2
Kristina @kristinpinks
adanya sanggahan dari #KKB di #Papua yang tidak ingin namanya tercoreng dan dibilang tidak melanggar #HAM ini lah sebenernya yang ngaco. pen bikin trit dulu soal kesaksian korban asusila dari KKB, boleh disimak link berita asli: kabarkitorang.wordpress.com/2018/10/24/men… pic.twitter.com/bQnbJZtTlL
Expand pic
Kristina @kristinpinks
ES, seorang guru PNS yang mengajar di SD Mapenduma saat ditemui oleh tim pers kami memberikan kesaksiannya. Ia menceritakan kronologis kejadian dengan baik, meskipun dari raut wajahnya masih menyiratkan akan trauma atas kejadian yang telah dialaminya.
Kristina @kristinpinks
ES mengatakan kejadian penyanderaan tersebut bermula ketika ia dan rekannya baru saja tiba di Mapenduma untuk melakukan aktivitas mengajar.
Kristina @kristinpinks
Kedatangan ia beserta rekannya ternyata disambut oleh kelompok KKSB Nduga yang membawa peralatan oerang seperti senjata api maupun senjata tradisional, diperkirakan kelompok tersebut berjumlah 15-20 orang.
Kristina @kristinpinks
“Saat saya baru tiba, saya dihadang oleh kelompok tersebut. Mereka melakukan pemeriksaan barang bawaan serta HP milik penumpang. Setelah melakukan pemeriksaan, mereka menyampaikan untuk tidak keluar dari Mapenduma selama kegiatan KKB Nduga berakhir,” ujar ES.
Kristina @kristinpinks
Keesokan harinya tiba rombongan guru SMP yang kedua berjumlah 4 orang yang dimana pada saat kedatangan disambut juga oleh KKB. Mereka juga melakukan hal serupa, yaitu dengan melakukan pemeriksaan barang bawaan serta hp.
Kristina @kristinpinks
“Selama satu minggu kami berada di Mapenduma, situasi berjalan aman kondusif, tidak ada gangguan dari KKB, namun sayup-sayup terdengar rentetan letusan senjata seperti ada perang,” kata ES kepada tim.
Kristina @kristinpinks
Namun ketika malam menyambut pada Kamis 11 oktober 2018, sekitar pukul 00.30, ES dipanggil oleh oleh KKB. Ia diminta turun oleh kelompok tersebut.
Kristina @kristinpinks
AT sebagai saksi kedua, berada pada dikamar yang sama dengan korban MT, karena ketakutan dengan situasi yang mencekam tersebut, AT meninggalkan MT seorang diri dengan maksud untuk meminta pertolongan kepada Kepala Sekolah yang jarak rusunnya tidak jauh dengan tempatnya saat itu.
Kristina @kristinpinks
“Namun setelah saya kembali, MT sudah tidak mengenakan pakaian bawah (setengah telanjang ) dan berkata kepada saya “ibu saya diperkosa”.” tutur AT, raut ketakutan masih tersirat di wajahnya ketika mengingat kejadian tersebut.
Kristina @kristinpinks
Setelah kejadian tersebut, Kepala Sekolah menginstruksikan untuk segera mengungsikan seluruh guru dari rumah dinas ke rumah kepala Puskesmas. Selain guru, petugas kesehatan yang bekerja disana juga di instruksikan untuk tetap tinggal di Puskesmas sampai situasi aman.
Kristina @kristinpinks
Saat hari senin tanggal 15 oktober 2018 rumah kepala puskesmas mulai di datangi KKB, selain itu mereka meminta untuk tidak keluar rumah dan meminta menutup jendela karena akan dilaksanakan kegiatan dari KKB.
Kristina @kristinpinks
“Kami berada disana saat itu, mereka instruksikan kepada para pengungsi agar tidak melakukan perekaman kegiatan, sehingga pada akhirnya kami diminta untuk tetap di dapur,” tutup ES kepada tim.
Kristina @kristinpinks
Pada saat tim pers meninggalkan saksi-saksi, kami menyimpulkan bahwa kekerasan seksual yang dialami MT sebagai korban merupakan ada benarnya dan masih terdapat trauma psikis dari para saksi.
Kristina @kristinpinks
Selain itu tim juga baru mengetahui bahwa adanya perjanjian yang dilakukan oleh korban penyanderaan yang mengatakan bahwa apabila kejadian yang terjadi di Mapenduma terbongkar hingga ke aparat maka guru maupun petugas kesehatan diancam akan di bunuh.
Kristina @kristinpinks
Saat ini MT sudah mendapatkan penanganan dari aparat untuk dibawa ke Jayapura demi pemeriksaan medis lebih lanjut,
Kristina @kristinpinks
selain itu setelah kejadian pemerkosaan ada perwakilan yang datang dan meminta maaf kepada korban, diduga yang melakukan pemerkosaan adalah KKB Nduga yang dipimpin oleh Egianus Murib.
Kristina @kristinpinks
Jadi..... ini pelanggaran HAM tidaak? *nadacokipardede pic.twitter.com/HUJhP0eP0z

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.