0
S. Hariadi @SHariadii
Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Turut berduka yang mendalam atas musibah jatuhnya pesawat Lion Air #JT610, semoga seluruh keluarga korban diberikan kekuatan & ketabahan oleh Allah SWT.
S. Hariadi @SHariadii
Menanggapi musibah tersebut, banyak berita yang diinformasikan atau dibagikan di socmed menimbulkan keresahan bagi saya sebagai teknisi pesawat selaku insan penerbangan.
S. Hariadi @SHariadii
Termasuk tanggapan beberapa pengguna socmed yang mungkin awam di dunia penerbangan, tapi langsung memberikan komentar yang malah membuat suasana menjadi meresahkan. Salah satunya menyebar hoax atau menjudge maskapai menjadi buruk.
S. Hariadi @SHariadii
Nah biar pada tahu, saya akan berbagi sedikit informasi mengenai maskapai di Indonesia. Saat ini ada tipe maskapai berbisnis di golongan Low Cost Carrier (LCC) & golongan Full Service Airline (FSA.
S. Hariadi @SHariadii
Untuk Low Cost Carrier (LCC) maskapai yang memberikan tarif rendah & menghapus beberapa layanan penumpang seperti layanan catering, minimalis reservasi & harganya pun terjangkau sehingga lebih dinikmati oleh masyarakat luas. Seperti Lion Air dan Citilink.
S. Hariadi @SHariadii
Sedangkan Full Service Airline (FSA) adalah maskapai yang memberikan layanan penuh.  Contoh maskapainya adalah Garuda Indonesia dan Batik Air.
S. Hariadi @SHariadii
Dari segi standar keselamatan dan keamanan tidak ada perbedaan dari kedua golongan tersebut. Yang membedakan hanya sisi pelayanan.
S. Hariadi @SHariadii
Semua maskapai di Indonesia harus mematuhi aturan & standar keamanan yang dibuat oleh Kementerian Perhubungan. Misalnya dalam pengecekan pesawat, setiap 100 jam pesawat tersebut harus dicek. Ini juga tidak dibedakan antara Lion Air / Garuda Indonesia. Yang jelas aturannya sama.
S. Hariadi @SHariadii
Selain itu, dalam aturan Kemenhub juga ditetapkan aturan yang sama untuk setiap personil yang bekerja maskapai penerbangan. Termasuk Pilot, FOO, Pramugara/i dan Teknisinya.
S. Hariadi @SHariadii
Kalau aturan dan prosedur tidak dilaksanakan dengan baik, maka lisensi akan di bekukan atau bahkan dicabut. Jadi tidaklah benar maskapai dengan harga murah, keselamatannya juga diabaikan.
S. Hariadi @SHariadii
Kami bekerja dengan penuh tanggungjawab dan selalu ingat bahwa keamanan dan keselamatan menjadi yang utama. Kami juga selalu berdoa agar Tuhan memberikan keselamatan dan semua yang di dalam selalu terlindungi olehNya
S. Hariadi @SHariadii
Kami berpikir bahwa yang ada di dalam adalah bagian keluarga kami. Kami tidak mau kehilangan keluarga kami. Jadi, kami harus bekerja dengan baik. Semoga semua mengerti & tidak berpikir buruk terhadap suatu maskapai yang dikaitkan dengan musibah yang terjadi.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.