Ekuador Kembali Izinkan Pendiri WikiLeaks Akses Internet dan Ponsel

Kedutaan Besar Ekuador di London telah memberikan kebebasan terbatas kepada Julian Assange untuk mengakses internet.
Wikileaks julianassange ekuador
0
Koran Sulindo @koransulindo
Ekuador Kembali Izinkan Pendiri WikiLeaks Akses Internet dan Ponsel - koransulindo.com/ekuador-kembal… pic.twitter.com/6WzZ9mqrSS
Expand pic

Koran Sulindo – Kedutaan Besar Ekuador di London telah memberikan kebebasan terbatas kepada Julian Assange untuk mengakses internet. Sebelumnya, pemerintah Ekuador telah melarang pendiri situs pembocor WikiLeaks untuk menggunakan internet sejak 6 bulan lalu.

Lewat akun twitter-nya, situs WikiLeaks menyebutkan, pemerintah Ekuador sudah memberikan akses internet kepada Assange walau secara terbatas. Greg Barns, penasihat hukum Assange seperti yang dilaporkan teleSUR menyambut baik perubahan kebijakan Ekuador terhadap kliennya.

Perubahan kebijakan terhadap Assange itu terjadi setelah pertemuan antara 2 pejabat senior PBB dan Presiden Ekuador Lenin Moreno. Setelah pertemuan itu, kepada WikiLeaks, Ekuador memastikan akan mencabut larangan penggunaan internar oleh Assange.

Pemimpin perusahaan WikiLeaks, Kristinn Hrafnsson mengatakan, perubahan kebijakan Ekuador itu adalah hal positif meski melalui intervensi PBB. Karenanya, Ekuador mengakhiri pelarangan Assange untuk menggunakan internet untuk mengekpresikan kebebasannya walau masih terbatas.

PBB juga menyebut Assange merupakan korban dari penahanan yang sewenang-wenang. Situasi ini tidak bisa diterima dan harus segera diakhiri. Pemerintah Inggris diminta untuk mematuhi keputusan PBB dan menjamin Assange untuk meninggalkan Kedutaan Besar Ekuador dengan aman.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.