Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.

Sari Wangi Bangkrut Karena Teh Kurang Instagramable?

kata melenials sih begitu
0
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis

Teh Sariwangi yg legendaris itu akhirnya pailit dan kolaps. Utangnya 1 triliun lebih. Gak sanggup bayar. Kemungkinan kesalahan prediksi bisnis. Invest gila2an ternyata pasarnya nggak sebesar yg diduga. Bisnis tak selamanya seenak secangkir teh hangat di pagi hari.

18/10/2018 07:11:26 WIB
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis

Kerjasama dg Unilever yg dulu dilakukan hanya sebatas akuisisi merk. Bukan seluruh bisnis dibeli. Jadi mayoritas operasional bisnis tetap ada dalam kendali Sariwangi sendiri. Belum tau ke depannya bgm nasib brand teh celup Sariwangi.

18/10/2018 07:13:27 WIB
Didi Arifianto @didiarifianto

@Strategi_Bisnis Saya lebih suka Tong Tji dan 2 Tang, min. Teh nya lebih punya karakter

18/10/2018 07:14:48 WIB
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis

Sariwangi perusahaan yg blm go public. Jadi data2 keuangan mereka tak ada yg dipublish ke luar. Yg pasti, utangnya 1 triliun lebih dan sdh nyerah gak sanggup bayar. Gaji karyawan sdh sering telat dibayarkan.

18/10/2018 07:16:10 WIB
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis

Investasi besar2an dilakukan di aspek perkebunan. Yakni dalam soal irigasi kebun tehnya. Targetnya produksi teh bisa naik signifikan. Ternyata gagal. Investasi ratusan miliar buat teknologi irigasi kebun teh jd sia2. Jadi masalahnya di aspek produksi. Bukan pemasaran.

18/10/2018 07:18:49 WIB
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis

Sekali lagi masalah utama Sariwangi ini ternyata ada dalam aspek produksi perkebunannya. Mrk mungkin salah strategi dlm kelola produksi perkebunannya. Kolaps akhirnya. Kalo dari aspek pemasaran, mrka masih oke.

18/10/2018 07:24:03 WIB
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis

Pelajarannya kejatuhan perusahaan bisa krn : 1. Pemasaran produknya nggak laku. 2. Produksi yg kalang kabut Sariwangi ini kayaknya yg kedua. Penjualan oke2 saja. Namun manajemen produksi perkebunannya kurang bagus. Salah lakukan investasi produksi.

18/10/2018 07:26:47 WIB
Laki-laki Good Looking @Soengkawa

@didiarifianto @Strategi_Bisnis Kalo di pecel lele pke teh apa ya gan? Koq kayaknya uenak bnget, suueggger gitu😂

18/10/2018 07:27:59 WIB
TENTRIZTO @titipsalamm

@Soengkawa @didiarifianto @Strategi_Bisnis teh cap bendera mas, jaman saya kecil bapak dan ibuk saya nyetok itu buat nge teh pagi 😁

18/10/2018 07:44:36 WIB
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis

Klarifikasi dari Unilever. Intinya brand Sariwangi tetap akan eksis. Yg produksi bisa pabrik lain. Bukan pabrik sariwangi yg sdh bangkrut. Dulu yg dibeli Unilever memang brand-nya. Brand Sariwangi. Bukan pabriknya. So relax. Teg Celup Sariwangi akan tetap eksis. pic.twitter.com/1DOrtUd1QQ

18/10/2018 08:35:42 WIB
Expand pic
detikcom @detikcom

Sariwangi Pailit Gara-gara Utang Menggunung, Berapa Jumlahnya? detik.id/VpNSn6 via @detikfinance pic.twitter.com/ytNi0WWPnZ

18/10/2018 08:48:29 WIB
Expand pic
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis

Brand Sariwangi ini emang bagus sejak dulu. Makanya brand-nya dibeli Unilever. Mirip dg Kecap Bango yg brand-nya jg dibeli Unilever. Krn brand-nya yang dibeli, maka penjualan Sariwangi akan tetap jalan meski pabrik pembuatnya kolaps. Unilever bisa segera cari supplier lain.

18/10/2018 08:59:28 WIB
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis

Pelajaran lain : brand lbh utama daripada pabrik. Brand Coca Cola atau AQUA lbh mahal daripada harga ribuan mesin pabrikasinya. Pabrik Sariwangi boleh pailit. Tapi brand Sariwangi tetap terjaga baik dibawah naungan Unilever.

18/10/2018 09:01:09 WIB
Strategi + Bisnis @Strategi_Bisnis

Tentu saja akan ada impaknya bagi Unilever. Tak mudah menemukan supplier teh lain dg segera. Apalagi yg punya kapasitas besar dan mutu konsisten. Pasti penjualan teh Sariwangi akan terganggu krn pasokan akan langka.

18/10/2018 09:02:29 WIB
Mochamad Syadam S @MochSyadam

@detikcom @detikfinance Ini pasti Perkebunannya yg pailit, brand nya sih kaga. Emang perkebunan teh anjlok bgt akhir2 ini, sampe ada perkebunan tempat dulu ku kerja dalam setahun untungnya 2 bulan doang, sisanya rugi 😅

18/10/2018 09:03:19 WIB
@maiasoffa

@detikcom @detikfinance Ini teh kantong Bunda sari murni Yang rasanya Enak sekali Semua suka Aromanya nikmat Bikin kita jadi semangat..

18/10/2018 09:05:52 WIB
anaherhilda @idanaher

@titipsalamm @Soengkawa @didiarifianto @Strategi_Bisnis Nah, ini. Ini enak banget, mas. Menurut saya.. Tapi susah carinya. Apalagi yg celup. Saya minta ibu mertua buat kirim dari Riau ke Jawa kalo lagi kangen sama rasanya.

18/10/2018 09:10:33 WIB
Mochamad Syadam S @MochSyadam

@Strategi_Bisnis Ini pasti Perkebunannya yg pailit, brand nya sih engga karena emang dibeli Unilever. Emang perkebunan teh anjlok bgt akhir2 ini, sampe ada perkebunan tempat dulu ku kerja dalam setahun untungnya 2 bulan doang, sisanya rugi 😅

18/10/2018 09:12:29 WIB
🐼🐼🐼 @pengendalipanda

@HermawatiEvi @detikcom @detikfinance Itu yang pailit pabrik produsen teh-nya mba, untuk brand mah dipegang Unilever jadi tinggal nyari pabrik lagi aja buat suplay teh-nya

18/10/2018 09:40:22 WIB
Lisa Fahranie @fahraniee

@detikcom @detikfinance Lebih seneng sama teh ini sih, aroma sama rasanya lebih endeus gitu pic.twitter.com/XWJ7amldAq

18/10/2018 09:43:22 WIB
Expand pic
Expand pic
Load Remaining (108)

Comment

No comments yet. Write yours!