1
Noda Membandel @GabyKalalo
Kenapa BBM sampai lebih lama daripada pejabat negara? Sebuah ulasan untuk yang baca beritanya cuma headline aja. pic.twitter.com/xmo2ALhIVj
Expand pic
Noda Membandel @GabyKalalo
Pasca gempa dan tsunami kemarin, Terminal Bahan Bakar Donggala terkena dampaknya. Akses dari dermaga menuju TBBM dan tempat pengisian mobil tangki rusak parah. Pekerja Pertamina di Palu dan Donggala kemarin kocar-kacir menyelamatkan diri dan putus komunikasi.
Noda Membandel @GabyKalalo
Apalagi kendalanya? Akses jalan dari TBBM Donggala ke Palu dan sebaliknya pun mengalami kerusakan. Sehingga masih mustahil membawa bahan bakar dari Donggala ke Palu dan sekitarnya.
Noda Membandel @GabyKalalo
Terus apa yang dilakukan @Pertamina? Listrik mati, genset ga bisa nyala karena ga ada bahan bakar. Kok yang dateng malah pejabat duluan? Hello, pejabat datang itu untuk cek kondisi dan kebutuhan, sehingga tahu apa yg harus dilakukan untuk manajemen krisis.
Noda Membandel @GabyKalalo
Padahal kondisi disana pun masih terpantau cukup untuk bahan bakar. Ok listrik belum nyala, kendaraan gak bisa bergerak. Sabar.
Noda Membandel @GabyKalalo
Begitu pekerja Pertamina mulai terdata dan dinyatakan selamat, mereka langsung bekerja melayani warga. Cek kesiapan alat, buka SPBU. Netizen nyinyir nggak mikir kalo pekerja yang di Palu dan Donggala pun jadi korban, bukan yang ngamuk2 dan menjarah aja yang jadi korban. pic.twitter.com/MRJPUItypa
Expand pic
Expand pic
Noda Membandel @GabyKalalo
Sulit angkut BBM dari Donggala, BBM pun coba ditarik dari terminal lain, Yaitu Parepare, Tolitoli dan Palopo. Jauhnya? Jelas. Jauh banget. Tapi lebih baik jauh daripada tidak sama sekali, kan. Saya coba pakai titik ke SPBU Martadinata, Palu. pic.twitter.com/15NRGAMG3j
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Noda Membandel @GabyKalalo
"Kok nyampenya nggak cepet sih?" Dikata nyetir mobil tangki itu bisa cepet ya. Butuh waktu untuk sampai di lokasi dengan selamat. Beda dengan di Jawa yang jalanannya udah semua enak, di daerah macem Kalimantan dan Sulawesi jalanannya sudah jauh lebih baik, tapi masih rawan.
Noda Membandel @GabyKalalo
Belum lagi, terkendala jalanan yang rusak. Mau nyalahin pemerintah dgn kondisi alam? cnbcindonesia.com/news/201809300… Supaya lebih cepat sampai, biasanya mobil tangki nggak diisi penuh. Kalau diisi penuh dan harus lekas sampai malah akan membahayakan awak mobil tangki.
Noda Membandel @GabyKalalo
"Terus kenapa harus konvoi? apa nggak mending isi langsung kirim aja" Kalau nggak dikawal, perjalanan akan jauh lebih lama karena harus mengantri ketika ada pasar tumpah dijalan, sehingga bisa didahulukan yang pakai pengawalan.
Noda Membandel @GabyKalalo
"Kenapa nggak lewat pesawat aja?" Ya lewat pesawat bisa aja, tapi sementara pesawat diutamakan utk keperluan seperti kebutuhan sandang dan pangan. Per hari ini dikabarkan, distribusi sudah bisa dilakukan via udara, Alhamdulillah. liputan6.com/bisnis/read/36…
Noda Membandel @GabyKalalo
BBM pun nggak cuma bahan bakar untuk kendaraan, kan. Kapasitas bahan bakar untuk mesin diesel, genset RS hingga avtur pun mereka distribusikan dari beberapa terminal. Ada juga APMS yang diedarkan. Mobil tangki pun ada juga yang diturunkan utk isi langsung dari mobil ke kendaraan.
Noda Membandel @GabyKalalo
Come on, guys. Baca berita yang tuntas. Kritis boleh, tapi silahkan pakai landasan atas apa yang kamu bicarakan. :) finance.detik.com/energi/d-42352…
Ardian @ikalkeriting
@GabyKalalo @elokHR Ini gambaran kondisi akses jalan dr kab. parigi sebelum kota palu, jalan longsor dan bebatuan besar. Yg terakhir kondisi jalanan di kota palu yg rusak pic.twitter.com/EuvrRaRLXB
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Jenk Kelin @jenk_kelinnnnn
@GabyKalalo @kondekturbus_ Mereka tau medan disana seperti apa gak yaaa???, Kira2 kalau jalan seperti ini,... Apa bmm itu harus diecer pake ember yaa... Hadehhh..... Terkadang org luar palu yg rumahnya harus nyebrang pulau itu lebih pinter komentar dari pada org yg memang tinggal di palu. *kritiskekiri pic.twitter.com/coTGICdQOr
Expand pic
Noda Membandel @GabyKalalo
@jengkelin_deh @kondekturbus_ Kak ini serem banget 😭😭 tau lokasinya kah di Palu/Donggala?
Noda Membandel @GabyKalalo
@ikalkeriting @elokHR Maaass.. boleh dibikon trit utk share kondisi disana yaa sama apa apa aja yg kurang jika temen2 disini bisa bantu. Supaya yg disini juga tau info lengkap disana 😁🙏
Noda Membandel @GabyKalalo
@ikalkeriting @elokHR Anw semangat mas. Semoga sehat selalu dan dilancarkan penugasannya
Ardian @ikalkeriting
@GabyKalalo @elokHR Kendala utama adalah akses jalan yg jauh. Akses terdekat ya dari bandara palu, tp menara airnav abis ancur kmrn, tp udah bisa digunakan. Sejauh ini, itu yg jadi kendala. Kalo lewat darat, yg dari luar sulawesi bisa turun di gorontalo atau makassar.
Noda Membandel @GabyKalalo
Twit yang paling ashique so far dari jurnalis yang meluncur ke lapangan. Sila dipantau cerita blio 😎 twitter.com/ikalkeriting/s…
Load Remaining (17)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.