari kampus, bahkan pelaku yaitu Hardika Saputra tetap bisa mengikuti wisuda pada November 2018. Rasakan sanksi sosial, HS! #ShameUGM @the_magdalene balairungpress.com/2018/11/nalar-…
MYA @mariayasinta_16
Hai Hardika Saputra selamat untuk wisudanya.. doaku adalah semoga kamu berhasil wisuda tapi di block dari semua perusahaan apapun yg kamu kirimkan CV mu.. semoga kamu nganggur nak!
MYA @mariayasinta_16
Oh iya kalo kamu liat tweet dengan namamu selamat juga untuk kamu menghadapi sanksi sosial!!! Selamat menikmati wisuda UGM mu...
MYA @mariayasinta_16
@bangjemmes Siapa sih yg mau dikantornya ada predator 😊
Load Remaining (13)
Login and hide ads.