2
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
Jadi gue mau lanjutin ini yak. Ini berdasarkan pengalaman yang masih cupu. Tapi semoga bisa membantu untuk kalian. Penglamanku kuliah sambil kerja. -A THREAD- twitter.com/romiyooo/statu…
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
Oke, jadi awalnya gue tuh lulus SMA langsung kerja. Iya, langsung kerja. Kok bisa? Waktu itu masih rame forum gitu, sampai akhirnya bisa ngelamar kerja dari sana dan diterima. Sebagai apa? Gue ngerjain SEO? Apa itu? Googling. Belajar dari mana gue? Googling doang sama otodidak.
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
Gue kerja sekitar satu tahun, baru masuk kuliah. Gue kuliah regular 2 atau kelas karyawan. Kuliahnya cuma Sabtu-Minggu dan atau weekdays malem. Sama ada kuliah online juga. Buat yang mau tau gue kuliah di mana, japri aja. Kok gak langsung kuliah dari SMA? Saya tidak kaya maap.
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
Sampe sini mungkin jelas ya, gue gak kuliah regular biasa. Jadi silakan tinggalkan thread ini kalau kita tidak sejalan. Buat yang punya keterbatasan ekonomi seperti saya dan belom kuliah, boleh dilanjutin.
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
Setelah satu tahun ngerjain SEO, gue cabut. Gue kuliah di Q4 tahun 2014. Gue cari kerja lagi yang sabtu-minggu bisa lowong dan gak pulang malem. Akhirnya gue keterima buat ngerjain Media Digital macam FB ads dan google adwords. Belajar dari mana gue? Otodidak dan googling. Wlwlwl
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
"Kok gak papa itu masih kuliah udah keterima kerja?" Iya gue cari kerja yang kantornya belom gede. Masih ecek-ecek banget. Karena gue anggep itu sebagai batu loncatan aja. Tapi kalo kamu dapet kantor yang udah gede, juga gak masalah. Asal waktunya fleksibel buat ngampus.
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
Buat yang belom kuliah dan masih cari kerja, trust me, internet adalah source paling gokil untuk mencari sesuatu. Kalo gak bisa, belajar aja. Belajarnya sambil praktek. Awal gue belajar SEO, gue praktek juga. Gue belajar Media Digital, gue juga langsung praktekin.
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
Kuliah gue gimana? Risiko kuliah sambil kerja adalah, kalian siap-siap gak ada libur. Senin-Jumat gue kerja. Malemnya gue kuliah online dan kadang masuk kampus. Sabtu-Minggu gue ngampus juga. Karena "There cannot be peace without first, a great suffering".
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
Tahun 2015 gue pindah kantor lagi. Iya gue kutu loncat banget. Tapi saat itu, alhamdulillah, salary gue udah hampir sama kayak first graduate pada tahun itu. Padahal baru kuliah setahun. Lanjutnya gue kerja sebagai content writer. Di perusahaan yang masih kecil juga.
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
Gila gak tuh, semua gue jabanin karena gue ngerasa gak punya bakat sama sekali. Tips buat yang kuliah semester akhir, coba buat skripsi sebelum masuk matkul tugas akhir. Percayalah, kamu akan mempercepat proses skripsi. Karena bakal ribet banget kalo mepet (kayak gue).
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
Gue mau cerita gak enaknya dulu kuliah sambil kerja: 1. Kamu gak bisa ngerasain suasana masa-masa kuliah kayak di FTV. 2. Pernah gue ada kerjaan sampe jam 7 malem, padahal saat itu ada ujian. Naik Busway gue saat itu. Busway yang tahun itu masih jelek jadwalnya. Bayangin.
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
3. Gue bayar kuliah sendiri. Ngekos sendiri. Makan sendiri. Harus ngasih ke orang tua tiap bulan. Gaji tak seberapa, terus harus beli buku-buku yg dibaca aja kagak. Makanya 3 tahun awal kuliah jarang banget jajan aneh2, bahkan liburan cuma 1x setahun. Liburan low budget itu juga.
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
4. Gak ada waktu buat leyeh-leyeh. Kerjaan gak bakal abis, tugas kuliah juga gak kenal ampun. Kuliah online walau keliatannya remeh temeh, tapi sangat-sangat menyita waktu, lho. Dan masih banyak lagi gak enaknya.
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
Sekarang kita masuk ke enaknya kuliah sambil kerja. Atau di kasus gue, kerja sambil kuliah. 1. Pride. Bangga banget gue bisa ngebiayain semuanya sendiri di saat yang lain, temen2 SMA, dibiayain orang tuanya.
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
2. Akselerasi dalam pengalaman kerja. Gue dapet buanyak banget pengalaman di bidang profesional, khususnya digital agency, bahkan sebelum gue lulus. Jadi saat ini, alhamdulillah, salary gue udah lebih dari fresh graduate standar (hasil survey) di perusahaan yang cukup besar.
Ikhromi Oktafiandi @romiyooo
3. Pemikiran yang lebih dari sekadar "sekolah". Karena jujur, gue awal lamar kerja, sampe di perusahaan sekarang. Gak pernah ditanyai pendidikan gue apa. Paling cuma isi formulir doang. Tapi ketika interview gak dibahas sama sekali.
Neneng Irna @nenengirnaa
@romiyooo Gue juga gitu bang, 4 tahun kuliah sambil kerja dan gue kerja sampe sabtu. Tiap pulang kerja langsung kuliah, bahkan pernah gak punya libur sama sekali dalam seminggu dan itu berjalan selama 1 semester. tapi Alhamdulillah semua terlewati dan des ini gue wisuda 😀
𝐑𝐢𝐧𝐢 𝐒𝐞𝐩𝐭𝐢𝐚𝐧𝐢 𝐏𝐑 @Rinisssss
@romiyooo Bener banget. Capek bertubi tubi. Bener bener dikejar waktu. Dengan posisi kerja saat ini mau nga mau kudu ngecek semua, jam kerja sampe 17.00 tapi maghrib kadang baru keluar kantor, imbasnya? Ya kebut kebutan di jalan, abis itu dari parkiran lari ke lantai 4, iya LARI :))
Tyas @ieazzz
Thread yang sama kayak gue, lulus SMA kerja dulu, 2th kerja baru nyambi kuliah. Jadi gaji harus cukup buat bayar kuliah, kost, dan ngirim orangtua. Karena gue tulang punggung keluarga. twitter.com/romiyooo/statu…
Tyas @ieazzz
@romiyooo Ngadu nasib di jkt mulai 2008, gaji pertama gue 600ribu. 300ribu buat bayar kost sisanya harus cukup buat kebutuhan sebulan.
Anggita Safitri♡ @anggitachmelo
Ini yg gue rasain skrng bang. Org ngeliatnya mungkin biasa aja. Tapi ktika kerjaan dikejar2 klien harus slesai, dan dikampus gue harus ngejar2 dosen. Tapi pasti pas tali toga udh pindah ini perjuangan yg hqq bgt ya bang. twitter.com/romiyooo/statu…
Anggita Safitri♡ @anggitachmelo
Nah ini keren bgt bang . Kalo udh lelah kadang mikir kesini buat semangat diri sendiri twitter.com/romiyooo/statu…
Jan @JanuCPertiwi
@romiyooo Ngerti banget karena ngalamin yang sama bg :") Sekarang jadi pengalaman kerja udah hampir 7 tahun tapi baru tahun ini mau wisuda S1 hhh, karena prinsipnya "life is not a race you can have your own pace"
은혜 @lailyfadl
wah ini setuju! aku sih orang terdekat aja yg aku kasih. palingan makanan atau gantungan kunci. liat juga perginya kemana. kadang harga gantungan kunci pun ada yg ga masuk akal wkwk terus kalo uda dikasih ngga dimanfaatin tu sedi banget rasanya. twitter.com/romiyooo/statu…
Login and hide ads.