1
Login and hide ads.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menilai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan jajarannya tidak kooperatif menyelesaikan persoalan sampah. Dia juga menyinggung dana hibah dari DKI yang tak kunjung cair.

Rahmat Effendi meminta DKI segera menyalurkan dana hibah atau kerja sama Bekasi dengan DKI disetop. Bagi Pepen, bantuan keuangan terkait pengelolaan sampah DKI ke Kota Bekasi bukan urusan nominal, tapi DKI dan Kota Bekasi punya perjanjian yang sama-sama harus dipenuhi.

Pepen menegaskan ada kewajiban DKI terkait pembuangan sampah ke Bekasi, salah satunya dana hibah. Dia menjelaskan, jika ada kewajiban yang tak dituntaskan DKI terkait masalah sampah, lebih baik kerja sama ini disetop.

Menanggapi itu, Anies memastikan Pemprov DKI Jakarta sudah memberikan dana hibah kepada Pemkot Bekasi. Total dana hibah yang diberikan Rp 194 miliar. Namun apa yang disampaikan Anies kembali dibantah Pepen. Pepen menyebut dana hibah yang sudah diterima Pemkot Bekasi merupakan dana hibah tahun 2017. Dia menilai Pemprov DKI lalai menjalankan kewajiban. Lebih jauh, Pepen menuding Anies dan jajarannya sulit diajak komunikasi. Dia mengaku sudah bersurat, namun tak ada respons.

URL detiknews 590 Sindiran Walkot Bekasi ke Anies dan Upaya Penyelesaian Polemik Sampah Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi menilai Anies Baswedan dan jajarannya tidak kooperatif menyelesaikan persoalan sampah. Akankah polemik ini segera berakhir?

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyayangkan sikap Pemerintah Kota Bekasi yang meramaikan masalah dana kemitraan atau dana hibah di media. Anies menilai, persoalan itu seharusnya diselesaikan melalui pertemuan antara Pemkot Bekasi dan Pemprov DKI Jakarta, bukan justru diramaikan di media.

Apalagi, persoalan yang diramaikan bukan mengenai dana kompensasi bau sampah yang menjadi kewajiban Pemprov DKI, tetapi soal bantuan keuangan yang sifatnya kemitraan atau hibah.

"Sudah begitu, diramaikan bukan yang menjadi kewajiban kita pula. Dan harus diingat, Bekasi itu masuk provinsi mana coba? Jawa Barat. Kalau mau minta, ke pemprov mana harusnya dimintai? Kok mintanya ke Jakarta," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Minggu (21/10/2018).

URL KOMPAS.com 35542 Anies: Bekasi Masuk Provinsi Jawa Barat, Kok Minta Dananya ke Jakarta - Kompas.com '... Harus diingat, Bekasi itu masuk provinsi mana coba? Jawa Barat. Kalau mau minta, ke pemprov mana harusnya dimintai? Kok mintanya ke Jakarta.'
Kompas.com @kompascom
"... Harus diingkat, Bekasi itu masuk provinsi mana coba? Jawa Barat. Kalau mau minta, ke pemprov mana harusnya dimintai? Kok mintanya ke Jakarta." dlvr.it/Qp3YxL
Ariawan @Ariebiru91
Jakarta provinsi mana??, Kenapa buang sampah ke Bekasi???, #kangpepen #bekasi pic.twitter.com/zdQbY9TPvt
 Expand pic
WK @wahyu_kentjana
@kompascom ini kok makin tambah bingungin...sampah jakarta dibuang ke bekasi, di sana lah terjadi perjanjian...aduhhhhhhh...sapa sih yang milih orang ini dah ah
Luthfi Hindami @luthfihindami
@wahyu_kentjana @kompascom Sampah Jakarta yg dibuang ke Bekasi sudah dibayar sebesar 194 M, itu sifatnya wajib untuk Prov. DKI utk membayar, clear. Dana kemitraan sifatnya sunah, gak wajib utk Prov. DKI utk membayar, clear.
T A M A ♂ @risckytama_
@kompascom nih ya sampah yg di bawa truk aja msh suka berceceran di jalan raya narogong, jati asih, rawa panjang, dan itu ganggu bgt pengendara ditambah bikin jalanan rusak krn truk sampah yg lewat tiap hari bnyk bgt & besar2
Hesti @wati_hestia
@risckytama_ @kompascom coba deh pak @aniesbaswedan ke jati asih komsen pintu tol JORR jati asih jam 8 pagi itu sdh macet parah ditambah trus berjejer disitu truk sampah jkt mau ke bantargebang lewat villa nusa indah cipendawa.bpk naik angkot pas lg macetny truk sampah depan belakang dgn aliran kuahny
jumadi suroso™ @jumadi097
@wati_hestia @risckytama_ @kompascom @aniesbaswedan Betul. Masih banyak truk sampah yg mengeluarkan air lindi di sepanjang jalan. Dan itu baunya mirip² kali Item. Apa perlu ditutup kain waring juga?
Noor Rooddeen @noroddien
@kompascom Mungkin sudah waktunya pula pemkot Bekasi menolak sampah yang volumenya bertruk truk setiap hari. Walikota bekasi pun berhak menjawab, memangnya jakarta masuk provinsi mana kok buang sampahnya ke bekasi?
Taufik Hidayat @TopeRendusara
Selamat pagi warga Jakarta... Untuk mereka yg masih sanksi dengan komitmen @DKIJakarta dan pak gub @aniesbaswedan ini saya kasih lihat bukti komitmen pengurusan sampah dengan Kota Bekasi. Jangan suka ngeludah sembarangan karena ludah sumber penyakit :-) pic.twitter.com/EKSkhy0BhT
 Expand pic

Seorang netizen pun memina Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil untuk turun tangan mengatasi masalah ini.

Rio Hidayat @riosetara
@kompascom Pak @ridwankamil sbg gub Jabar, Bekasi yg merupakan bag dr kota lingkup jabar, mhn bpk turun tangan menangani mslh ini, mgkn dgn kehadiran bpk RK bertemu anies masalah ini bisa dituntaskan 1. Buat kesepakatan baru 2. Lanjutkan kesepakatan lama 3. Tolak DKI buang sampah kebekasi

Ridwan Kamil pun menjawab permintaan tersebut

ridwan kamil @ridwankamil
beliau beliau saat ini sedang bermusyawarah di Jakarta. kita doakan lancar dan mencapai kemufakatan. twitter.com/riosetara/stat…
Mang Jaja tea @aepkustia71
@ridwankamil Coba diusulkan ke pak anies, gimana kl pulau reklamasi yg masih kosong dipake buat TPA, khan enak ga usah bayar kaya ke bekasi. *usul aja ini mah.
Soegeng Purnomo @soetjapoe
@ridwankamil Kang Emil kan Gubernur 👍 jangan nhurusin sampah kang, biar diurus sama Walikota dan Gubernur DKI aja, beda level tapi sekelas Walkot, Kang Emil urusbyg lebih besar dari sampah aja yah
muce @muce27865302
@ridwankamil Masa urusan 'sampah" harus gub jg yg turun 😁🙏
cinci kita @cincinkami
@ridwankamil Yg tanya ke pak RK gak ngerti masalah sebenernya,mungkin buzzer
Login and hide ads.