Ini 9 Gejala Umum Penderita Demensia Alzheimer, Pernah Alami?

Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.
disease penyakit kesepian depresi stres Demensia Alzheimer Kurang Tidur Fungsi Otak Lupa Ingatan
0

Apa itu penyakit Demensia Alzheimer?

Familiarkah kamu dengan istilah demensia? Istilah ini memang masih jaramg dibicarakan. Demensia adalah suatu kondisi dimana kemampuan otak seseorang mengalami kemunduran. Pentingnya Anda ketahui, 60 sampai 70 persen kasus demensia merupakan penyakit alzheimer.

Sedangkan Alzheimer adalah penyakit progresif atau perlahan-lahan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir, serta perubahan perilaku dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Penyakit ini membuat jaringan otak rusak seiring berjalannya waktu.

Biasanya penyakit ini dimulai dengan gejala pikun ringan seperti mudah lupa tentang kejadian-kejadian yang belum lama dilalui. Kemudian lambat laun, gejala lain bisa muncul termasuk kerap terlihat bingung, kesulitan berkomunikasi, mengalami gangguan kecemasan dan perubahan suasana hati yang dramatis, bahkan tidak mampu lagi melakukan aktivitas tanpa dibantu orang lain.

Berikut sembilan tahapan gejala umum yang terjadi pada penderita demensia Alzheimer yang dokter Yuda paparkan, catat ya!

1. Gangguan daya ingat

Sering lupa akan kejadian yang baru saja terjadi, lupa janji, menanyakan dan menceritakan hal yang sama berulang kali, lupa tempat parkir dimana, dan lain sebagainya yang terjadi dalam frekuensi tinggi.

2. Sulit fokus

Setelah mengalami gangguan daya ingat, tanda pada tahap selajutnya adalah sulit melakukan aktifitas sehari-hari seperti sulit untuk memasak pekerjaan yang setiap hari dilakukan, sulit dalam pengoprasian telephone, tidak dapat melakukan perhitungan sederhana, bekerja dengan waktu yang lebih lama dari biasanya.

3. Sulit melakukan kegiatan yang familiar

Sering kali sulit untuk merencanakan atau menyelesaikan tugas sehari-hari, bingung cara mengemudi, sulit mengatur keuangan, dan hal ini dilakukan tanpa disadari, dan sering dianggap sepele sebagai tanda usia lanjut.

4. Disorientasi

Bingung akan waktu, hari, tanggal, sekali pun itu hari yang penting. Bingung dimana mereka berada, dan bagaimana mereka sampai disana, tidak mengetahui jalan pulang kembali kerumah, dan sebagainya.

URL akurat.co 17 Gaya Hidup | Ini 9 Gejala Umum Penderita Demensia Al Deteksi dini lebih baik bukan?..
URL akurat.co 9 Gaya Hidup | Duh, Kesepian Bisa Menjadi Faktor Terja Stres sangat kuat picu alzheimer..

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.