2
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Suami "luar biasa".. Ada pasien, seorang ibu usia 40an, menderita TBC, sdh dirawat hampir seminggu, sdh jauh membaik dan menurut dokter penanggung jwb beliau sdh bisa pulang untuk rawat jalan. Tiba2 sang suami dtng utk menemui saya. "Dok, saya ga mau istri saya pulang skrg dok"
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Saya kaget lalu meminta bpk utk masuk ke ruangan saya dan menunggu. Saya ke nurse stasiun utk nanya ke perawat "ada apa?" Saya liat perawat2 wajahnya sedih semua, bahkan ada satu yang menangis. "Kami dimarahi bpk itu dok, krna membuat surat rekomendasi pulang". Saya berkenyit.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
"Ko sampe nangis?" Perawat yg lain jelasin, "marahinnya sampe maki2 dok,nanya kenapa istrinya dipulangin skrg.", saya menghela nafas, trus nepuk2 pundak yg nangis, "udah,yg sabar ya, maafin aja,biar saya yg adepin".. saya lalu menuju ruangan.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
"Ya pak, ada yg bs saya bantu?" Dia lgs bicara dgn nada tinggi dan cepat spt snapan mesin. "dok, knpa istri saya dipulangkan? Istri saya blm sehat, bdnnya msh tulang doang,blm berisi, matanya msh kosong, mukanya masih sedih, knp dipulangin?!" Saya mngusap pipi saya dari ludahnya.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Saya buka rekam medis dpn dia, "pak,ini kondisi ibu skrg.Tnsi 120/80,normal. Nadi 80x/mnt,normal. Nafas 20x/mnt,normal. Suhu 36'c,normal.rhonki minimal,wheezing tdk ada,scra fisik ibu tdk ada indikasi lnjt rawat". "Dokter kok mlh bawa2 medis sih? ini scra psikologis dok!" saya,🙃
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Sang suami mulai melantur, "dokter jgn melantur seperti perawat yah,td saya hampir ngegampar perawat krna maksa udh boleh pulang". Saya lgs pasang wajah keras,ini ga bercanda. "Walaupun saya gratisan pake bpjs, saya ini punya temen pengacara,dokter harus progresif dong!"
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Saya bingung, "maksud bapak progresif?", dia jawab "ya jangan terlalu kaku lah sama peraturan". Saya nahan ketawa setengah mati, "fleksibel mungkin maksud bapak", "iya itu maksud saya". Dengan tetep muka ngegas. "Ok,bpk beneran peduli sama istri bpk?" "Iya saya peduli".
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
"Apakah bpk tau ibu sekarang ulang tahun?" Dia kaget,mukanya syok. Saya tau krna memang tertera di rekam medis. Diam artinya tdk. "Apakah bpk tau dokter parunya temen ibu?" Dia kaget lagi. "Apakah bpk tau cincin nikahnya ibu lepas sejak rontgen di hari pertama masuk?" Dia bengong
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Saya lanjut tnya byk hal, dan dia ga bisa jawab sama sekali,artinya memang dia ga pernah nungguin ibu di RS. "Pak,saya bisa ambil kesimpulan, bukan psikologis ibu yg ga siap pulang, ibu malah sdh kngen sama anak2. Ini psikologis bapak yg belum siap, kasih tau saya pak, ada apa?"
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Dia tertunduk trus bicara dengan nada serendah2nya, "dok,semoga kita sesama lelaki sm2 mngrti ya dok, saya ga siap nrima istri saya pulang hari ini,krna istri muda saya msh di rumah, tolong dok extend satu harii aja, saya mohon dok,mohon bangett". Saya hampir berubah jadi Venom.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Astagfirullah, itu aja yg saya ucapin terus dalam hati, menahan bapak itu slmet dari symbiote hitam saya. "Baik,bila itu mslhnya, Bpk skrg tulis ke direktur rs untuk prmohonan resmi, atas keinginan bpk, bkn keinginan ibu, tulis tgn, biar temen pngacara bpk tau itu tulisan bpk".
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
Saya brdiri, lalu saya brkata, "asal bpk tau, walaupun bpk tdk tau apa2 ttg ibu, saya bisa jamin ibu tau smua ttg bapak, insting wanita trlalu tajam, baiknya gunakan wkt extend ini untuk minta maaf ke istri bapak, Assalamualaikum" saya prgi tnpa sudi mmbrikn tgn saya utk salaman.
Husna N Azizah @unaazizah
@GiaPratamaMD Kayanya si ibu itu sakit gegara kelakuan suaminya jg tuh *baca sambil nahan emosi* 😠
Nutrisari Blewah @icallegacy
@GiaPratamaMD Bagi orang2 kek @GiaPratamaMD ini klarifikasi menjadi penting. Coba kalau kemarahan suami ibu tersebut didengar keluarga pasien lain.pasti ujung2nya dikira pelayanan rs jelek.
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
@icallegacy Iya, cuma ini tujuan utama saya, mencegah pencemaran nama baik. Jd saya ga boleh emosi.
Henry Laszcikowski @TomCringe
@GiaPratamaMD Wah terimakasih sebelumnya telah di reply, Dok. Hehehe. Iya, kayak di bikin film pendek, keren.
🙇 @ambarjkt
@unaazizah @GiaPratamaMD Nah bs jd tuh TB muncul kan krn daya tahan tubuh lemah, daya tahan tubuh lemah krn stres dan stres pemicunya bs jd dari kelakuan suaminya yg istrinya udh tahu dari awal 😕
dr. Gia Pratama @GiaPratamaMD
@ambar070882 @unaazizah Iya, setuju. Ga gampang kita kena TB klo daya tahan tubuh kita kuat.
Bongbong @Bongboorobong
@GiaPratamaMD Salut sama ketenangan dokter. Tp segitu gak Nerima nya kah si bapak istri pertamanya pulang hanya karna istri kedua ada dirumah? Mungkin ini yg dinamakan suami durhaka pada istri pertama.
Bongbong @Bongboorobong
@Nyoh_man @GiaPratamaMD Karma suami durhaka pada istri, jenazah nya dililit tali infus 😁😁😁
Load Remaining (28)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.