1
Hans @theopilushans
❲THREAD❳ WEWE DIA DATANG TIDAK UNTUK MEMBAWAMU KEMBALI.. pic.twitter.com/63XscBJipo
Expand pic
Hans @theopilushans
“Masuk, udah maghrib! Nanti diculik Wewe!” ㅡkalimat itulah yang paling sering gue denger dari Ibu gue saat gue dulu tetep ngelunjak buat main menjelang waktu maghrib.
Hans @theopilushans
Dan gue yakin kalian-kalian yang baca thread ini pun pasti pernah ngedenger kalimat serupa dari orangtua kalian pas kecil. Mungkin gak sama persis, tapi intinya kurang lebih ya pasti sama. Semacam suruhan buat jangan main / keluar maghrib maghrib.
Hans @theopilushans
Nah, yang akan gue bahas di thread kali ini bukan pengalaman gue pribadi. Gue bakalan bahas tentang Urban Legend terkait makhluk “Wewe” ini berdasarkan dari apa yang pernah Ibu gue ceritain semasa gue kecil. Thread ini tercetuskan karena semalem gue abisㅡ
Hans @theopilushans
nonton A Mother’s Love nya bang Joko Anwar yang keren dan mindblowing abis. Ceritanya ya ngangkat tentang si Wewe ini. Dan kebetulan, di kampung gue itu pernah ada orang yang “katanya” pernah di culik sama Wewe. Sebut aja namanya Ja'i.
Hans @theopilushans
Awalnya, gue tau Ja'i ini sebatas Orang Gila kampung yang emang suka jalan jalan keliling kampung. Maaf kalau kedengerannya agak sedikit kasar. Tapi berhubung karena beberapa temen maen gue dulu dan orang kampung kebanyakkan nyebut dia Orang Gila,
Hans @theopilushans
jadilah gue ikut-ikutan beranggapan kalau Ja'i ini Orang Gila. Dan karena hal ini, gue sering dikeplak sama Ibu gue. Kata Ibu gue, gak boleh sembarangan kalau ngomong apalagi sampe ngata-ngatain orang lain gila, padahal belum tau kebenerannya gimana.
Hans @theopilushans
Yaudah lah, atas dasar keingintahuan gue yang tinggi, gue tanya dong ke Ibu gue tentang siapa si Ja'i ini sebenernya dan apa yang udah dia alamin sampe bisa jadi 'Stress' gitu. “Mamah juga tau dari Mamak sih. Dan memang banyak yang bilang, kalau si Ja'iㅡ
Hans @theopilushans
itu jadi stress begitu karena pernah diculik sama Wewe.” Saat gue tanya lagi kejadiannya kapan, ibu gue bilang; “Yang jelas dulu banget. Ibu juga masih kecil, belum ketemu sama bapakmu dan kamu pun belum lahir!”
Hans @theopilushans
Iya. Fyi, waktu gue kecil itu si Ja'i ini emang udah tua, udah bapak bapak. Ada kali ya sekitar umur 50 tahun an. Jadi ibu gue juga tau kisah si Ja'i ini pas dia masih kecil. Dia juga sering ditakut-takutin sama Mamak (Almarhumah nenek) pake kisahㅡ
Hans @theopilushans
si Ja'i ini kalau ngeyel main keluar maghrib. Mungkin karena dulu cara ini ampuh buat bikin Ibu gue takut keluar maghrib, makanya Ibu gue nerapin metode yang sama dari apa yang pernah dia alamin semasa kecil sama Mamak, ke gue dan adik gue hehehe.
Hans @theopilushans
Intinya, kata ibu gue kisah si Ja'i ini emang lumayan bikin geger sepenjuru kampung. Ya gimana gak bikin geger, (Ini gue ceritain berdasarkan apa yang gue simak dari cerita Ibu gue langsung ya). Si Ja'i ini katanya diculik sama Wewe itu pas umur dia sekitarㅡ
Hans @theopilushans
5 tahun-an. Dan baru balik lagi setelah 20 tahun kemudian. Kebayang gak tuh berapa lamanya dia dalam asuhan Wewe? (Gue gak  begitu tau sih spesifiknya ngilang berapa taun, tapi yang jelas dia diketemuin itu pas udah menua intinya). Dia diketemuinㅡ
Hans @theopilushans
sama warga diatas pohon tangkil. Dalam keadaan yang bisa dibilang ya begitu.. mentalnya sedikit keganggu. Lalu, darimana mereka tau kalau itu si Ja'i? Nah.. yang ini gue gak begitu jelas sih. Pokoknya pas penemuan si Ja'i diatas pohon tangkil itu tuh,
Hans @theopilushans
katanya orang tuanya juga ada disitu. Ya mungkin namanya juga orang tua kali ya.. meskipun wajah udah berubah, tapi mereka pasti masih bisa ngenalin anaknya sendiri. Terlebih si Ja'i ini kan ilang udah lama dan udah dicari cari juga selama bertahun-tahun.
Hans @theopilushans
Mungkin juga Ja'i ini punya tanda lahir atau apa gitu.. yang bikin si orangtuanya yakin kalau yang mereka temuin diatas pohon tangkil itu ya memang si Ja'i. Untuk asal usul penculikkan si Ja'i sama Wewe ini sendiri gimana gimananya,
Hans @theopilushans
Ibu gue gak nyeritain begitu detail sih. Mungkin karena ya memang udah lama juga kali ya kejadiannya. Tapi tetangga tetangga pun memang udah pada tau kalau si Ja'i ini memang pernah diculik Wewe. Sampe gue juga pernah iseng nanya ke Bi Ipah (tukang gorengan),
Hans @theopilushans
tentang si Ja'i ini. Dan jawabannya tuh sama, karena diculik Wewe. Dan berakhir dengan gue yang ditakut-takutin. “Makanya jangan suka keluyuran maghrib maghrib kalau gak mau kayak si Ja'i!” Ya dari sini bisa disimpulin dong. Kisah penculikkan si Ja'i iniㅡ
Hans @theopilushans
memang seheboh itu (dikampung gue pastinya ya). Dari cerita yang beredar sih, si Ja'i itu selama diculik Wewe dikasih makan cacing, dedaunan sama tulang tulang. Cuma yang diliat sama si Ja'i gak kayak apa yang disebutin. Dia ngeliatnya,
Hans @theopilushans
Mie, daging sama sayur sayuran. Dan dia sadar kalau selama ini apa yang dia makan gak sesuai sama apa yang dia liat itu, pas menjelang dia dibalikkin lagi sama Wewe. Selama kurang lebih hampir 20 tahun, makan yang begituan.. gue merinding sih.
Hans @theopilushans
Itulah kenapa dia kembali dengan keadaan yang gak sama seperti dulu. Dalam artian, jiwanya sedikit keganggu. Info ini didapet dari si Ja'i sendiri katanya, karena pas dia diketemuin itu gak langsung dibawa pulang, melainkan dibawa keㅡ
Hans @theopilushans
rumah pak RT dulu, dan disana dia ditanya tanya. Ya mungkin pas itu dia masih bisa nginget nginget kali ya apa aja yang udah dia alamin sampe akhirnya dia jadi stress sendiri. Masalah terkait anak anak yang pernah diculik Wewe ini pada dikembaliin lagiㅡ
Hans @theopilushans
atau gak, gue gak tau pasti sih. Karena ada beberapa yang katanya pas diketemuin itu tinggal tulang berulang. Well, itu balik lagi ke pemikiran masing masing sih ya. Wong namanya juga mitos, mistik. Cuma karena dulu mungkin biarㅡ
Hans @theopilushans
lebih ampuh aja buat nakut nakutin gue yang super bangor ini, gak cukup nakut nakutin pake nyebut sosok Wewe, Ibu gue suka nambah nambahin; “Yaudah main aja sana, kalau diculik Wewe terus gak pernah balik balik lagi, jangan salahin mamah!”
Hans @theopilushans
Dan itu lumayan ampuh sih buat bikin gue udah ada didalem rumah sebelum bener bener maghrib. Gue gak pernah tau sih sampe sekarang sosok Wewe itu seperti apa dan kayak gimana. Cuma dari cerita ibu gue dan dari sumber lain yang pernah gue baca sih,
Load Remaining (15)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.