2
BABAH @ustadchen
[THREAD, HATI-HATI Lowongan Pekerjaan Company Bernama M*u*vi*k di Seoul, Korea Selatan] Buat yang tinggal di Korea dan lagi nyari kerja, WASPADA dengan company M*U*vi*K ya. JANGAN apply!!! Gue dan temen-temen gue adalah korban overwork & underpay selama tiga bulan disana.
BABAH @ustadchen
Teman-teman, jangan apply kerja di perusahaan yang bernama M*uviK. Banyak banget pelajar Indo yang udah jadi korban overwork & underpaid, termasuk saya. Dulu saya tahun 2014 kerja disitu, senin-jumat masuk dari jam 9 pagi sampai jam 7 malam, dibayar perbulan 400.000won (Rp 5,5jt)
BABAH @ustadchen
itu pun kadang suka telat sebulan bayarnya. Waktu itu aku kerja sama dua orang Indonesia lainnya, yang dalam satu - dua bulan langsung quit. Aku quit setelah tiga bulan, dulu masih lugu, belum tau tentang gaji dan mau-mau aja digaji segitu.. pikirannya 400.000won itu gaji besar)
BABAH @ustadchen
Memang kalo dibandingkan dengan gaji di Indonesia, 400.000won atau sekitar 5.400.000 rupiah itu termasuk lumayan, tapi di Korea itu underpay. Sekarang minimum salary udah 1,600,000won atau sekitar 21.600.000 rupiah. Kalo digaji dibawah segitu, artinya lo discam.
BABAH @ustadchen
Udah 4 tahun setelah gue quit, gak pernah denger lagi. Saya kira kantornya udah bangkrut. Taunya hari ini saya lagi browse craigs/list, ada post dia LAGI NYARI ORANG INDONESIA. Dan kali ini dengan bawa-bawa kalimat "You will be working on our K-POP ENTERTAINMENT PROGRAMS."
BABAH @ustadchen
yang gue yakin para kpop fans akan langsung tertarik. Iya, memang satu programnya berkaitan dengan Kpop (dan promotor di Indonesia). Kalo lo inget gue dulu sering banget bikin survey kpop, dan sering banget nelfonin company-company (termasuk Y*G, S*M, J*YP) untuk nego harga artis
BABAH @ustadchen
dan nyalurin infonya ke media-media serta promotor-promotor di Jakarta. Kedengerannya emang seru. Tapi. TAPI. kamu akan dioverwork. Kerja Senin-Jumat dari jam 9 pagi sampe jam 7 malam, *kadang lembur sampe jam 10 malam. Bayarannya cuman 400.000won...
BABAH @ustadchen
Udah gitu enggak jelas posisinya apa (angkat telfon iya, tukang emailin orang-orang, bikin blog, survey, research, bikinin jadwal pribadi bos kalo bos mau jalan-jalan ke luar negeri. Programnya juga ada banyak, gak cuma kpop doang. Ada study, wedding photoshoot, sampe kecantikan.
BABAH @ustadchen
Dan Kamu akan disuruh ngurus SEMUA program itu. Pokoknya udah gak jelas visi misi companynya apa. And the worst part, digaji 400.000won yang telat-telat dikasihnya. Jadi aku ingetin kalian aja untuk jangan apply, ngabis-ngabisin waktu dan energi.
BABAH @ustadchen
Emang gaji segitu 'lumayan' kalo dibandingin sama upah minimum di Indonesia. But please know your worth. Be smart, be wise! Jangan mau digaji rendah, apalagi cuman karena kerjaannya pake embel-embel kpop.
BABAH @ustadchen
muvikblog.wordpress.com/.../muvik-inc-… ini salah satu mantan pekerja sampe bikin blog beginian karena udah sakit hati banget kerja disitu, udah digaji rendah, tiap hari cuman dibentak-bentak doang dikatain goblok.
BABAH @ustadchen
SCARY FACT, waktu gue kerja disitu, pas lagi beres-beres desk tiba-tiba dalam laci gue nemu ada buku diary. Ternyata diary itu udah turun-temurun dari pekerja-pekerja yang kerja sebelum gue. Isinya...... curhatan mereka... serem-serem dan sedih-sedih banget.
BABAH @ustadchen
Ada yang keliatannya depresi banget sampe tiap hari gambar orang digantung tali di diarynya. Gue? penakut. jadi diarynya gue oper ke temen meja sebelah. (dan kayaknya dia rajin nulis disitu sampe akhirnya dia keluar)
BABAH @ustadchen
OH YA nambahin, "lah emg pas interview ga nego gaji dulu?" Waktu interview bosnya janjiin gaji 700.000won, yaitu Rp9,5jt. Gue deal (itu termasuk underpay tapi gue masih goblok) Taunya BOONG DONG :) dikasih cuman 400.000 katanya setelah dipotong tax, dan dikirimnya telat sebulan
BABAH @ustadchen
[UPDATE] ternyata bukan cuman workernya doang yang dirugikan, tapi KLIENNYA PUN juga!!! Shock temen gue sendiri (@vidianarasya) ternyata pernah pake jasa company M tsb waktu dateng ke Korea pertama kali. Dan rugi besar... pic.twitter.com/FA8DfdoIFN
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
BABAH @ustadchen
Endingnya begini. Gila banget guys jangan ada yang pake jasanya, programnya dll karena lo bakal dirip off parah!! Dikuras abis-abisan. pic.twitter.com/F3qg2aMZAq
Expand pic
πŸο½Žο½‰ο½Žο½„ο½’ο½‰ @callmeliia
@ustadchen Setauku sih di korea ada undang-undangnya, perusahaan gak boleh gaji di bawah 25jt. Itungannya 70rb per jam gitu udah aturannya
BABAH @ustadchen
@seouliia iya, aku juga gak tau gimana perusahaan itu masih bertahan, padahal aku yakin banyak yang udah lapor.
πŸο½Žο½‰ο½Žο½„ο½’ο½‰ @callmeliia
@ustadchen Hmm kok bisa ya, aku nonton2 vlog gitu kayaknya serendah-rendahnya 18jt yang jam kerjanya lbh dikit, klo jam kerjanya banyak bisa sampe 30jt kalo kerja buruh ... kerja di resto juga udah dapet gaji umr 23jt gitu
BABAH @ustadchen
@seouliia yup, memang betul. gue waktu msh bartending juga gajinya nyampe 25 juta. makanya gue bikin thread ini, supaya pada gak apply & hati-hati kalo daftar kerja. cek dulu gajinya. gila aja ini company, kirain udah bangkrut. ternyata masih ada dan masih nargetin orang indonesia.
π–π–†π–“π–Š πŸ₯€ @parrixs
@ustadchen Bah... other than the underpay matter, apa mereka ga nganggep gajian itu hal yang sensitif kaya di Indonesia? Just curious aja sih, soalnya bosku orang Korea juga dan dia nganggep remeh masalah gajian (telat 2 bulan pernah) πŸ™„
BABAH @ustadchen
@parrixs enggak! mereka tuh sangat sensitif banget banget banget kalo tentang gaji. kalo bosnya ngaret ngegaji dll, itu tandanya dia tidak menghargai karyawannya dan memandang rendah karyawannya. dia pikir "ah paling juga gapapa telat digajinya" karena dia sudah mengunderestimate duluan.
π–π–†π–“π–Š πŸ₯€ @parrixs
@ustadchen Wah oke deh bah. Artinya cuma dia aja yang gila (padahal kerja buat pem*erintah) πŸ™„ Kalo kaya gini bisa di report ga sih bah kaya di indo ke ketenagakerjaan gitu? Wehehe maaf ya bah jadi serius 😌
Komm's Happy Helper @himkyoyeon
@ustadchen W jadi keingetan cerita beberapa bulan lalu. Ada org Korea kesini, punya proyek. W ama tim dikasih gaweyan buat garap buku. Puluhan halaman w layout, bayarannya brp? 1,5 juta itupun ga pasti. Menyepelekan gitu bah.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.