"Perdebatan Pengaruh Tidaknya Kebijakkan Presiden Terhadap Perekonomian" by @Alvindo - @Mantriss Vs @Awemany

0
uncompetitive market creates @deadweight_loss

Aku wis 8 tahun terakhir ngeliatin monetary policy aja masih merasa harus hati2 ketika bicara kausalitas pelemahan Rupiah kalo di depan publik tapi ya tau apa saya soal~~~

20/10/2018 22:19:55 WIB
uncompetitive market creates @deadweight_loss

Body of literature untuk masalah nilai tukar Indonesia 10 tahun terakhir itu minimal mencakup: 1. Dutch disease 2. 2008 crisis 3. Quantitative easing 4. Deindustrialization 5. Structural reform Belum bahas kalo nilai tukar =/= kesejahteraan Tapi ya kalo cuma mau soundbite...

20/10/2018 22:22:58 WIB
uncompetitive market creates @deadweight_loss

Artinya, sodara2, jangan teriak kenceng2 “ini berkat Jokowi” ato “ini salah Jokowi” karena kenyataan selalu lebih kompleks drpd framing para sophist yang bergerayangan di TL masing2

20/10/2018 23:11:25 WIB
Bitte langsam, Awe! @awemany

Bua ha ha. Kalo presiden/pemerintah ngga terlalu berpengaruh pada perekonomian ya kita angkat badut" aja jadi presiden. Ngga ngaruh ini.. p. twitter.com/alvinulido/sta…

21/10/2018 08:06:59 WIB
Bitte langsam, Awe! @awemany

Mengharap apa loe ama @SoundOfYogi? Saat orang menunjukkan betapa keliru argumen yg disusun oleh twit tadi, dia malah lari ke ad hominem. Otaknya kurang seons kayaknya. :) 👇 twitter.com/SoundOfYogi/st…

21/10/2018 08:35:09 WIB
uncompetitive market creates @deadweight_loss

@awemany Mohon kalo baca komplit ya bagian “beberapa kebijakan penting berpengaruh di jangka panjang” Allow me to explain

21/10/2018 08:42:00 WIB
Bitte langsam, Awe! @awemany

@alvinulido Monggo aja. Tapi statement awalnya jelas keliru. Mau akrobat kayak apapun ngga akan mashook pak eko....:p

21/10/2018 08:44:35 WIB
uncompetitive market creates @deadweight_loss

@awemany 1/ Apa sih ranah presiden dan eksekutif secara umum? A. menginisiasi kebijakan B. mengatur pengeluaran pemerintah Dalam demokrasi, A & B ga bisa diimplementasi tanpa advice & consent dari DPR. Tapi ya dalam kebanyakan kasus, presiden bisa mengontrol A & B

21/10/2018 08:45:09 WIB
uncompetitive market creates @deadweight_loss

@awemany A. Kebijakan. Apa sih dampak kebijakan terhadap ekonomi di jangka panjang? Ga banyak, kecuali kebijakan tersebut mempengaruhi produktivitas tenaga kerja dan usaha. (Mis. meningkatkan daya saing tenaga kerja, mengurangi korupsi, atau memperbaiki iklim usaha)

21/10/2018 08:48:00 WIB
uncompetitive market creates @deadweight_loss

@awemany B. Pengeluaran. Berapa banyak pengeluaran yang ada dalam kontrol presiden? Ga banyak, terutama pasca desentralisasi. Di tahun 2018, dari 2.100 triliun, hampir 800 triliun udah ditransfer ke daerah. Sisa 1.300 triliun juga sebagian besar terkunci untuk pengeluaran rutin

21/10/2018 08:50:42 WIB
uncompetitive market creates @deadweight_loss

@awemany Asumsi lah secara generous 800 triliun ada dalam kontrol pemerintah. Berapa besar sih itu relatif thd ekonomi? Ekonomi kita sekitar 14.500-15.000 triliun. Artinya dari porsi ekonomi, cuma 5-6% paling banyak yang bs diatur pemerintah scr langsung

21/10/2018 08:53:05 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Situ memang tidak paham transformasi struktural yang butuh waktu. Maunya obat2 instan -- yang dampaknya seketika dan tak menyembuhkan dalam jangka panjang. Situ mirip penjual jasa ketok magic di Jln. Kramat Raya... twitter.com/awemany/status…

21/10/2018 08:54:25 WIB
uncompetitive market creates @deadweight_loss

@awemany Kita belum bahas pemda yang sekarang ga lagi melapor ke presiden. Artinya kewenangan presiden sejak jaman SBY udah ga terlalu banyak. Okelah, 800 triliun bisa bikin macem2 kan? Ga juga. 800 triliun dibikin semua jadi investasi, kalo ICOR 5, artinya max 1% Gdp growth tambahan

21/10/2018 08:57:30 WIB
Bitte langsam, Awe! @awemany

@mantriss Ha ha ha. Jangan ngegas pagi" lah. Nanti mz bisa nabrak". Yg saya ketawain itu ada orang bilang kalo presiden/pemerintah ngga berpengaruh pada perekonomian. Ms @mantriss setuju ama itu? Mau saya ketawain juga? :p

21/10/2018 08:58:11 WIB
uncompetitive market creates @deadweight_loss

@awemany Sebaik2nya efek pemerintah thd ekonomi di jangka panjang ya kalo pemerintah invest dalam pendidikan, berantas korupsi, infrastructure, meningkatkan daya saing dengan buka imigrasi dan memberantas kartel. Tapi banyak kebijakan yang baik itu ga populer; g ada presiden yg berani

21/10/2018 09:00:56 WIB
Bitte langsam, Awe! @awemany

@alvinulido Gue udah tahu arah bahasan loe. Cuma soal multiplier effect dari belanja pemerintah. Tapi loe mau menyembunyikan fakta bahwa pemerintah ini bisa bikin regulasi yg dampaknya besar pada perekonomian. Perpajakan misalnya. Jadi statement anda salah. Ngga usah akrobat. :)

21/10/2018 09:01:29 WIB
uncompetitive market creates @deadweight_loss

@awemany Loh. Di twit bawahnya dibahas kn banyak kebijakan yang baik itu ga populer. Smh makanya jangan langsung chip in apalagi kalo interest dr interlocutor lo itu cuma memastikan bidang ilmunya ga dispin untuk kepentingan partisan pihak manapun

21/10/2018 09:04:06 WIB
uncompetitive market creates @deadweight_loss

@awemany Kalau memang structural reform itu yang paling penting dalam mendorong growth di jangka panjang tapi ga populer, artinya apa? Kebijakan yg diambil presiden ga banyak ngaruh. Pun dari jaman SBY dan Jokowi ga ada presiden dan apbn dibuat autopilot, hasilnya g bakal banyak beda

21/10/2018 09:06:10 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Saya setuju yang ditulis oleh Alvin itu. Secara praktis memang demikian adanya. Pembenahan gradual yg berdampak massif dan bisa sustain butuh lintas kepemimpinan. Beberapa Presiden punya keberuntungan yg memberi dampak langsung pada periode tersebut -- commodity boom misalnya. twitter.com/awemany/status…

21/10/2018 09:06:33 WIB
Bitte langsam, Awe! @awemany

@alvinulido Di bagian mana sih di thread awal anda yg membahas soal kebijakan ngga populer bla bla bla? Thread lanjutan ini kan cuma akrobat aja. Biar ngga keliatan bego. :p. Lha wong tugas pemerintah itu mengelola perekonoman, kok dibilang ngga ngaruh? Bua ha ha ha.

21/10/2018 09:10:08 WIB
Bitte langsam, Awe! @awemany

@mantriss Apakah itu yang saya bantah? Di mana saya membantahnya? Wong yg saya ketawain cuma statemennya soal presiden/pemerintah ngga ngaruh soal perekonomian kok. Kalo anda setuju dengan statement yg itu baru saya ketawain. Kenapa bawa" statement yang lain? Ngeles? Bua ha ha.

21/10/2018 09:14:43 WIB
uncompetitive market creates @deadweight_loss

@awemany Coba dibaca lagi ya sampe siwer gue ngomong apa. Tidak berpengaruh banyak =/= tidak berpengaruh. Dan ada kebijakan penting yang berpengaruh di jangka panjang. twitter.com/alvinulido/sta…

21/10/2018 09:17:04 WIB
sumantri suwarno @mantriss

Bang -- kalau mau tricky2an jangan sama kita yg sudah tua juga. Sama anak SMP boleh. Dlm statement Alvin ada durasi waktu "selama masa pemerintahannya". Jika itu dipotong -- totally mengubah konteks diskusi. twitter.com/awemany/status…

21/10/2018 09:18:58 WIB
uncompetitive market creates @deadweight_loss

@awemany Makanya ada konsep “long run growth”. Kebijakan fiskal umumnya cuma memengaruhi permintaan di jangka pendek, tp yang ngaruh ke ekonomi di jangka panjang ya kebijakan struktural. Lagi2: institutional reform. Presiden cm bisa berpengaruh lumayan kalo sukses institutional reform

21/10/2018 09:21:03 WIB
Load Remaining (47)

Comment

No comments yet. Write yours!