4
GARBI @Garbi_Idn

Gerakan Arah Baru Indonesia

GARBI @Garbi_Idn
Pasti kebanyakan orang belum tahu alasan kenapa waktu take off sama landing, pramugari selalu minta untuk tegakin sandaran kursi, tray table nya harus di tutup, penutup jendela harus dibuka, terus yg duduk di deretan pintu harus free dari semua tas dll?
GARBI @Garbi_Idn
Jadi, alasannya karena 90% kecelakaan pesawat terjadi saat take off dan landing. 90% kecelakaan pesawat terjadi di 8 menit setelah take-off dan 3 menit sebelum landing. Sehingga disebut juga "Critical Eleven"
GARBI @Garbi_Idn
Dan disaat itu terjadi, penumpang cuma punya waktu 90 DETIK buat keluar dari pesawat. Kalo ga keluar, penumpang bisa mati karna berbagai hal, dari smoke inhalation atau kekurangan oxygen, atau pesawat sinking incase of ditching (water landing).
GARBI @Garbi_Idn
Satu emergency exit di cabin, didesain buat evacuate sekitar 65 ORANG dalam waktu 1.5 MENIT itu. Tegakin sandaran apalagi disaat panik, bisa habisin waktu 10 DETIK, dan disaat evacuation 1 DETIK itu udah masalah hidup dan mati.
GARBI @Garbi_Idn
Biasakan untuk menegur kalo penumpang didepan kita tidak menegakan sandaran kursinya, karena disaat ada emergency landing, yang bakalan kena dampak adalah orang yg duduk dibelakangnya
GARBI @Garbi_Idn
Karna bakal trapped (terjebak) dan ga bisa keluar dari kursi.... sedangkan penumpang di depan itu pasti akan lari keluar secepat mungkin supaya bisa selamat.
GARBI @Garbi_Idn
Bukan cuma itu, dalam penerbangan dimalam hari, lampu cabin juga pasti diredupkan? Alasannya sama, karna dalam waktu 90 DETIK semua penumpang harus keluar maka ga ada waktu yang boleh terbuang.
GARBI @Garbi_Idn
Disaat mata terbiasa melihat terang kemudian lampu mati, pasti butuh beberapa waktu supaya mata bisa adaptasi dengan pencahayaan yg gelap... maka dari itu lampu sengaja diredupkan supaya mata tidak perlu adaptasi lagi disaat ada emergency landing.
GARBI @Garbi_Idn
Kalo penutup jendela kabin mesti dibuka itu kenapa ? Di training pilot dan pramugari ada kelas yg namanya "CRMC", jadi kelas tentang komunikasi.
GARBI @Garbi_Idn
Karena 70% lebih kecelakaan pesawat terjadi karna kurang komunikasi antara semua orang, yaitu antara pramugari, pilot maupun penumpang. Dalam penerbangan kita harus gunakan semua info yg ada, termasuk dr penumpang.
GARBI @Garbi_Idn
Kaca dibuka supaya penumpang bisa liat keadaan luar. Contoh ada kebakaran di sayap, kapten ga bisa liat, pramugari ga liat. mungkin malah penumpang yg liat dan bisa kasih info supaya bisa secepat mungkin evakuasi Atau kalo di negara Eropa ,
GARBI @Garbi_Idn
kadang sayap pesawat beku krn ada es, penumpang bisa liat dan kasih info supaya kapten tau dan kita bisa melakukan perbaikan sebelum terbang.
GARBI @Garbi_Idn
Jadi kesimpulannya, dengerin mbak pramugarinya.. karena kalo ada accident, yg bakal kena akibatnya adalah penumpang itu sendiri. Jadi jangan main main dengan safety 🆘
Story Skak Mat! Jawaban Taktis Penumpang Diminta Pindah Demi Pejabat yg Mau Duduk di Kelas Bis.. Pejabat mah berasa punya pesawat dinas kalo terbang 8997 pv 14 26
seradah uchiha @auliasputrid
@Garbi_Idn Apakah orang-orang yang mengambil foto pemandangan di bawah pesawat termasuk melanggar aturan?
iman @imnmchmd
@auliasputrid @Garbi_Idn Kalo udah terbang diperbolehkan ko penggunaan smartphone, jadi ya ga melanggar aturan
Mamuy @valmayukuk
@auliasputrid @MochamadIman12 @Garbi_Idn HP WAJIB MATI pas take off sm landing, krn bahaya bgt, bs ganggu komunikasi. Tapi kalau udh di atas boleh nyala tapi lebih baik airplane mode. Karena provider org2 pasti beda jadi sinyalnya mencar kmna2. Kalo butuh inet bs pake wifi peswt kalo disediakan.
sadboi88 #StanLOONA @ccharliee666
@Garbi_Idn @Alkupra Untuk sinyal HP, sayangnya peraturan itu dulu dibuat ketika HP masih analog dan banyak membutuhkan daya. Tapi HP jaman sekarang sudah safe. Kenapa masih dilarang? Silahkan baca link berikut quora.com/How-serious-is…
Stefanus Asael @Stefanus_Asael
@hawari88 @Garbi_Idn @Alkupra Maaf, sepengetahuan saya dan yang di garis bawahi diatas itu mematikan hp saat take off dan landing
sadboi88 #StanLOONA @ccharliee666
@Stefanus_Asael @Garbi_Idn @Alkupra Bisa jadi benar dilarang saat take off dan landing, tapi bukan karena signal interfere melainkan penumpang jadi tidak aware jika terjadi kecelakaan apabila menggunakan HP. Silahkan cari sendiri jurnal dan artikel yang membahas ini, sudah ada banyak
Amzza @zamazzame
@hawari88 @Stefanus_Asael @Garbi_Idn @Alkupra Good different point of view. But I'd rather to simply obey in-flight rules without debating the scientific reason behind the rules itself.
anita💜DaesangArtist🎻 @tabodanita
@Garbi_Idn @ukharomah Knp masih ada ngeyel menurut artikel bla..bla...Mari ikuti/patuhi aturan. Keselamatan yg utama. klu udah crash emang masih bisa ngomong menurut artikel bla2 seharusnya aman. Klu ngk mau ikuti aturan penerbangan naik becak aja
Load Remaining (3)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.