4
ؘ @buuahmangga
MITOS TENTANG KEPERAWANAN "Cewek tuh kalau pas malam pertama gak berdarah, berarti gak perawan!" "Cewek tuh kalau jalannya ngangkang, berarti gak perawan!" "Cewek tuh kalau dadanya udah kendur, berarti gak perawan!" blablabla - A THREAD -
ؘ @buuahmangga
Thread ini khusus untuk yang ingin nambah pengetahuan aja. Nggak ada unsur vulgar kok. Cuma memang topik ini membahas tentang organ reproduksi wanita, dimana banyak banget yang menyalah artikan kata "perawan."
ؘ @buuahmangga
Sebenernya di dunia medis gak ada istilah "Perawan." Yang ada tuh : Selaput Dara. Dimana arti selaput dara itu sendiri adalah selaput tipis yang terbuat dari membran, biasanya berada di ujung luar vagina.
ؘ @buuahmangga
"Vagina" ini istilah medis loh ya, jadi gpp dong aku sebut langsung. Nah, yg perlu kalian tau juga, Vagina sebenernya kan sebuah saluran, jadi letaknya di dalam. Lapisan luar alat kelamin wanita itu istilahnya "Vulva" yang ada bulu pubis, klitoris, labia minora mayora, dsb
ؘ @buuahmangga
Jadi jangan keliru antara Vagina dan Vulva, ya. Mungkin ini pernah dibahas pas pelajaran IPA di SMP, wkwk. Gpp lah ya, mengingatkan kembali.
ؘ @buuahmangga
Nah, selaput dara letaknya kira-kira sekitar 1,5 cm dari ujung luar vagina. Dan, bentuk selaput dara tuh berbeda-beda setiap wanita. Ada yg kaya bulan sabit, ada yg bolong-bolong, ada yang separuh lingkaran, bahkan ada yang benar-benar menutupi penuh.
ؘ @buuahmangga
Lebih jelas lagi, seperti gambar di bawah ini. Bentuknya setiap wanita kan berbeda-beda, ketebalannya pun berbeda-beda juga. pic.twitter.com/9rrX0wJ5HM
Expand pic
ؘ @buuahmangga
Nah ini bagian paling penting. Selaput dara ada yang punya pembuluh darah, ada yang nggak punya pembuluh darah. Ketika selaput dara itu robek, KALAU kena pembuluh darah, maka akan mengeluarkan darah. Kalau robeknya nggak sampai merobek pembuluh darah juga, ya nggak berdarah.
ؘ @buuahmangga
JADI anggapan "pas malam pertama kalau gak berdarah berarti gak perawan." itu nggak sepenuhnya benar. Nggak semua selaput dara robek pas pertama hubungan intim. "Berdarah"nya itu juga bisa karena kurangnya lubrikasi (cairan pelumas) pada vagina.
ؘ @buuahmangga
Dan ingat juga, Selaput dara yang tipis banget itu bisa robek bukan cuma karena hubungan intim. Tapi juga bisa karena kecelakaan, jatuh, aktivitas bela diri, olahraga, atau kejadian-kejadian lain baik yang disengaja maupun enggak.
ؘ @buuahmangga
Jadi kalau mau menilai tentang "pernah berhubungan seksual atau enggak" ya ngga harus selalu berpatokan pada keutuhan selaput dara yang tipis banget dan mudah robek itu.
ؘ @buuahmangga
Ada tes akademi apa itu, yg buat pendaftar perempuan ada tes keperawanan. Itu menurutku agak gimana juga, ya. Kan bukan berarti mereka yg selaput daranya udh robek berarti pernah berhubungan seksual. Mungkin ada alasan lain diadakan tes itu, tapi aku pribadi ngga setuju sih
ؘ @buuahmangga
Nah penjelasan ini aku dapet dari podcast "Magdalene's Mind" di spotify. Coba deh buat yang perempuan dengerin podcast itu, bermanfaat banget pokoknya.
ؘ @buuahmangga
Juga, masih banyak orang yang menilai "wanita itu masih perawan atau enggak" dilihat dari bentuk fisiknya, heeeu.
ؘ @buuahmangga
"Cewek tuh kalau jalannya ngangkang, berarti gak perawan!" Hellaw, cara jalan orang itu beda-beda kaliii. Bentuk kaki setiap orang aja udah beda-beda, ada yang bentuk kaki X ada yang bentuk kakinya O.
ؘ @buuahmangga
"Cewek tuh kalau dadanya kendur, berarti gak perawan!" Duh, kan bentuk dada (payudara) lebih dipengaruhi oleh kebiasaan dan ukuran tubuh khaann. Ngga ada kaitannya bentuk dada sama selaput dara -_-
ؘ @buuahmangga
"Cewek tuh kalau pantatnya rata dan turun, bongsor gitu, berarti gak perawan!" Bentuk pantat setiap orang beda-beda loh mas, mbak. Tergantung kebiasaan mereka, sering duduk atau enggak, sering olahraga atau enggak, dsb.
ؘ @buuahmangga
Pokoknya bentuk fisik ngga bisa begitu aja dikaitin sama selaput dara, gaes. Open your mind. Jangan sembarangan ngatain orang nggak perawan cuma liat dari fisik doang. Beda lagi kalau kalian ngebandingin dengan orang yang udah melahirkan, itu fisiknya jelas terlihat berbeda.
ؘ @buuahmangga
Browsing lagi dah, baca-baca sana mitos-mitos keperawanan untuk membuka pikiran kalean.
ؘ @buuahmangga
Aku sendiri nggak begitu ngerti apakah kita sebagai wanita harus bener-bener menjaga keutuhan selaput dara, harus bener-bener "memahkotakan" selaput dara apa gimana. Apakah keperawanan merupakan patokan untuk wanita? Aku bener-bener belum ngerti.
ؘ @buuahmangga
Aku baca-baca lagi di tirto.id, sebagian dokter aja masih ngga yakin fungsi selaput dara sebenarnya. Ada juga yang berpikir selaput dara ngga ada fungsi khusus atau fungsi signifikannya bagi wanita.
ؘ @buuahmangga
Ketika dunia medis saja masih memperdebatkan hal ini, eh kita-kita udah membangun stigma tertentu, jadi mitos, terus diturunkan dari generasi ke generasi. Akhirnya muncul spekulasi macam-macam yang bahkan itu bisa berdampak negatif.
ؘ @buuahmangga
Kalau di agama islam, konteks pembahasan keperawanan ini lebih mengacu ke hukum islam. Dimana kita ngga boleh melakukan hubungan intim sebelum halal.
ؘ @buuahmangga
Karena aku disini gak membahas dari sisi agama, so, buat kalian para perempuan, rajinlah cari-cari info tentang bagaimana menjaga organ reproduksi kita dengan baik. Penting banget karena organ vital kita satu ini rentan kena penyakit kalau ngga dijaga bener-bener.
ؘ @buuahmangga
Segitu dulu thread ku yang berantakan huhuhu. Terimakasih sudah membaca 😊
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.