Kami Harusnya Ketawa Apa Nangis? Gereja Kami Puluhan Tahun Belum Dapat Izin, Lha Ini Sama RUU Pesantren Malah Diminta Urus Izin Sekolah Minggu Sama Katekisasi

Thread by: @abrahampurba_
katekisasi gereja viralnow RUU Pesantren Sekolah Minggu
1
Natanoey @yonatanesli
Gini Amat Beritanya. Mungkin ada yang tau berita aslinya gimana. Mending biar paham sekolah minggu dan katekisasi itu apa, jadi kristen aja semua pic.twitter.com/BxKgIorgIx
Expand pic
Christine Margaretha Batubara @mrgrthbtb
Plis, Pemikiran dasar mengenai SEKOLAH MINGGU dan KATEKISASI itu berbeda dgn PESANTREN. SEKOLAH MINGGU "tidak memiliki kurikulum pendidikan" dan bagian dari jadwal peribadatan sedangkan KATEKISASI merupakan bagian dari pendalaman Alkitab sebelum mengaku percaya kepada Kristus. pic.twitter.com/w3TbVOwvYz
Expand pic
apniputra @bung_pn
Ada perbedaan fungsi antara pesantren dengan sekolah minggu dan katekisasi. Saya lebih melihat pesantren itu lebih setara dengan sekolah alkitab dan STT, tapi dalam pasal 69 butir (1) perancang uu tsbt menyamaratakan hal yang jauh berbeda dari fungsi. pic.twitter.com/dnjGlaPetD
Expand pic
apniputra @bung_pn
Sy melihat ada kejanggalan pada butir (3) dimana sekolah minggu dan katekisasi disamakan dengan sekolah formal mengenai jumlah peserta. Di gereja saya, sekolah minggu ada 3 kelas buat anak2 dan 2 kelas buat remaja. Gmn klo kuota ga nyampe buat 1 kelas? Terlalu mengada-ada bukan? pic.twitter.com/O1iGEbSZaR
Expand pic
apniputra @bung_pn
Di butir (4) malah lebih aneh lagi, bagaimana prosedurnya yg harus di jalanin? Apakah harus setiap tahun? Apakah harus setiap gereja mendaftar atau cukup sinode? Atau PGI? Terkait dengan di butir (3) juka kuota ga sampe, sekolah minggu ga jalan? pic.twitter.com/PFwK0mEvFp
Expand pic
apniputra @bung_pn
Ibarat kata, sekolah minggu, katekisasi yang setara dengan ceramah jumaatan karena sifatnya ibadah,, mau disetarakan dengan kelas Les atau bimbel. Padahal sekolah minggu sama halnya dengan pendidikan diniyah informal islam seperti yang tercantum pada pasal 53 di UU yang sama pic.twitter.com/HMRK0XPeM7
Expand pic
apniputra @bung_pn
Oleh karena itu, aturan tersebut sangat keliru dan sarat akan kesewenang-wenangan dari kelompok2 intoleran. UU ini bisa dipakai kelompok intoleran menyegel menghentikan kegiatan sekolah minggu hnya krn tdk ada izin dari kementerian agama.
apniputra @bung_pn
UU ini dapat menjadi sebuah alat untuk mengintervensi peribadahan umat Kristen. Oleh karena itu, kami umat kristen di Indonesia menolak pasal 59-60 dalam RUU tersebut @lukmansaifuddin @Kemenag_RI @DPR_RI
Abraham @abraharnpurba
Gereja kami puluhan tahun belum juga dapat izin. Lha ini sama RUU Pesantren malah diminta urus izin sekolah minggu sama katekisasi. Kami harusnya ketawa apa nangis?
Abraham @abraharnpurba
Gereja Kristen Protestan Simalungun jemaat Cibinong. Sudah punya lahan seluas 1000 m2 dan bangunan semi permanen di Kampung Gudang, pinggir tol Jagorawi. Krn tak pernah bisa digunakan utk ibadah, hingga kini kami menyewa ruangan per minggu di sebuah resort di kawasan Tapos, Depok
Abraham @abraharnpurba
Pihak resort akan memberikan ruangan yg available, tiap minggunya pasti beda-beda. Kalo lagi ada acara partai atau ormas, kami tak kebagian ruangan. Maka ibadah di taman terbuka pun jadilah. Anak sekolah minggu mah gosah ditanya. Tiap minggu kebaktian padang. 😊
Abraham @abraharnpurba
Apa yang salah dgn gereja kami? Gak ada. Lokasi sedari awal adalah lokasi terpencil, kebanyakan kebun kosong dan gudang milik pengepul besi tua dan barang bekas. Lalu muncul kontrakan2 berupa rumah petak berjejeran. Lalu ramai. Buruh pabrik berdatangan.
Abraham @abraharnpurba
Sampai di situ aman. Kami membangun sebuah rumah untuk pendeta, dan sebuah gedung semi permanen untuk ibadah. Darurat. Sampai di sini tak ada keberatan dari warga sekitar. Hingga datang provokasi. Lalu izinpun diungkit, dan kami terusir. Hingga sekarang.
Abraham @abraharnpurba
Sekian tahun gedung itu terlantar, tapi kami tak putus harap. Areal tanah yg masih kosong lalu kami bangun kontrakan2 juga. Beberapa jemaat yg membutuhkan, tinggal di situ dgn subsidi. Beberapa disewa orang lain. Setiap 17-an kita bikin kegiatan dgn penduduk kampung. Meriah.
Abraham @abraharnpurba
Setiap hari raya kurban, kita ikut nyumbang seekor sapi. Kadang kalo budget agak terbatas, cuma beberapa ekor kambing. Akses jalan juga kita benerin. Warga setempat gembira dgn keberadaan gereja. Kami ikhlas, dgn harapan suatu saat keadaan berubah.
Abraham @abraharnpurba
Setiap tahun, panitia mereview progres perizinan pembangunan. Pendekatan intens ke RT/RW terus dilakukan. Bahkan ulama yg konon menyuarakan keberatan juga kita sowan. Hasilnya, setelah 17 tahun kita berjuang, nihil.
Abraham @abraharnpurba
Tahun ini kita akhirnya mereview total. Kita ambil keputusan, tahun ini harus ada kepastian kita masih meneruskan ikhtiar ini atau cari solusi lain. Target 2020 kita harus ada gedung ibadah yg resmi, legal dan MENETAP.
Abraham @abraharnpurba
Lalu muncul RUU Pesantren yg lagi rame ini. Mana yg harus kami urus dulu?
Abraham @abraharnpurba
Masa ada sekolah minggu tapi gerejanya gak ada.. XD
INDONESIA @Kode_Pos
@abrahampurba_ Kemudian indon bilang “ Tirani Minoritas “
Abraham @abraharnpurba
@Kode_Pos Hahaha.. Pernah sekilas baca tentang tirani minorotas ini.
Mamay Ryan @marthaliajess
@abrahampurba_ abang yg kuat ya, saya gak pernah ngadepin struggle se berat itu. karna dari awal tempat ibadah tetap saya gapernah ada masalah serumit itu:")
gelap @sycamorepattern
@abrahampurba_ sori2.. sebenernya aturan bangun rumah ibadah non muslim tu gimana sih?perasaan banyak bgt yg masalahnya sama. kalo bangun masjid kan asal tanah wakaf udah beres.
Load Remaining (16)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.