Olah Raga Berat Meningkatkan Jumlah Radikal Bebas Perusak Tubuh ~ by @erikarlebang

Olah raga selain menyehatkan juga di sisi lain memberikan masalah yang tidak kalah serius.
sehat DIET health food rawfood CURE foodcombining
1
Erykar @erikarlebang
Curiosity killed the cat Keingin tahuan itu mematikan. Bisa jadi. Tapi di sisi lain pengingkaran pada pengetahuan mungkin juga lebih mematikan
Erykar @erikarlebang
Kemarin bertemu dengan teman lama. Perbincangan kami menyerempet ke hal-hal yang biasa saya edukasikan pada masyarakat luas, kesehatan "Segitu banyak buku yang lu tulis emang jaman sekarang masih ada yang baca?" | "Tauk? Tapi dicetak terus tuh"
Erykar @erikarlebang
Obrolan kami akhirnya mengerucut ke masalah kesehatan harian, lucunya semakin saya menceritakan hal-hal sederhana tapi faktual tentang kesehatan, semakin kuat penolakan yang diberikan Pake mimik ngambek segala 🤣
Erykar @erikarlebang
Dia pecinta tren lari marathon, jelas tersinggung banget waktu saya mengungkap fakta gelap olahraga berat meningkatkan jumlah radikal bebas perusak struktur selular tubuh manusia Makin sering dilakukan, makin rusak tubuhnya
Erykar @erikarlebang
Olahraga seperti lari bisa jadi meningkatkan kualitas koordinasi paru dan jantung serta struktur otot. Tapi di sisi lain ya memberikan masalah yang tidak kalah serius Apalagi kalau dibarengi klaim bodoh "Sudah olahraga, makan bisa apa saja"
Erykar @erikarlebang
Terlebih lagi Kalau olahraga itu dilakukan di usia di mana tubuh seharusnya sudah ada di fase menghemat semua aksi 'pemborosan' yang bisa dilakukan di usia muda. Ya boros enzim, boros merusak sel, boros merongrong sistem antibody dan seterusnya
Erykar @erikarlebang
Lah ini lewat 30, masuk 40, bahkan setengah abad lewat, malah kian gencar ikut lomba lari. Wiken dikit ngikut event. Ya wassalam. Badannya kewalahan. Kalau dia bisa protes, tubuh bisa jadi ngomong "Dulu jaman gue masih bisa diajak boros kemana aja lu?"
Erykar @erikarlebang
Konyolnya aktvitas alamiah yang bisa menyelamatkan tubuh dan membantu penghematan dari aksi boros-borosan tadi malah dijauhi. Setidaknya dianggap aneh kalau dilakukan Atau diributkan masalah 'ribet' kadang dianggap 'mahal'
Erykar @erikarlebang
Makanan dan minuman kaya antioksidan yang bisa jadi penyelamat tubuh pasca perusakan via olahraga tadi semisal Lebih sering dijauhi
Erykar @erikarlebang
Saya sering makan bersama para pecinta lari dan sepeda pasca beraktivitas, ada yang pesan makanan alamiah yang tidak tersenggol oksigen berlebihan? Salad? Atau karedok kalau lokal semisal? Jarang mampus!
Erykar @erikarlebang
Pesan air putih aja jarang. Kalaupun ada, mana ada yang memperhatikan apakah kandungan antioksidannya baik? Kaya mineral atau tidak? Rentetan ketidak tahuan ini bisa membunuh perlahan lho. Malah bisa jadi cepat
Erykar @erikarlebang
Yang lucu omelan teman saya seperti merangkum sisi lain masalah denial pada pengetahuan ini. "Mosok harus bergantung sama makanan model buah-sayuran muluk? Minum air segar dari mesin model #AirKangen gitu? Kenapa gak beli produk suplemen yang tinggi kandungan ini-itu? Praktis"
Erykar @erikarlebang
Dia mengharapkan suatu produk praktis -yang orientasinya sebenarnya bersifat suplemen, tambahan- bisa menambal ketidak peduliannya pada pengetahuan "bagaimana seharusnya cara menjalani kehidupan?"
Erykar @erikarlebang
Lah namanya aja suplemen, tambahan. Yang utamanya dulu dibenerin. Baru suplemennya berguna. Jangan kebalik. Badan dirusak, terus berharap suplemen bisa memperbaiki kerusakan tersebut
Erykar @erikarlebang
Penutupnya lebih kocak sih, "Ah ujungnya mati-mati juga. Ngapain dibikin ribet?" Hehe
Erykar @erikarlebang
Jadi inget tokoh legendaris BKS Iyengar, sosok panutan saya untuk belajar yoga. Dia membahas kematian dengan cara elegan "Semua pasti mati. Tapi bagaimana cara menjemput kematian itu yang membedakan kualitasnya? Menjemput kematian dengan penuh harga diri atau keputus asaan"
Erykar @erikarlebang
Yang dimaksud di sini, tentu, kematian normal ya. Bukan musibah model kegencet angkot atau ketiban crane
Erykar @erikarlebang
BKS Iyengar sendiri menjemput ajalnya sesuai dengan perkataan dia tadi. Hasil dedikasinya berpuluh tahun berlatih yoga walau cibiran dialamatkan. Di saat dokter-dokternya seperti kehabisan akal menyelamatkan nyawanya. Dia berkata "Tenang, saya sudah siap 'berganti baju' kok"
Erykar @erikarlebang
Di sisi lain sampai sekarang saya sudah sering sekali berinteraksi dengan orang yang menjemput ajal dalam kondisi mengenaskan, penuh keputus asaan Tergolek lemah menunggu waktu sementara kualitas hidup hilang satu per satu
Erykar @erikarlebang
Pukul rata mereka-mereka itu adalah orang yang, ya itu, mengacuhkan fakta "bagaimana cara menjalani hidup sehat seharusnya seperti apa?" Merawat kesehatan itu bisa jadi terkesan merepotkan atau kemahalan. Tapi tunggu sampai Anda kehilangan
Erykar @erikarlebang
If "curiosity killed the cat" what if I say in different way "Denial killed human?"
Indi @indihee
This. Masih banyak temen saya yang dalam sebulan bisa ikut 2x HM dan ga sampe 2 bulan udah ikut lagi FM... Padahal hal tsb sangat tidak dianjurkan twitter.com/erikarlebang/s…
Erykar @erikarlebang
Tenaaang Yang sudah melakukan beberapa lama dan komplen ke saya udah banyak banget Lho kok tenang? twitter.com/indihee/status…
Erykar @erikarlebang
Ada yang bilang hidup sehat yang dipelihara lewat makan dan minum itu mahal. Memilih rutin beli suplemen tertentu Dengan harga ampun-ampunan mahalnya! twitter.com/anitta_damayan…
Load Remaining (8)
Login and hide ads.