0

Pejudo putri Indonesia Miftahul Jannah meninggalkan arena usai didiskualifikasi dari pertandingan kelas 52 kg blind judo Asian Para Games 2018 di Jiexpo Kemayoran, Jakarta, Senin (8/10). Pejudo asal Aceh itu didiskualifikasi karena tidak mau melepas jilbabnya saat bertanding.

😊 😊 😊 Baca ya GUYS ini My Chirpstory https://chirpstory.com/id/qathan1 πŸ‘ˆ πŸ‘ˆ πŸ‘ˆ πŸ‘ˆ πŸ’©πŸ’©πŸ’©πŸ’©

URL akurat.co Olahraga | Larangan Penggunaan Hijab di Asian Para G "Yang jelas di sini tidak ada diskriminasi, kami hanya ingin menjaga keselamatan..
qathan @qathan1
Ketua Umum Komite Paralimpik Nasional (NPC) Indonesia, Senny Marbun, mengakui adanya kelalaian unsur kepelatihan yang berujung pada didiskualifikasinya salah satu atlet judo tanah air pada perhelatan Asian Para Games 2018.
qathan @qathan1
Padahal, menurut Senny Marbun, Federasi Judo Internasional (IJF) mempunyai regulasi yang menetapkan tidak boleh memakai hijab dikarenakan alasan untuk melepas hijab demi menyelamatkan keselamatan atlet.
qathan @qathan1
Tetapi sayangnya, tim kepelatihan atlet judo tunanetra (blind judo) Indonesia tidak menginformasikan hal tersebut kepada anak-anak asuhnya.
qathan @qathan1
Karenanya, tak heran bila kemudian Miftahul Jannah yang menutup rapat kepalanya dengan hijab merasa tersinggung saat diminta untuk melepaskan penutup kepalanya tersebut. Penolakan Miftahul kemudian berujung pada sanksi diskualifikasi yang diberikan kepadanya.
Bollywood T-shirt @ohMybollywood
Refuse to Release Hijab, Judo Athlete from Indonesia Miftahul Jannah Disqualified from the 2018 Asian Para Games "The attitude taken is already right. Don't just because you're pursuing achievements & eliminating ur identity," What do you think? @iamsrk @FarOutAkhtar @irrfank pic.twitter.com/kEwFHXHOUl
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
qathan @qathan1
"Aturan di judo intenasional kalau mau bertanding kan memang tidak diizinkan memakai hijab, karena olahraga ini langsung fight dan langsung ditempelkan soalnya tunanetra."
qathan @qathan1
"Apabila hijab itu salah pegang, itu bisa membahayakan para atlet dan bisa membuatnya tercekik. Atletik dan olahraga lain boleh menggunakan hijab, sebenarnya ini tidak ada diskriminasi."
qathan @qathan1
"Yang jelas di sini tidak ada diskriminasi, kami hanya ingin menjaga keselamatan atlet saja." tegas Senny Marbun.
qathan @qathan1
Terlepas dari peraturan yang sudah lebih dulu ditetapkan, harusnya insiden ini tidak perlu terjadi pada atlet Indonesia.
qathan @qathan1
Pasalnya, sebelum kejuaraan dimulai, pihak panitia telah lebih dulu menggelar technical meeting dengan mengundang seluruh pelatih dan penanggung jawab tim peserta.
qathan @qathan1
Tapi lucunya, dalam pertemuan tersebut tim kepelatihan justru tidak menyatakan keberatan ataupun melayangkan keberatan terkait peraturan tersebut.
qathan @qathan1
Belakangan baru diketahui kalau sang pelatih ternyata kurang fasih dalam berbahasa Inggris, yang kemudian membuat dirinya tidak mampu menerima informasi yang diberikan secara utuh dan benar.
qathan @qathan1
"Ini sebenarnya sangat sensitif, bahwa pelatih judo sedikit tidak mengerti bahasa Inggris. Karena waktu ada perintah tentang itu dia menolak dan enggan bertanya. Karena dia merasa senior dan dia juga merasa atlet judo yang handal." ujarnya.
qathan @qathan1
Hal ini jelas menjadi sebuah pukulan telak bagi Indonesia. Karena sebagai tuan rumah saja, Indonesia telah gagal melindungi hak atletnya.
qathan @qathan1
Peristiwa ini tentunya tidak perlu terjadi bila saja federasi para judo Indonesia ataupun organisasi yang menaunginya lebih teliti dalam memilih kualitas dan kompetensi tim kepelatihan.
qathan @qathan1
Karena tentunya, perjuangan Miftahul dalam mempersiapkan dirinya menghadapi ajang Asian Para Games 2018, tidak bisa begitu saja dibayar dengan permintaan maaf.
qathan @qathan1
Derasnya keringat dan peluh yang keluar ia keluarkan selama masa latihan, tentunya kini menjadi sia-sia hanya karena minimnya kompetensi sang pelatih.
qathan @qathan1
"Saya sendiri belum bertemu (dengan pelatih para judo). Kita akan ajak bicara baik-baik. Sehingga dia (Miftahul Jannah) menolak untuk membuka hijab karena pelatihnya tidak mengerti regulasinya." kata Senny Marbun.
qathan @qathan1
"Sekali lagi saya meminta maaf kepada teman-teman atas kejadian ini. Mudah-mudahan di kemudian hari, tidak ada kejadian seperti ini yang mencemarkan nama bangsa Indonesia," ucap Senny Marbun.
arie @EimungArie
Apresiasi setinggi tingginya ke Miftahul Jannah yang lebih memilih mundur daripada harus melepas hijab. #ParaInspirasi #AsianParaGames2018 #hijab #MiftahulJannah pic.twitter.com/TkeDwZVq1w
Expand pic
Adil Makmur Negeriku @oscarzp
Miftahul Jannah Judo Indonesia πŸ‡²πŸ‡¨ diduga MEMILIH MUNDUR daripada HARUS BUKA JILBAB. @asianpg2018 benarkah? https://t.co/2beVAxJnUN
Load Remaining (9)

Comment

Login and hide ads.