"Kamera yang Sudah Gw Bayar Ternyata Dijual Lagi Sama Dia" Thread Indikasi Penipuan Saat Membeli Kamera di Bukalapak

Berbelanja online memang cukup membantu, sayangnya, tak semua proses pembelian berjalan
belanjaonline penipuan indikasi bukalapak modus KAMERA awesomes
1
Zzzeen @zzzeen
Gw sering banget pake @bukalapak, selama ini aman jaya. Tapi baru hari ini menemukan indikasi penipuan. Emang bisa penipuan di @bukalapak? Ternyata bisa lho...jadi hati2 ya manteman @sheque @Sarepgepeng @hariprast
Zzzeen @zzzeen
Gw emang lagi nyari kamera, dan pas ketemu yang harganya lebih murah dari harga pasar. Harga pasarnya 7jtan gw ketemu harga 6jt. Gak terlalu kaget, karena seminggu ini gw lihat 2 kali orang jual harga segitu. Tapi gw telat jd gak dapet.
Zzzeen @zzzeen
14.16 Karena takut keduluan orang lagi, gw langsung beli dan transfer. Piih dikirim pake Grab Instat yg 3 jam. Gak pernah ragu sih transaksi di @bukalapak , emang mau nipu dengan cara apa? Kalau dia gak kirim kan nanti otomatis cancel dan duit balik.
Zzzeen @zzzeen
Tapi ditunggu sampe sore kok gak nyampe2 ya? Gw mulai curiga. Tp gpp. Deadline pengiriman toh sampai besok siang. Tapi kecurigaan gw bertambah, gw cek profile penjual: baru gabung 23 okt. Wajar aja mungkin pertama kali jual di @bukalapak
Zzzeen @zzzeen
Lapaknya juga kosong, berarti emang dia rookie. Jam 18.35 penjual tiba2 chat, dan langsung minta nomer hp. Gw langsung curiga. Ini orang tinggal kirim barang kenapa minta nomer hape ya?
Zzzeen @zzzeen
Gw langsung lihat lagi profilenya dia. Jreng jreng... itu kamera yang sudah gw bayar ternyata dijual lagi sama dia!!!!!!
Zzzeen @zzzeen
Kalo siang tadi status pesanan diterimanya 0 transaksi, tiba-tiba statusnya berubah menjadi: Menerima 2 dari 4 pesanan (50%). Lho, kan daritadi dia cuma punya 1 listing, kok cepet banget bisa berubah!!!!!
Zzzeen @zzzeen
Wah, berarti ada korban lain selain gw nih? Gw langsung googling dan menemukan ini. youtube.com/watch?v=zaxoFv… dan ini: simulasikredit.com/waspada-ini-mo… Wah, ternyata modusnya beragam ya?
Expand pic
URL www.simulasikredit.com 2 Waspada, Ini Modus-modus Penipuan di Bukalapak | SimulasiKredit.com Harus diakui, keberadaan sejumlah situs jual beli online memang cukup membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Tak perlu pergi jauh-jauh untuk membeli barang yang kita butuhkan. Cukup nyalakan ponsel, cari barang di situs tersebut, bayar, dan clin
Zzzeen @zzzeen
Gw langsung melakukan pembatalan transaksi. Ini jelas2 penipuan. Lalu proses @BukaBantuan ....dan respon bukalapak menurut gw aneh banget.
Zzzeen @zzzeen
Setelah baca2 link tadi, gw gak tau modus mana yg dipake. Gw cek SMS atau WA nggak ada yg aneh-aneh. Gw cek lagi akun gw, oh ternyata yg gue pake beli ternyata akun anak gw. Nomer hapenya jg nomer hp cadangan yg lebih sering mati dalam lemari.
Zzzeen @zzzeen
Ah, gw diselametin nomer yang lagi nggak aktif! Gw yakin si penjual coba nipu lewat nomer itu.
Zzzeen @zzzeen
Aman dong ya harusnya? Toh uda gw batalin transaksinya. Gw udah proses refund lewat @BukaBantuan Harusnya sih... tapi kemudian gw baca ini di status transaksi kalo gw harus menghubungi pelapak untuk membatalkan transaksi. Hah?
Zzzeen @zzzeen
Serius untuk kasus penipuan prosedurnya kayak gini? pic.twitter.com/iMLOvUQxQV
Expand pic
Zzzeen @zzzeen
Harusnya @bukalapak berdasarkan komplain bisa langsung lihat aktifitas penjual dan ambil tindakan. Terakhir statusnya 2 dari 5 transaksi bermodal 1 barang. Berarti sudah ada 2 korban kan?
Zzzeen @zzzeen
Kalo emang benar, penasaran sih modusnya gimana. Trus dikasus gw, kalo misalnya penjual nolak batalanin transaksi gmn? Tolongin ya @BukaBantuan
Arif Teja Mukti @ariftedja_m
@zzzeen @bukalapak @sheque @Sarepgepeng @hariprast sama om, saya dulu bukan mau ketipu, tapi sebagai pembeli saya tidak bisa cancel sebelum 2x24 jam (waktu respon penjual), padahal udah 1x24 jam, dan saya butuh barang cepet, maunya si cancel trus nyari seller lain, tapi gak bisa @bukalapak
Ancelmus @ancelmus
@zzzeen @dfrnm @bukalapak @sheque @Sarepgepeng @hariprast Kalau di toped maupun shopee saya biasa diamkan atau langsung klik tombol cancel. Tar nunggu respon sellernya.. Kalau gak direspon yah tar otomatis ke cancel, kalau dia nolak dan gak dikirim atau kalau dikitim tp bodong yah lapor aja tar duitnya ketahan biar seller gak dapet.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.